Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 11 Jul 2020 11:05 WIB ·

Marak Pesepeda di Sumedang, Mungkinkah Ada Lajur Khusus

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: FITRIYANI GUNAWAN

Warga saat melakukan olahraga pagi di Alun-Alun Sumedang dengan menggunakan sepeda. Sejauh ini meski sedang tren, belum ada usulan adanya lajur khusus bagi pesepeda.

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE MAIN SAPEDA: Warga saat melakukan olahraga pagi di Alun-Alun Sumedang dengan menggunakan sepeda. Sejauh ini meski sedang tren, belum ada usulan adanya lajur khusus bagi pesepeda.

SUMEDANG, SO — Kepala Bidang Pengawasan Pengendalian Lalu Lintas dan Parkir pada Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang, Herman Suwandi, menyebutkan perlu adanya kajian rekayasa jalan untuk pesepeda.

“Memang di Sumedang belum ada. Dan itu memang memerlukan kajian, terutama itu dari manajemen jaringan rekayasa jalan. Jadi harus ada kajian dulu, jalan mana yang layak, jalan mana yang bisa dipergunakan jalur sepeda,” ujar Herman pada SUMEDANGONLINE.

Tak hanya itu perlu disiapkan juga sarana dan prasarana pendukungnya, termasuk adanya marka jalur khusus untuk pesepeda.

Baca Juga  Bermodal Rp 3 Juta, Warga Pawenang Perbaiki Tanjakan Eutis

Lajur khusus untuk sepeda menurut dia tidak menutup kemungkinan dapat diterapkan di Kota Tahu ini. Namun menurutnya perlu diperhatikan manasaja jalan yang layak dan bisa digunakan.

“Kalau di jalan tidak dikasih marka, nanti jadi repot nantinya. Maka harus di beri marka. Khusus jalur sepeda diberikan jalur khusus dan lebar minimal berapa. Nanti akan ada kajiannya dan menyesuaikan dengan jalan yang ada di Kabupaten Sumedang,” ungkapnya.

Dia mengkhawatirkan jika tak dibuat lajur khusus untuk sepeda, nantinya ketika kendaraan boseh tersebut berbarengan jalan dengan kendaraan lain bisa menimbulkan kecelakaan.

Baca Juga  Penjabat Bupati Sumedang Hadiri Pelepasan Ketua DPRD

Sayangnya sejauh ini belum ada usulan pada pemerintah Kabupaten Sumedang, meski tren sepeda saat ini tengah naik daun.

“Sejauh ini tidak ada usulan. Mungkin kalau sudah, sekarang kan sedang viral nih olahraga sasapedahan tapi untuk Sumedang mungkin belum sampai, ke can pati rame teuing lah teuing mun ges rame teuing mah pasti ada kajian,” demikian Herman Suwandi. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Pemda Sumedang Bantu Kelompok Tani di Desa Rancakalong

11 Januari 2022 - 19:03 WIB

Kelompok Pemuda Tani Putra Mandiri dan Kelompok Wanita Tani Hanjuang Bungur Desa Rancakalong, Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang mendapat bantuan sarana produksi pertandi dari Pemerintah Kabupaten Sumedang. Sealsa, 11 Januari 2022.

Tol Cisumdawu Mulai dari Molor Waktu Hingga Diduga Penyebab Banjir

11 Januari 2022 - 12:06 WIB

PPK Fisik Tol Cisundawu Erwin Herlambang

Gubernur Jabar Prakirakan Ruas Tol Cisumdawu Seksi 1 Beroperasi pada Januari 2022

11 Januari 2022 - 11:35 WIB

Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil meninjau proyek Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan di Kabupaten Sumedang, pada Senin (10/01/2022).

Imbas Covid, Angka Kemiskinan di Kabupaten Sumedang Naik Tapi Pengangguran Menurun

10 Januari 2022 - 17:37 WIB

Bappppeda Kabupaten Sumedang gelar kegiatan acara Refleksi Program Pembangunan Tahun 2021 dan Resolusi Program Pembangunan Tahun 2022 serta Kinerja Award di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang Tahun 2021, bertempat di Gedung Negara Sumedang. Senin 10 Januari 2022.

Dandim 0610/Sumedang Berikan Bantuan untuk Korban Bencana Banjir Cipacing

4 Januari 2022 - 13:06 WIB

Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa bersama Forkopimcam Jatinangor menyerahkan sembako pada korban bencana banjir di Dusun Cikopo RT 001 RW 003 Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Selasa, 4 Januari 2022.

GOW Sumedang Bantu Korban Bencana Banjir Cipacing

31 Desember 2021 - 23:04 WIB

Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sumedang bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumedang, Hj. Susi Gantini, kunjungi lokasi Banjir di Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang-Jawa Barat. Jumat 31 Desember 2021.
Trending di SUMEDANG