Menu

Mode Gelap

BISNIS · 7 Jul 2020 23:00 WIB ·

Disnakertrans Sumedang Sebut Pelamar Latihan Kerja Ribuan Kuota Ratusan

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: FITRIYANI GUNAWAN

Asep Sudrajat, selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE WHATSAPP IMAGE 2020-07-07 AT 12.14.40: Asep Sudrajat, selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang

SUMEDANG, SO –— Animo warga Sumedang untuk mendapat keahlian khusus yang mendaftar ke Balai Latihan Kerja (BLK), membludak. Asep Sudrajat, selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang meyebutkan jumlah pelamar hingga mencapai 3 ribuan, sementara kuota dari Kementerian Tenaga Kerja sangat terbatas.

“Memang kuota dari, khususnya BBLK Bandung dan Lembang kan kuotanya terbatas, sedikit ini. Karena mungkin anggarannya terkendala Covid kemarin,” ujar Asep pada SUMEDANGONLINE di ruang kerjanya.

Baca Juga  Kekurangan Stock, PMI dan Kodim 0610 Sumedang Gelar Donor Darah

Dia pun tak menyangka animo masyarakat begitu tinggi, hingga membludak. Sementara kuota yang tersedia hanya 800 yang daftar lebih dari 3 ribu orang. “Makanya disiapkan phasing grade, sehingga terseleksi kurang lebih 800 orang,” ungkapnya.

Karena itu sebut dia, pihaknya telah menyampaikan ke Bupati Sumedang untuk adanya penambahan kuota dengan menggunakan anggaran dari APBD. “Mungkin kalau ada sisa-sisa dari dana yang tidak terpakai dari anggaran Covid-19 di Perubahan itu, nanti. Jadi judulnya semua pengangguran pasca Covid. Karena kan pengangguran bertambah. Rata-rata orang pingin melihat dari usaha online sehingga minatnya besar. Karena itu kita arahkan ke berbasis IT, dari APBD untuk wira usaha mandiri,” jelasnya.

Baca Juga  Ini Alasan Eni Sumarni Kembali Maju Jadi Calon DPD RI

Selain diberikan pelatihan dia juga berharap, adanya pemberian bantuan alat. “Kemarin Pak Wowo, responnya cukup bagus di depan Pak Bupati, dengan saya. Nanti akan dilanjutkan juga dengan permodalan,” terang dia. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

LSM GMBI Sumedang Gelar Capacity Building Digital Banking

30 Desember 2021 - 15:28 WIB

LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) menggelar kegiatan Capacity Building Digital Banking dalam Rangka Mendukung Gerakan Pemberdayaan Bidang UMKM, di Hotel Kencana Jaya Sumedang. Kamis, 30 Desember 2021.

Komunitas 67 UMKM Luncurkan Sumedang Larang Market Place

18 Desember 2021 - 16:40 WIB

Komunitas 67 UMKM bekerjasama dengan Keraton Sumedang Larang menggelar kegiatan acara Saremoni Sumedang Larang Market Place Sebagai Tonggak Digitalisasi Pasar bagi UMKM Sumedang

Wabup Sumedang Berharap Bumdes Tak Mematikan Usaha Masyarakat yang Sudah Ada

15 Desember 2021 - 18:49 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap keberadaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) bisa menjadi salahsatu solusi untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Sertipikatkan Tanah Melalui Program Sertipikasi HAT Mandiri Lintas Sektor UMKM, Pemohon Mengaku Tak Persoalkan Biaya

31 Oktober 2021 - 15:29 WIB

Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir saat memberikan sambutan saat penyerahan 500 sertipikat tanah yang dibagikan pada para pelakum UMKM di Kabupaten Sumedang, di Gedung Negara, beberapa waktu lalu.

Sumedang Gelar UMKM Milenial Sumedang Naik Kelas

28 Oktober 2021 - 03:45 WIB

Pemerintah Kabupaten Sumedang bersama Yayasan Masyarakat Indonesia Emas dan Kementerian Koperasi UKM menggelar UMKM Milenial Sumedang Naik Kelas di Ruang Tampomas IPP Sumedang. Rabu, 27 Oktober 2021

Buka Festival Kopi Sumedang, Wabup: Bidik Ekspor ke Mancanegara

26 Oktober 2021 - 17:39 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap kopi Sumedang makin terkenal bahkan bisa ekspor ke Manca Negara. Hal itu dikatakan Erwan saat membuka Festival Sumedang ke-3 di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Setda Sumedang. Selasa, 26 Oktober 2021.
Trending di Pilihan Redaksi