Home / PENDIDIKAN / Pilihan Redaksi

Rabu, 3 Juni 2020 - 11:24 WIB

Wacana Masuk Sekolah Januari 2021, Ini Tanggapan Disdik Sumedang

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Agus Wahidin  saat memberikan keterangan pers pada wartawan pada November 2019.

KEPALA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SUMEDANG AGUS WAHIDIN SAAT MEMBERIKAN KETERANGAN PERS PADA WARTAWAN PADA NOVEMBER 2019. KEPALA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SUMEDANG AGUS WAHIDIN SAAT MEMBERIKAN KETERANGAN PERS PADA WARTAWAN PADA NOVEMBER 2019.: Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Agus Wahidin saat memberikan keterangan pers pada wartawan pada November 2019.


SUMEDANG — Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Agus Wahidin memberi tanggapan berkait dengan adanya wacana masuk sekolah per 1 Januari 2021. Rabu, 3 Juni 2020.

Menurut Agus, sesuai kalender pendidikan, bahwa anak-anak sekolah itu akan masuk di tahun ajaran 2020/2021 yaitu tanggal 13 juli 2020. Namun demikian, kebijakan di bidang pendidikan ini khususnya masalah masuk anak sekolah itu tidak bisa tergesa-gesa, hanya mengandalkan kalender pendidikan tapi harus dikaji sedemikian rupa.

“Karena ada beberapa ahli yang menyatakan bahwa, jika anak sekolah tidak berdasarkan penelitian yang mendalam, tidak berdasarkan kajian yang terukur. Dikhawatirkan dengan masuknya anak-anak sekolah ini akan menjadi cluster kedua serangan Covid19. Oleh sebab itu seluruh kabupaten Kota di Indonesia khusus untuk sekolah ini, tentu disamping berpedoman pada kalender pendidikan juga akan menunggu kebijakan Nasional dalam hal tersebut,” jelas Agus Wahidin pada SUMEDANG ONLINE di ruang kerjanya. Rabu, 3 Juni 2020.

Baca Juga  Resmi, Eka-Agung Dapat SK Dukungan dari DPP PKS

Apalagi sebut dia, Persiden Republik Indonesia dan para menterinya telah melakukan Rapat Terbatas (Ratas) Bidang Kesra, yang didalamnya membahas masalah Pendidikan.

“Jadi ada kemungkinan masuk anak sekolah itu per 1 Januari oleh sebab itu Keluarga besar Dinas Pendidikan harus kerja keras memastikan anak-anak belajar dari rumah, jadi masuk 1 Januari itu di sekolah. Tapi tahun ajaran tetap 13 Juli, tapi belajarnya dari rumah, kita-kita harus memastikan belajar secara efektif per-13 Juli,” tandasnya.

Sementara untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sendiri sebut dia tidak ada masalah.

Baca Juga  Awal tahun Sumedang bakal miliki pusat olahraga

”PPDB normal tidak ada masalah, tetapi secara fisik orangnya masuknya mungkin 1 Januari. Tapi secara belajarnya 13 Juli,” pungkasnya.

Hal sama juga disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menegaskan untuk sektor pendidikan menjadi tahapan terakhir adaptasi new normal di Jawa Barat. Dia memastikan sektor pendidikan tidak akan pulih dalam waktu dekat.

“Untuk pendidikan saya sampaikan belum dibuka sekarang, masih dibahas, wacana yang mengemuka nanti Januari (2021) itu yang paling bisa kita perhitungkan. Kita butuh waktu dan tidak boleh mengorbankan anak-anak. Tapi kalau ada keputusan tidak di Januari, nanti kita sampaikan secara khusus,” kata Ridawan Kamil dalam jumpa pers di Markas Kodam III/Siliwangi, Kota Bandung. Selasa 2 Juni 2020. *IWAN RAHMAT*

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

BNN Razia Tempat Hiburan di Sumedang, Ini Hasilnya

Pilihan Redaksi

Dewan Sebut Banyak Galian C di Sumedang Izinnya Bodong

Pilihan Redaksi

Sumedang Gelar Rakor Jelang Tahapan Logistik Pilkades

Pilihan Redaksi

Innalillahi, kakek tukang bebersih makam Ciater ditemukan wafat di dekat makam
DAFTAR NOMINATIF PELANTIKAN DALAM JABATAN ADMINISTRATOR

Pilihan Redaksi

Ini Dia Daftar Nominatif Pelantikan dalam Jabatan Administrator

Advertorial

Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca

Pilihan Redaksi

Banjir Bawa Tumpukan Sampah di Cihanjuang

Pilihan Redaksi

Pasukan Kuning Tak Libur Saat Lebaran