Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Rabu, 22 Juli 2020 - 14:50 WIB

Di Sumedang Hewan Kurban Wajib Memiliki Surat Keterangan Sehat Hewan

Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang melakukan pemerikasaan secara intensif terhadap sejumlah ternak yang akan di kurbankan pada Idul Adha tahun ini. Hal itu untuk memberikan kepastian jika hewan yang akan dibeli konsumen telah betul-betul sehat dan layak kurban.

DOK. SUMEDANGONLINE PERIKSA KESEHATAN: Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang melakukan pemerikasaan secara intensif terhadap sejumlah ternak yang akan di kurbankan pada Idul Adha tahun ini. Hal itu untuk memberikan kepastian jika hewan yang akan dibeli konsumen telah betul-betul sehat dan layak kurban.


SUMEDANG, SO — Plt. Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang, Hilman Taufik menegaskan agar semua hewan kurban wajib untuk mendapatkan Surat Keterangan Hewan yang diterbitkan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang.

“Kita sudah membuat surat edaran bupati untuk pelaksanaan kurban di era pandemi Covid ini. Sudah disebarkan ke camat dan ketua DKM yang akan melaksanakan kurban. Di situ penekanannya yang paling penting adalah: pertama, menerapkan protokol kesehatan, dan semua hewan kurban wajib untuk mendapatkan Surat Keterangan Sehat Hewan yang nanti diterbitkan oleh tim yang sudah saya tanda tangani di Perikanan dan Peternakan,” tandas Hilman Taufik.

Baca Juga  Pertasum Sumedang Sambut Baik Rencana Pembangunan Menara Kujang

Sehingga sebut dia, warga atau pun panitia kurban yang belum mendapatkan surat keterangan hewan kalau nanti ternyata hewannya sakit, itu mutlak jadi tanggungjawab pelaksana pemotongan hewan kurban. “Untuk meminimalisir itu, kami sudah menugaskan kepala UPTD berkoordinasi dengan camat, jadi semua fasilitas yang menyediakan hewan kurban setiap ada pembeli wajib lapor ke camat. Nanti camat lapor ke UPTD. Nanti tim akan turun memeriksa kesehatan hewannya, jadi nanti diharapkan semua hewan yang dipotong di wilayah Sumedang aman dan sehat,” tandasnya.

Baca Juga  Kader PKK Jingkang Jaga Pokso Bergantian

Surat tersebut dikatakan Hilman sudah disebarkan sejak Senin kemarin dan setiap UPTD Sudah standby untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan.

“Setiap panitian ataupun warga masyarakat yang melaksanakan hewan kurban silakan mengontak petugas yang melaksanakan di UPTD ataupun yang ada di Dinas untuk memeriksakan kesehatan hewannya,” demikian Hilman Taufik. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

FEATURE & OPINI

Hiburan Pilkada

Pilihan Redaksi

Kontingan FLS2N Darmaraja Lolos ke Provinsi, Termotivasi Juara II di Tingkat Wilayah

KABAR HAJI

Jamaah Calon Haji Kloter 60 Sumedang Segera Berangkat

Pilihan Redaksi

Konsolidasi Mesin Partai, Gerindra Mantaps Menangkan Eka-Agung

Pilihan Redaksi

Kasus OTT Garut: Ini pencideraanBerat bagi Demokrasi di Jawa Barat

DAERAH

Waduh, Warga OTD Jatigede Krisis Sarana Ibadah
Wakil Ketua DPRD Sumedang, Titus Diah, saat melakukan inspeksi mendadak ke Posko Chek Point Perbatasan saat pelaksaanaan PSBB di Dusun Songgom Desa Tanjung Kecamatan Surian Kabupaten Sumedang. Rabu, 29 April 2020.

Pilihan Redaksi

Wakil Ketua DPRD Sumedang: Lihat Langsung 12 Mobil Sarat Penumpang Lolos Pengawasan

Pilihan Redaksi

Selamat Jalan Kang Tatang “Ceurik Jatigede” Sutarna