Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 7 Jul 2020 22:46 WIB ·

Paguyuban Masyarakat Sukaratu Ingin Kembangkan Kapunduhan-Batununggul Jadi Destinasi Wisata Baru

REPORTER: FITRIYANI GUNAWAN | EDITOR: FITRIYANI GUNAWAN

Jajang selaku Ketua Paguyuban Masyarakat Desa Sukaratu pada SUMEDANGONLINE saat memberikan keterangan pers usai acara berlangsung di Balai Desa Sukaratu. Selasa, 7 Juli 2020.

IGUN GUNAWAN/SUMEDANGONLINE BERI KETERANGAN: Jajang selaku Ketua Paguyuban Masyarakat Desa Sukaratu pada SUMEDANGONLINE saat memberikan keterangan pers usai acara berlangsung di Balai Desa Sukaratu. Selasa, 7 Juli 2020.

SUMEDANG, SO — Paguyuban Masyarakat Desa Sukaratu membidik wilayah Batununggul untuk dijadikan destinasi baru di Kawasan Jatigede. Hal itu terungkap saat Sam Udjo berkunjung ke balai Desa Sukaratu, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang. Selasa, 7 Juli 2020.

“Kita punya dua areal basisir waduk, yang letaknya sangat strategis. Blok Pasir Batununggul dan Kapunduhan, keduanya merupakan wilayah hukum Desa Sukaratu yang memiliki letak strategis dan layak untuk dikembangkan,” ujar Jajang selaku Ketua Paguyuban Masyarakat Desa Sukaratu pada SUMEDANGONLINE usai acara berlangsung di Balai Desa Sukaratu. Selasa, 7 Juli 2020.

Menurut dia, sangat disayangkan jika warga di pesisir Bendungan Jatigede berdiam diri. Alasannya hampir setiap sudut yang mengarah ke Jatigede dalam posisi indah.

Baca Juga  #PRAYACEH Sejumlah gempa kecil masih terjadi, warga tidur di luar

“Sangat disayangkan kalau kita hanya berdiam diri menyaksikan potensi besar yang ada di depan mata kita. Oleh sebab itu, kita harus bergerak untuk mulai memetakan destinasi wisata,” tandasnya.

Di tempat sama, Sam Udjo mengakui jika wilayah Jatigede memiliki banyak potensi ketahanan pangan yang sangat bagus apalagi diera pandemi Coronavirus Disease 2019 ini. Sejalan dengan harapan Gubernur Jawa Barat, dia pun berkeinginan agar para seniman punya sampingan selain dari seni juga pemberdayaan dari pangan.

“Ini juga sejalan dengan pernyataan Gubernur begitu, jadi seniman itu tidak hanya bisa berseni saja tapi punya cadangan lain, yaitu pangan. Saya ke sini, mudah-mudahan Allah meridlai saya ke sini ingin melestarikan budaya dengan ketahanan pangan dan pemberdayaan masyarakat di Desa Sukaratu, Darmaraja,” ujar Sam pada SUMEDANGONLINE.

Baca Juga  Rekomendasi Hajatan Plus Hiburan Mulai 1 Agustus, Satpol PP Sumedang Pastikan Gratis

Apalagi sebut dia wilayah Desa Sukaratu berada persis di bibir Bendungan Jatigede yang memiliki keindahan tersendiri. Untuk dapat memberikan penghargaan pada masyarakat Jatigede yang telah berkorban untuk Pembangunan Jatigede, mereka yang berkunjung tak sekedar ingin melihat keindahan bendungan tapi bagaimana agar lingkungan yang ada di wilayah itu bisa bagus dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang ada di sekelilingnya.

“Rencananya, yang jelas lah. Di situ kan ada pemberdayaan air, pemberdayaan lahan-lahan yang ada di sini dengan mempertahankan kelestarian lingkungan dan kelestarian budaya, agar semuanya bisa terisi. Sangat lengkap,” tandasnya. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.

Keraton Sumedang Larang Imbau Ketum PDI Perjuang Berikan Sanksi Tegas pada Atreria Dahlan

19 Januari 2022 - 21:21 WIB

H.R.I Lukman Soemadisoeria selaku PYM Sri Radya Karaton SUmedang Larang saat menyampaikan sikap Keraton Sumedang Larang atas pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan yang meminta Kajati Jabar untuk dipecat karena menggunakan bahasa Sunda.

Jelang Porprov XIV Jawa Barat, KONI Sumedang Gelar Evaluasi Program Kerja

18 Januari 2022 - 17:43 WIB

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan rapat kerja daerah (rakerda) yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center, dihadiri jajaram pengurus Koni Sumedang dan perwakilan cabor yang berada dibawah Koni Kab Sumedang. Selasa (18/01/2022)
Trending di SUMEDANG