Home / SUMEDANG

Sabtu, 25 Juli 2020 - 00:55 WIB

Hewan Kurban Padepokan Putera Wisesa Dicek Petugas Diskanak Sumedang, Hasilnya Semua Sehat

Petugas saat melakukan pemeriksaan ternak yang akan dijadikan hewan kurban di Padepokan Putera Wisesa.

ISTIMEWA DIPERIKSA PETUGAS: Petugas saat melakukan pemeriksaan ternak yang akan dijadikan hewan kurban di Padepokan Putera Wisesa.


SUMEDANG, SO — Pelaku usaha dari Padepokan Putera Wisesa Desa Karangpakuan, Kecamatan Darmaraja secara sukarela meminta Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang melalui UPTD yang ada di Kecamatan Darmaraja untuk memeriksa sejumlah hewan kurban yang ada di padepokan tersebut.

Itang Ahmad, selaku salahseorang pemilik Padepokan Putera Wisesa menyebutkan pihaknya menyambut baik adanya pemeriksaan kesehatan hewan untuk kebutuhan kurban. Hal itu sebut dia, akan memberikan jaminan pada konsumennya hewan yang dijual bebas dari penyakit.

“Pada Rabu kemarin kita dari Padepokan Putera Wisesa telah meminta petugas kesehatan dari UPTD Dikanak yang ada di Kecamatan Darmaraja untuk memeriksa hewan kurban kami. Dan, alhamdulillah mendapat respon yang baik. Mereka langsung datang ke lokasi melakukan pengecekan,” ujar Itang pada SUMEDANGONLINE.

Baca Juga  Multaqo Ulama untuk Indonesia Damai

Dikatakan dia, klasifikasi pemeriksaan yang dilakukanya yakni seluruh badan hewan diperiksa petugas apakah ada cacat atau tanda tanda sakit dari ujung kepala sampai kaki. “Ini memang sesuai dengan hadits salahsatunya untuk memenuhi syarat hewan qurban, jangan memilih hewan yang buta sebelah, sakit, pincang, sangat kurus dan tidak mempunyai sumsum tulang. Pilihlah hewan kurban yang sehat,” imbuh Itang.

Baca Juga  Program Gumasep Usaha Pemda Sumedang Fasilitasi Pemasaran UMKM

Setelah diperiksa hewan yang dinyatakan sehat langsung diberi “Telah Diperiksa SEHAT”. Label tersebut disertakan pada hewan kurban dimaksud.  Sehingga apabila hewan kurban tersebut dikirim ke luar kota juga, sudah disertakan surat keterangan sehat.

“Kebetulan kita juga ada pelanggan hewan kurban dari Borma Cipadung Pak Dadi, dia memesan hewannya dari sini,” pungkas Itang. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Operasi Ketupat 2019, Polres Sumedang Cek Kendaraan Operasional

Pilihan Redaksi

Peringati HUT Bhayangkara, Polres Sumedang Gelar Tabligh Akbar
Pelaksanaan workshop di Saung Alam Ciloa Tanjungsari Sumedang Jawa Barat.

SUMEDANG

Ini Kekuatan, Peluang dan Harapan GP Ansor Sumedang

Pilihan Redaksi

Paudikmas Masih Mencari Warga yang Mau Meneruskan Sekolah
Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan saat monitoring pelaksanaan PPKM Darurat ke wilayah desa di Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Rabu, 14 Juli 2021.

Pilihan Redaksi

Soal Perpanjangan PPKM Darurat, Wakil Bupati Sumedang: Tunggu Intruksi Pusat

SUMEDANG

135 KK di Tanjungsari segera menerima bantuan Rutilahu

Pilihan Redaksi

Putra Sumedang Ini Paparkan Pengelolaan Sampah di Kemenhan RI
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum secara simbolis memberikan Maskara kepada Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir disela Saba Desa Apdesi Jabar di Sumedang, Minggu 18 Oktober 2020.

SUMEDANG

Disela Saba Desa Apdesi Jabar, Wagub Uu Salurkan Maskara Untuk Lima Desa di Sumedang