Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Kamis, 9 Juli 2020 - 07:55 WIB

MAP Terkonfirmasi Positif Covid-19 Sempat Lakukan Perjalanan ke Sejumlah Daerah

Seorang warga Sumedang Selatan dijemput tim PSC 119 diduga dia teridentifikasi Covid-19. Berdasarkan informasi diperoleh orang yang dimaksud tersebut saat ini sudah berada di RSUD Sumedang.

ISTIMEWA JEMPUT PASIEN: Seorang warga Sumedang Selatan dijemput tim PSC 119 diduga dia teridentifikasi Covid-19. Berdasarkan informasi diperoleh orang yang dimaksud tersebut saat ini sudah berada di RSUD Sumedang.


SUMEDANG, SO — Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid019 Kabupaten Sumedang, Dr. Iwa Kuswaeri menegaskan kewaspadaan harus tetap dijaga dan ditingkatkan di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Apalagi setelah ada seorang dinyatakan positif Covid-19. Sedangkan 12 orang lainnya diduga kontak erat dan dalam persiapan test swab.

“Kami informasikan, bahwa hasil test SWAB atas nama MAP, warga Regol Wetan Kecamatan Sumedang Selatan Terkonfirmasi Positif Covid-19,” kata Dr. Iwa Kuswaeri. Rabu malam (8/7/2020).

Saat ini, MA sudah di isolasi di RSUD Kabupaten Sumedang, yang dijemput sore kemarin Bada Ashar di Masjid Nurul Huda, Sumedang Selatan. “Penjemputan dilakukan oleh Tim PSC 119 di Masjid Nurul Huda Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan, setelah MA melakukan Shalat Ashar Berjamaan di Masjid tersebut,” tuturnya.

Baca Juga  bank bjb Harus Jadi Top of Mind Warga Jabar Soal Perbankan dan Finansial

Sementara itu, hasil tracing terhadap perjalanan yang bersangkutan, ada 12 orang yang melakukan kontak erat dan semuanya kini dalam posisi diisolasi untuk dilakukan SWAB Test besok.

“Kedua belas orang tersebut, 7 orang Sumedang, 3 orang Depok, dan 2 orang Bandung,” tambah iwa.

Lebih lanjut, menurut Iwa 5 orang terduga lainnya yang berasal dari luar Kabupaten Sumedang sudah dilakukan Komunikasi intens antar Dinas terkait.

Untuk diketahui, kronologis MA yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini, telah melakukan perjalanan yang cukup banyak. MA yang kini positif, sebelumnya menjemput Ibunya yang tinggal di Depok, untuk persiapan pernikahan kakak-nya, berinisial H.

Tujuh hari sebelum resepsi pernikahan, H (kakak MA) dan Y (Ibu MA) bersilaturahmi ke rumah Alm Ust H, yang meninggal karena Covid-19. Dan selama 7 hari tersebut, MA melakukan perjalanan pulang pergi Sumedang-Bandung. Setelah resepsi pernikahan sang kakak, MA juga melakukan perjalanan ke Tasikmalaya selam satu hari.

Baca Juga  BPBD Sumedang Bagikan Masker untuk Jurnalis

“Sepulang dari Tasikmalayan, MA baru merasakan sesak, batuk dan demam serta pegal-pegal. Hingga dilakukan  tes Swab di hari Ke-empat, setelah gejala tersebut dirasakana,” terang Iwa.

“Lalu, setelah 6 hari, atau tepatnya hari ini, hasil SWAB nya keluar dan terkonfirmasi Posifi Covid-19,” tambah Iwa yang juga Kepala Dinas Kominfosanditik Kabupaten Sumedang.

Dengan kejadian ini, Iwa menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dalam melakukan aktivitas di masa AKB.

“Kami tetap mengingatkan, untuk tetap lakukan protocol kesehatan. Jaga jarak, Cuci tangan dan pastikan untuk selalu menggunakan masker,” tutupnya. (GUGUS TUGAS KAB SUMEDANG)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

KPU Sumedang Mulai Sortir Surat Suara

Pilihan Redaksi

Ketika para Polwan cantik berlomba balap karung

Pilihan Redaksi

Dua partai ini dinyatakan lolos verifikasi administrasi KPU Sumedang

Pilihan Redaksi

Pagelaran Wayang Kulit, Warnai Hajat Solokan Ruwat Jagat

Pilihan Redaksi

Derita OTD Jatigede, Rp 50 ribu Sehari untuk Beli Air
Ismet Suparmat, selaku Ketua Dewan Pertimbangan DPD Partai Golkar Kabupaten Sumedang

Pilihan Redaksi

Musda X DPD Golkar Sumedang, Dewan Pertimbangan: Dokumen Dukungan Tak Bisa Dibuka Secara Detail

Pilihan Redaksi

Terjadi Pergerakan Tanah di Cisaham, Warga Terdampak Diimbau Waspada

SUMEDANG

DPPKAD Akan Tertibkan Kendaraan Dinas