Home / BISNIS / Pilihan Redaksi

Selasa, 7 Juli 2020 - 23:00 WIB

Disnakertrans Sumedang Sebut Pelamar Latihan Kerja Ribuan Kuota Ratusan

Asep Sudrajat, selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE WHATSAPP IMAGE 2020-07-07 AT 12.14.40: Asep Sudrajat, selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang


SUMEDANG, SO –— Animo warga Sumedang untuk mendapat keahlian khusus yang mendaftar ke Balai Latihan Kerja (BLK), membludak. Asep Sudrajat, selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang meyebutkan jumlah pelamar hingga mencapai 3 ribuan, sementara kuota dari Kementerian Tenaga Kerja sangat terbatas.

“Memang kuota dari, khususnya BBLK Bandung dan Lembang kan kuotanya terbatas, sedikit ini. Karena mungkin anggarannya terkendala Covid kemarin,” ujar Asep pada SUMEDANGONLINE di ruang kerjanya.

Baca Juga  Rest Area Tol Cisumdawu Kudu Menampilkan Produk Unggulan Sumedang

Dia pun tak menyangka animo masyarakat begitu tinggi, hingga membludak. Sementara kuota yang tersedia hanya 800 yang daftar lebih dari 3 ribu orang. “Makanya disiapkan phasing grade, sehingga terseleksi kurang lebih 800 orang,” ungkapnya.

Karena itu sebut dia, pihaknya telah menyampaikan ke Bupati Sumedang untuk adanya penambahan kuota dengan menggunakan anggaran dari APBD. “Mungkin kalau ada sisa-sisa dari dana yang tidak terpakai dari anggaran Covid-19 di Perubahan itu, nanti. Jadi judulnya semua pengangguran pasca Covid. Karena kan pengangguran bertambah. Rata-rata orang pingin melihat dari usaha online sehingga minatnya besar. Karena itu kita arahkan ke berbasis IT, dari APBD untuk wira usaha mandiri,” jelasnya.

Baca Juga  Wagub Jabar Tinjau Perkebunan Kroto di Tasikmalaya

Selain diberikan pelatihan dia juga berharap, adanya pemberian bantuan alat. “Kemarin Pak Wowo, responnya cukup bagus di depan Pak Bupati, dengan saya. Nanti akan dilanjutkan juga dengan permodalan,” terang dia. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

KESEHATAN

Komisi C ungkap bahaya “Nglem”
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat menutup Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXXVI Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2020 di Aula Setda Pemerintah Kabupaten Subang, Kamis (10/9/20) malam.

Pilihan Redaksi

Ini Daftar Pemenang MTQ Jabar dari Berbagai Kategori dan Golongan

Pilihan Redaksi

SAPMA Sumedang Dorong Adanya Perda Kepemudaan
Kapolres Sumedang, AKBP Dwi Indra Laksmana, saat melakukan pengecekan rutin pos pengamanan Ketupat Lodaya 2020 di Alun-Alun Cimalaka, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang. Kamis 14 Mei 2020.

Pilihan Redaksi

Kapolres Imbau Warga Sumedang Tak Mudik
Pemerintah mengharuskan pendidikan melakukan pembelajaran jarak jauh. Bagaimana siswa mengomentari terkait hal ini. Menurut dua dara cantik dari SMAN 1 Sumedang, Novalia Ramadhanti dan Cantika Siti, belajar di rumah dirasakan membikin mereka boring.

PENDIDIKAN

Belajar dari Rumah Menurut Siswa Dirasa Kurang Efektif, Tanggapan Wakasek Kurikulum

Pilihan Redaksi

Akibat ngantuk, angkot seruduk truk

Pilihan Redaksi

Koalisi dengan Rakyat, Tim Zaenal-Asep Intens Kukurusukan Temui Warga

PENDIDIKAN

[KONFERCAB PCNU] Jujun: Pelaksanaan Konferensi Tak Harus Nunggu SK Habis