Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Selasa, 28 Juli 2020 - 16:35 WIB

Heboh Swafoto di Pinggir Jalan Pancuran Bungur Dikarcis Rp3 Ribu, Ini Penjelasan Kades dan Karangtaruna Ciranggem

Ketua Karang Taruna Desa Ciranggem, Taryaman saat mempersilakan pengunjung yang parkir di pinggir Jalan Raya untuk masuk ke lokasi parkir yang telah mereka sediakan.

KOSAM ERAWAN/SUMEDANGONLINE PARKIR PINGGIR JALAN: Ketua Karang Taruna Desa Ciranggem, Taryaman saat mempersilakan pengunjung yang parkir di pinggir Jalan Raya untuk masuk ke lokasi parkir yang telah mereka sediakan.


SUMEDANG, SO — Netizen di sosial media sempat dibikin heboh dengan adanya pungutan di kawasan Pancuran Bungur Desa Ciranggem Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang. Kehebohan dipicu postingan warga luar Sumedang yang melintas kawasan tersebut dan henti sejenak di lokasi tersebut, namun tiba-tiba diberi karcis.

Dikonfirmasi kontributor SUMEDANGONLINE, Kepala Desa Ciranggem Karman Hermawan tak menampik jika ada dari Karang Taruna desanya yang bertugas untuk memberikan karcis Pemeliharaan Kebersihan pada para pengunjung, bukan karcis parkir. Meski demikian dia memastikan sifat karcis tersebut tidak memaksa pengunjung untuk memberi seperti nilai uang yang tertera pada karcis yakni untuk kendaraan roda dua Rp3 ribu dan roda empat Rp5 ribu.

“Betul di situ ada Karangtaruna yang bertugas untuk pemeliharaan kebersihan. Tapi di situ kami tidak mewajibkan kepada pengunjung untuk membayar atau memberikan retribusi. Tapi disitu sifatnya hanya sukarela, dan tidak memaksa. Ngasih terima kasih, tidak pun tidak apa-apa,” ungkap Karman Hermawan di ruang kerjanya. Selasa, 28 Juli 2020.

Baca Juga  Desa Tarunajaya Juara Bola Voli Putra Tingkat Kecamatan Darmaraja

Nilai uang dari karcis tersebut nantinya sebut Karman akan diperuntukkan untuk biaya kebersihan di lokasi tersebut. “Ditugaskan karangtaruna untuk membersihakn lokasi tersebut,” imbuhnya.

Senada dikatakan Taryaman selaku KarangTaruna Desa Ciranggem dia pun memastikan jika sifat dari pemberian karcis tersebut Sukarela. Hanya saja pihaknya juga menyayangkan para pengunjung justru lebih senang parkir kendaraan di jalan, sementara di sekitar lokasi tersebut sudah disediakan tempat parkir.

Baca Juga  Modal pemilih di Pantura jadi alasan Daniel yakin dapat dampingi RK

“Di sini itu memang tempat untuk foto-foto, cuman kan datang pengunjung ke sini itu untuk berfoto. Cuman ini kan jalan, kenapa jalan digunakan untuk parkir. Jadi kita tertibkan, karena area parkir sudah kami sediakan kenapa pengunjung datangnya ke sini. Kan ini jalan, posisi jalan kan tidak dipakai untuk parkir. Makanya kami dari karangtaruna menertibkan lalu lintas,” ungkap Taryaman.

Selain itu dana yang terkumpul dari Karcis Kebersihan dan Pemeliharaan tersebut, nantinya dipergunakan karang taruna untuk membersihkan tempat tersebut dari sampah yang dibuang para pengunjung.

“Masalahnya pendatang kan sukanya itu nyampah. Pendatang kan suka seenaknya buang sampah ke sana kemari kalau nggak dibersihkan ini kelihatannya bagaimana banyak sampah,” tandasnya. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, berencana akan memperluas pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal itu dikatakannya saat rapat evaluasi pelaksanaaan PSBB di Gedung Pakuan Jalan Otista No. 1 Kota Bandung. Sabtu, 25 April 2020.

Nasional

Gubernur Jawa Barat Wacanakan PSBB Diperluas
Peternak Madu Teuweul kebanjiran permintan madu.

Pilihan Redaksi

Wabah Covid-19 Merebak, Konsumsi Madu Teuweul Meningkat

Pilihan Redaksi

Ini Kronologis Wafatnya Kang Ade usai Meliput Tari Umbul

Pilihan Redaksi

Selamat, Kapolres Sumedang Raih Penghargaan Polres Terbaik
Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbyanto memimpin Apel Persiapan Kegiatan Operasi Yustisi dalam Rangka Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan di halaman Makopolres Sumedang, Rabu 23 September 2020

SUMEDANG

Kapolres Minta Penegakan Disiplin Prokes Secara Humanis

Pilihan Redaksi

Dihadapan jamaah pengajian, IP minta doa akan maju jadi Calon Bupati Sumedang
Petugas dari Polsek Cisitu Polres Sumedang memberi terugas kepada pengguna sepeda motor yang tidak menggunakan masker, Rabu 24 Februari 2021.

SUMEDANG

Ops Yustisi Penggunaan Masker di Cisitu, Empat Orang Diberi Teguran
Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Sumedang melakukan kegiatan donor darah di PMI Kabupaten Sumedang dalam rangka IAI Peduli Sesama. Sabtu, 18 Juli 2020.

Pilihan Redaksi

Stok Darah di PMI Sumedang Kritis, Ikatan Apoteker Indonesia Lakukan Donor Darah