Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 8 Jul 2020 07:32 WIB ·

Pemkab Sumedang-Perhutani Akan Manfaatkan Hutan untuk Kembangkan Potensi Wisata

REPORTER: HUMAS SETDA SUMEDANG | EDITOR: FITRIYANI GUNAWAN

Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menandatangi Kesepakatan Bersama (MoU) dengan Perusahaan Umum (Perum) Kehutanan Negara tentang kegiatan pemanfaatan hutan berupa pengembangan potensi wisata dalam kawasan hutan. Penandatanganan berlangsung di Ruang Tengah Gedung Negara, Senin (6/7/2020) dengan disaksikan jajaran pejabat kedua belah pihak.

HUMAS SETDA SUMEDANG TEKEN KERJASAMA: Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menandatangi Kesepakatan Bersama (MoU) dengan Perusahaan Umum (Perum) Kehutanan Negara tentang kegiatan pemanfaatan hutan berupa pengembangan potensi wisata dalam kawasan hutan. Penandatanganan berlangsung di Ruang Tengah Gedung Negara, Senin (6/7/2020) dengan disaksikan jajaran pejabat kedua belah pihak.

SUMEDANG, SO — Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menandatangi Kesepakatan Bersama (MoU) dengan Perusahaan Umum (Perum) Kehutanan Negara tentang kegiatan pemanfaatan hutan berupa pengembangan potensi wisata dalam kawasan hutan.

Penandatanganan berlangsung di Ruang Tengah Gedung Negara, Senin (6/7/2020) dengan disaksikan jajaran pejabat kedua belah pihak.

Bupati mengapresiasi perhutani yang telah berkoordinasi dan berkerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang berkaitan dengan pemanfaatan lahan perhutani supaya lebih produktif, efektif dan memberikan kemanfaatan kepada masyarakat.

“Jadi intinya bagaimana hutan dikelola secara lestari dan memberikan kemanfaatan. Banyak potensi yang telah dijalankan selama ini terutama untuk wisata, perkebunan dan hasil hutan,” ucap bupati dalam siaran persnya.

Baca Juga  Di RSUD Sumedang Jokowi Tanya BPJS KIS

Menurut Bupati, Pemerintah Daerah akan memperkuat di sektor pariwisata dengan akan dipetakannya lahan-lahan Perhutani menjadi sentra wisata. Selain itu, turut dipetakan untuk sentra-sentra komoditas unggulan seperti gedong gincu, kopi, dan yang lainnya.

“Jadi jangan sampai ada lahan Perhutani yang tidak dimanfaatkan. Perhutani sudah membuka ruang yang lebar melalui MoU hari ini untuk bisa dimanfaatkan bersama masyarakat, pemerintah dan perusahaan. Yang penting bagaimana semuanya bisa bermanfaat untuk kemakmuran masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Administratur KKPH Sumedang Asep Setiawan sebagai mengatakan, ada delapan objek wisata yang sudah berjalan selama ini di wilayah Perhutani Sumedang dan ada beberapa potensi lainnya yang akan dikembangkan.

Baca Juga  Subhanallah, donasi kitabisa tembus Rp 70 juta

“Rencananya untuk pariwisata akan dibagi menjadi tiga Klaster. Yaitu Klaster Manglayang yakni di sekitar Gunung Manglayang. Lalu Klaster Jatigede untuk menunjang objek wisata Jatigede. Dan Klaster Cakrabuana,” terangnya.

Ditambahkan Asep, pengeloaan ketiga Klaster tersebut semuanya dikerjasamakan dengan masyarakat sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah tentang Perhutani.

“Seluruh kawasan hutan yang dikelola Perhutani diwajibkan untuk dikerjasamakan pengelolaannya dengan masyarakat,” pungkasnya. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Disparbudpora dan DPMPTSP Sosialisai OSS ke Pengelola ODTW di Sumedang

27 Januari 2022 - 17:25 WIB

Sebanyak 25 pengelola object daya tarik wisata (ODTW) di Kabupaten Sumedang mendapat sosialisasi Online Single Submission (OSS). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) dan DPMPTSP Kabupaten Sumedang di Objek Wisata Pangjugjugan Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan. Kamis, 27 Januari 2021.

Truk Hilang Kendali Seruduk Kendaraan Lain di Kawasan Cimanggung

24 Januari 2022 - 22:43 WIB

Tabrakan beruntun terjadi di jalur Bandung-Garut tepatnya di kawasan Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang Jawa barat, sekira pukul 19.30. Senin, 24 Januari 2021.

Besok, Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Dibuka

24 Januari 2022 - 22:32 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan, Senin (24/1/022).

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.
Trending di SUMEDANG