Menu

Mode Gelap

BISNIS · 18 Jun 2020 20:03 WIB ·

Banyak Pemuda Pilih Kerja di Kota, Tenaga Kerja Sektor Pertanian Saat Ini Susah Dicari

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: FITRIYANI GUNAWAN

Plt. Camat Pamulihan Saputra Hady Saputra saat memberikan keterangan pada Reporter SUMEDANGONLINE di ruang kerjanya. Kamis, 18 Juni 2020.

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE BERI KETERANGAN: Plt. Camat Pamulihan Saputra Hady Saputra saat memberikan keterangan pada Reporter SUMEDANGONLINE di ruang kerjanya. Kamis, 18 Juni 2020.

SUMEDANG, SO — Tenaga kerja untuk sektor pertanian menjadi salahsatu keluhan para petani saat ini. Pasalnya mereka kesulitan dalam mencari orang yang mau ikut serta bercocok tanam. Hal itu seperti dikeluhkan sejumlah petani di sentra pertanian Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang.

“Hal yang saat ini banyak dikeluhkan para petani justru dari sarana produksi pertanian seperti pupuk dan tenaga kerja yang susah. Karena sekarang kan banyak pemuda yang lebih memilih kerja di kota daripada di pertanian,” ujar Plt. Camat Pamulihan Saputra Hady Saputra pada SUMEDANGONLINE di ruang kerjanya. Kamis, 18 Juni 2020.

Padahal sebut dia, jika sektor pertanian dikelola dengan baik justru pendapatannya lebih menjanjikan. Temasuk sebut dia saat adanya pandemi Covid-19 justru sektor pertanianlah yang tak begitu terpengaruh.

”Dalam Situasi Covid-19 khusus untuk para petani, sebetulnya tidak terlalu terdampak. Tidak terdampak Covid, kenapa demikian karena justru dengan adanya Covid-19 harga sayuran menjadi tinggi,” bebernya.

Baca Juga  Waspada, ada sindikat SIM palsu beredar

Hal itu beralasan karena pada saat pandemi berlangsung, juga bersamaan dengan musim penghujan sehingga sayuran dapat tumbuh dengan baik. “Salahsatu contoh sentra sayuran yang ada di Kecamatan Pamulihan itu di Desa Sukawangi. Di sana ada sampalan tanaman sayur-sayuran yang begitu luas dan di sana juga ditanami berbagai macam sayuran yang siap di jual ke pasaran seperti Jakarta, Pulogadung. Kemudian di Bandungnya di Caringin, di Gede Bage, itu mereka di jual kesana pemasarannya,” ungkapnya.

Hady menyebutkan para petani di wilayahnya menanam berbagai macam sayuran mulai dari kol, tomat, cabai, terung. Bahkan di Desa Sukawangi saat ini disebutkan Camat tengah dikembangkan manisan terung.

Baca Juga  Sekolah Model dan Imbas, Ikuti Kegiatan Pendampingan Mutu Pendidikan

“Terung yang coklat di sana itu dijadikan manisan. Kemudian ada sayuran jenis kacang-kacangan, banyaklah di sana tumbuh subur. Dan memang di Kecamatan Pamulihan itu menjadi sentra produk sayuran. Dan memang itu, sepengetahuan saya itu, petani di sana tidak terdampak. Jadi ada Covid itu mereka mah enjoy-enjoy saja,” imbuhnya.

Apalagi sebut Hady selama di kebun mereka telah lama menjaga jarak. Dia menyontohkan saat menanam sayuran, ada jarak tanam yang telah ditentukan sehingga tidak terlalu rapat. “Tidak berdempetan, seperti misalnya menanam sayuran kol. Kan jarak kolnya itu satu meter 1 satu meter satu, otomatis kepada orang tersebut pada orang yang menanamnya juga ada jarak. Tidak perlu disuruh lagi karena sudah terbiasa,” jelas dia. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

LSM GMBI Sumedang Gelar Capacity Building Digital Banking

30 Desember 2021 - 15:28 WIB

LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) menggelar kegiatan Capacity Building Digital Banking dalam Rangka Mendukung Gerakan Pemberdayaan Bidang UMKM, di Hotel Kencana Jaya Sumedang. Kamis, 30 Desember 2021.

Komunitas 67 UMKM Luncurkan Sumedang Larang Market Place

18 Desember 2021 - 16:40 WIB

Komunitas 67 UMKM bekerjasama dengan Keraton Sumedang Larang menggelar kegiatan acara Saremoni Sumedang Larang Market Place Sebagai Tonggak Digitalisasi Pasar bagi UMKM Sumedang

Wabup Sumedang Berharap Bumdes Tak Mematikan Usaha Masyarakat yang Sudah Ada

15 Desember 2021 - 18:49 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap keberadaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) bisa menjadi salahsatu solusi untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Sertipikatkan Tanah Melalui Program Sertipikasi HAT Mandiri Lintas Sektor UMKM, Pemohon Mengaku Tak Persoalkan Biaya

31 Oktober 2021 - 15:29 WIB

Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir saat memberikan sambutan saat penyerahan 500 sertipikat tanah yang dibagikan pada para pelakum UMKM di Kabupaten Sumedang, di Gedung Negara, beberapa waktu lalu.

Sumedang Gelar UMKM Milenial Sumedang Naik Kelas

28 Oktober 2021 - 03:45 WIB

Pemerintah Kabupaten Sumedang bersama Yayasan Masyarakat Indonesia Emas dan Kementerian Koperasi UKM menggelar UMKM Milenial Sumedang Naik Kelas di Ruang Tampomas IPP Sumedang. Rabu, 27 Oktober 2021

Buka Festival Kopi Sumedang, Wabup: Bidik Ekspor ke Mancanegara

26 Oktober 2021 - 17:39 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap kopi Sumedang makin terkenal bahkan bisa ekspor ke Manca Negara. Hal itu dikatakan Erwan saat membuka Festival Sumedang ke-3 di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Setda Sumedang. Selasa, 26 Oktober 2021.
Trending di Pilihan Redaksi