Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 11 Jun 2020 17:49 WIB ·

APBD Sumedang untuk Pemasangan PJU Baru, Kena Refocusing

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: FITRIYANI GUNAWAN

Plt. Kepala UPTD PJU pada Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang Sumedang, Andhy Merdian saat memberikan keterangan pers pada SUMEDANG ONLINE di ruang kerjanya. Kamis, 11 Juni 2020.

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE BERI KETERANGAN: Plt. Kepala UPTD PJU pada Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang Sumedang, Andhy Merdian saat memberikan keterangan pers pada SUMEDANG ONLINE di ruang kerjanya. Kamis, 11 Juni 2020.

SUMEDANG — Anggaran untuk pemasangan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) semula ditetapkan dari APBD Kabupaten Sumedang senilai Rp1,3 Miliar, namun kemudian mengalami refocusing anggaran karena adanya Pandemi Coronavirus Disease 2019. Sehingga hanya menyisakan Rp750 juta.

Anggaran sebesar itu menurut Plt. Kepala UPTD PJU pada Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang Sumedang, Andhy Merdian, hanya cukup untuk pemasangan 150 titik baru.

“Itu pun sudah kami lakukan pemasangan, yaitu di Jalan Ganeas, Dayeuh Luhur, Jalan Kutamaya. Itu sudah pemasangan baru. Yang pemasangan baru itu semuanya sudah dilaksanakan sebelum Covid dari awal taun. Karna itu pendataanya sudah, sebelumnya perencanaanya sudah beres. Jadi kalau di PJU itu ending satu sudah beres untuk perencanaanya jadi tidak perencanaan berjalan atau tahun berjalan,” jelas Andhy.

Baca Juga  Ini 5 Titik Lokasi Pelaksanaan Test CPNS di Jabar

Yang lebih mencolok justru dari anggaran pemeliharaan awalnya dianggarkan Rp2,2 Miliar, saat ini menjadi Rp1,8 Miliar. Anggaran sebesar itu sebut Andhy hanya dapat mencukupi untuk memelihara sekitar 700 titik PJU.

Baca Juga  Cegah Corona, Samsat Sumedang Tutup Sementara Layanan Samades, Samdong dan Samling

“Kalau dari target RPJMD, kita memang harusnya memasang lebih banyak dari yang kita terima. Saat ini ya kita minimal harus 750 titik setahun tapi karena keterbatasan anggaran yang dialokasikan ke PJU terbatas ya kita laksanakan sesuai yang tersedia saja. Kekurangannya masih banyak tapi kita juga kan karena kondisi keuangan daerahnya memang terbatas ya kita harus pahami bersama lah,” tandasnya. *IWAN RAHMAT*

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 40 kali

Baca Lainnya

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.

Keraton Sumedang Larang Imbau Ketum PDI Perjuang Berikan Sanksi Tegas pada Atreria Dahlan

19 Januari 2022 - 21:21 WIB

H.R.I Lukman Soemadisoeria selaku PYM Sri Radya Karaton SUmedang Larang saat menyampaikan sikap Keraton Sumedang Larang atas pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan yang meminta Kajati Jabar untuk dipecat karena menggunakan bahasa Sunda.

Jelang Porprov XIV Jawa Barat, KONI Sumedang Gelar Evaluasi Program Kerja

18 Januari 2022 - 17:43 WIB

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan rapat kerja daerah (rakerda) yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center, dihadiri jajaram pengurus Koni Sumedang dan perwakilan cabor yang berada dibawah Koni Kab Sumedang. Selasa (18/01/2022)

Tanpa Biaya Miliaran, Kompepar Golempang Bangun Landasan Pacu Paralayang

18 Januari 2022 - 01:19 WIB

Alat berat yang digunakan untuk meratakan kawasan pacu paralayang di Puncak Gunung Golempang, Desa Darmaraja, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang.

Pemda Sumedang Bantu Kelompok Tani di Desa Rancakalong

11 Januari 2022 - 19:03 WIB

Kelompok Pemuda Tani Putra Mandiri dan Kelompok Wanita Tani Hanjuang Bungur Desa Rancakalong, Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang mendapat bantuan sarana produksi pertandi dari Pemerintah Kabupaten Sumedang. Sealsa, 11 Januari 2022.
Trending di SUMEDANG