Home / SUMEDANG

Rabu, 8 Juli 2020 - 07:32 WIB

Pemkab Sumedang-Perhutani Akan Manfaatkan Hutan untuk Kembangkan Potensi Wisata

Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menandatangi Kesepakatan Bersama (MoU) dengan Perusahaan Umum (Perum) Kehutanan Negara tentang kegiatan pemanfaatan hutan berupa pengembangan potensi wisata dalam kawasan hutan. Penandatanganan berlangsung di Ruang Tengah Gedung Negara, Senin (6/7/2020) dengan disaksikan jajaran pejabat kedua belah pihak.

HUMAS SETDA SUMEDANG TEKEN KERJASAMA: Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menandatangi Kesepakatan Bersama (MoU) dengan Perusahaan Umum (Perum) Kehutanan Negara tentang kegiatan pemanfaatan hutan berupa pengembangan potensi wisata dalam kawasan hutan. Penandatanganan berlangsung di Ruang Tengah Gedung Negara, Senin (6/7/2020) dengan disaksikan jajaran pejabat kedua belah pihak.


SUMEDANG, SO — Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menandatangi Kesepakatan Bersama (MoU) dengan Perusahaan Umum (Perum) Kehutanan Negara tentang kegiatan pemanfaatan hutan berupa pengembangan potensi wisata dalam kawasan hutan.

Penandatanganan berlangsung di Ruang Tengah Gedung Negara, Senin (6/7/2020) dengan disaksikan jajaran pejabat kedua belah pihak.

Bupati mengapresiasi perhutani yang telah berkoordinasi dan berkerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang berkaitan dengan pemanfaatan lahan perhutani supaya lebih produktif, efektif dan memberikan kemanfaatan kepada masyarakat.

“Jadi intinya bagaimana hutan dikelola secara lestari dan memberikan kemanfaatan. Banyak potensi yang telah dijalankan selama ini terutama untuk wisata, perkebunan dan hasil hutan,” ucap bupati dalam siaran persnya.

Baca Juga  Tak Sesuai, Apdesi Wado Serahkan Surat Penolakan Bantuan Sosial KPM

Menurut Bupati, Pemerintah Daerah akan memperkuat di sektor pariwisata dengan akan dipetakannya lahan-lahan Perhutani menjadi sentra wisata. Selain itu, turut dipetakan untuk sentra-sentra komoditas unggulan seperti gedong gincu, kopi, dan yang lainnya.

“Jadi jangan sampai ada lahan Perhutani yang tidak dimanfaatkan. Perhutani sudah membuka ruang yang lebar melalui MoU hari ini untuk bisa dimanfaatkan bersama masyarakat, pemerintah dan perusahaan. Yang penting bagaimana semuanya bisa bermanfaat untuk kemakmuran masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga  Sebanyak 100 CCTV Bakal Dipasang di Kabupaten Sumedang

Sementara itu, Administratur KKPH Sumedang Asep Setiawan sebagai mengatakan, ada delapan objek wisata yang sudah berjalan selama ini di wilayah Perhutani Sumedang dan ada beberapa potensi lainnya yang akan dikembangkan.

“Rencananya untuk pariwisata akan dibagi menjadi tiga Klaster. Yaitu Klaster Manglayang yakni di sekitar Gunung Manglayang. Lalu Klaster Jatigede untuk menunjang objek wisata Jatigede. Dan Klaster Cakrabuana,” terangnya.

Ditambahkan Asep, pengeloaan ketiga Klaster tersebut semuanya dikerjasamakan dengan masyarakat sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah tentang Perhutani.

“Seluruh kawasan hutan yang dikelola Perhutani diwajibkan untuk dikerjasamakan pengelolaannya dengan masyarakat,” pungkasnya. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Mak Enong, salahseorang penjual Mi Kocok warga Dusun Paseh, Desa Padasuka, Kecamatan Sumedang Utara, berharap adanya bantuan modal untuk usahanya.

Pilihan Redaksi

Tak Dapat Bantuan Pedagang Kecil di Sumedang Menjerit Butuh Modal

Pilihan Redaksi

Sekda Hadiri Hari Jadi Padepokan Masyarakat Adat Sumedang Larang

SUMEDANG

Dandim 0610/Sumedang terus monitor pelaksanaan TMMD

Pilihan Redaksi

Berkedok Warkop, Warung di Wado Ini Malah Jual Miras dan Ada PL

Pilihan Redaksi

Peringati Hari Pers Nasional, Wartawan di Sumedang Lakukan Cek Kesehatan
Maruarar Sirait dalam acara Sosialisasi 4 Pilar di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Pilihan Redaksi

Ini Alasan Bang Ara Dukung Kang Emil Jadi Gubernur Jabar

SUMEDANG

Bapeda Sumedang Gelar Rakor Antar Daerah

Pilihan Redaksi

Dony Siap Maraton Realisasikan Janji Politik