Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 1 Jul 2020 23:19 WIB ·

Evaluasi Sakip, Wabup Datangi Kecamatan Buahdua dan Conggeang

REPORTER: HUMAS SETDA SUMEDANG | EDITOR: IWAN RAHMAT

Tim II yang dipimpin oleh Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan kali ini, Rabu (1/7/2020) mendatangi Kecamatan Buahdua dan Conggeang setelah sehari sebelumnya ke Cimalaka dan Paseh.

ISTIMEWA/HUMAS SETDA SUMEDANG EVALUASI SAKIP: Tim II yang dipimpin oleh Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan kali ini, Rabu (1/7/2020) mendatangi Kecamatan Buahdua dan Conggeang setelah sehari sebelumnya ke Cimalaka dan Paseh.

SUMEDANG, SO — Memasuki pekan kedua pelaksanaan Akselerasi Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Tim II yang dipimpin oleh Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan kali ini, Rabu (1/7/2020) mendatangi Kecamatan Buahdua dan Conggeang setelah sehari sebelumnya ke Cimalaka dan Paseh.

Dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Erwan Setiawan yang didampingi Asisten Administrasi Setda Nasam melakukan pemetaan terhadap perkembangan pelaksanaan akuntabilitas kerja dan memberikan masukan guna perbaikan dan percepatan reformasi birokrasi serta akuntabilitas kinerja.

Wabup Erwan mengatakan, berdasarkan hasil Evaluasi SAKIP 2018 di tiap kecamatan realisasinya masih jauh dari target kinerja yang telah diperjanjikan. Ia pun memaklumi kondisi tersebut dan memang sudah diprediksi dari sejak awal.

“Yang tertinggi saja yakni Kecamatan Cimanggung hanya 52. Kedua Paseh hanya 51. Kemarin  Cimalaka 50. Hari ini di Buahdua hanya 42 begitu juga Conggeang 30. Ini kita maklumi karena baik  kecamatan maupun desa masih banyak yang belum tahu apa itu SAKIP dan bagaimana caranya mereka meningkatkan SAKIP,” tuturnya.

Baca Juga  Cimalaka Sumedang Gelar Deklarasi Damai Pilkades

Oleh karena itu, Wabup berharap melalui kegiatan Akselerasi Evaluasi SAKIP tersebut dapat memberikan masukan aspek mana yang harus diprioritaskan.

Dikatakannya, dari semua aspek, perencanaan kinerja memiliki bobot nilai tertinggi yaitu 30 % dan sangat berpengaruh terhadap aspek lainnya.

“Segala sesuatu berangkat dari perencanaan, maka setiap datang ke SKPD maupun kecamatan saya sampaikan, tolong perencanaan kinerja ini minimal 90 % maka yang lainnya akan mengikuti. Target kita A. Bahkan kalau kita fokus, AA  bisa tercapai. Segala sesuatu bergantung dari kualitas niat, perhatian, perencanaan dan juga fokus kita terhadap pekerjaan,” jelas Wabup.

Dikatakan Wabup, selain perencanaan, indikator lain yang harus diperhatikan dalam meningkatkan SAKIP yaitu indikator kinerja individu (IKI). Menurutnya, IKI secara otomatis akan berimbas terhadap kinerja instansi dimana mereka bekerja.

Baca Juga  Sumedang di Level 4, Sekda: Tak Ada Penyekatan Kendaraan, Hanya Ganjil Genap

“Pahami Indikator Kinerja Individu atau IKI. Kalau IKI sudah meningkat, otomatis berimbas kepada instansi dimana ia bekerja. Kecamatan Conggeang dan Buahdua akan meningkat kalau kualitas individunya meningkat. Begitu juga di desa-desa,” tuturnya.

Hal lain yang harus diperhatikan diantaranya adalah anggaran harus berbasis kinerja serta membuat skala prioritas pekerjaan.

“Tentukan kegiatannya seperti apa. Baru akan keluar anggarannya seperti apa.  Selaraskan dan sesuaikan dengan targetnya,” ucapnya.

Terakhir, lanjut Wabup, adalah review dan evaluasi secara berkala baik per tiga bulan maupun per semester.

“Jangan sampai mengandalkan evaluasi di akhir saja sehingga terlambat  mengetahui kekurangannya selama ini,” ucapnya.

Kembali Wabup pun mengingatkan akan pentingnya perencanaan yang matang. “Sekarang dari awal perencanaan harus benar-benar baik. Baru setelah itu kita kerjakan sesuai dengan target,” imbuhnya. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 3 kali

Baca Lainnya

Truk Hilang Kendali Seruduk Kendaraan Lain di Kawasan Cimanggung

24 Januari 2022 - 22:43 WIB

Tabrakan beruntun terjadi di jalur Bandung-Garut tepatnya di kawasan Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang Jawa barat, sekira pukul 19.30. Senin, 24 Januari 2021.

Besok, Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Dibuka

24 Januari 2022 - 22:32 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan, Senin (24/1/022).

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.
Trending di SUMEDANG