Home / SUMEDANG

Selasa, 29 September 2020 - 00:29 WIB

Unik, KWT Gemilang Buat Pengering Abon dari Mesin Cuci

KWT Gemilang Desa Cibeureum Kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang mendapat bantun alat produksi setelah mereka menciptakan alat pengering abon dari mesin cuci.

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE DAPAT BANTUAN: KWT Gemilang Desa Cibeureum Kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang mendapat bantun alat produksi setelah mereka menciptakan alat pengering abon dari mesin cuci.


CIMALAKA, SUMEDANGONLINE — Kelompok Wanita Tani (KWT) Gemilang Desa Cibeureum Kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang, terus menunjukan eksistenisnya. Bahkan dalam pertemuan rutin sumedangonline.com/tag/kwt-gemilang/">KWT Gemilang di sekretariatnya di Dusun Tagog RT 01 RW 01 Desa Cibeureum Kulon itu, dilakukan penyerahan Bantuan Fasilitas Peralatan Produksi Kelompok Usaha Ekonomi Produktif.

Bantuan itu, merupakan peralatan produksi pembuatan Abon Ayam, yang bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2020. Dan uniknya, sumedangonline.com/tag/kwt-gemilang/">KWT Gemilang itu menggunakan Teknologi Tepat Guna (TTG). Dimana untuk pengeringan abon produksinya itu, menggunakan sebuah mesin yang diambil dari mesin cuci.

Seperti diungkapkan Dedeh selaku Ketua sumedangonline.com/tag/kwt-gemilang/">KWT Gemilang Cibeureum Kulon.  Mesin itu, kata Dedeh, dirakit anggota sumedangonline.com/tag/kwt-gemilang/">KWT Gemilang menggunakan sebuah langseng. Hingga akhirnya, mendapat apresiasi dari Pemerintah Desa Cibeureum Kulon.

Alhamdulillah hasilnya bagus, penjualannya cukup lancar, hingga ada apresiasi, khususnya hari ini dapat bantuan untuk peralatan membuat abon ayam,” katanya,  Senin 28 September 2020.

Baca Juga  Ada Kios Miras, Warga Sindang Pakuwon Ngaku Resah

Pihaknya pun berharap kepada Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Cimalaka, agar mengajak kepada KWT baru ataupun yang sudah ada, untuk tidak melakukan studi banding ke luar daerah dulu. Dia mengajak untuk melakukannya di sumedangonline.com/tag/kwt-gemilang/">KWT Gemilang, dengan alasan adanya pengembangan yang signifikn dan produktif  dalam satu tahun terakhir ini.

“Dari PKK kecamatan juga senantiasa memberikan arahan, pembinaan. Tadi juga direncanakan untuk pengadaan snack untuk setiap kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Kecamatan Cimalaka. Kita juga punya misi untuk mendongkrak makanan melalui kearifan lokal,” tuturnya.

Sementara itu, Pj Kepala Desa Cibeureum Kulon, Suhena mengatakan bantuan yang diberikan itu berupa alat yang bila dinominalkan sebesar Rp 6 juta lebih. Dan bantuan yang diberikan itu, dilihat juga dari progres sumedangonline.com/tag/kwt-gemilang/">KWT Gemilang sejauh mana mereka dalam beraktivitas dan membuat kreativitas.

Baca Juga  Program Hipmi Sumedang Jadi Percontohan

“Alatnya itu berupa untuk daging ayam, ada kompor, tabung gas dan kebutuhan lainnya. Dan bantuan ini diberikan berupa barangnya, tidak modalnya, karrena takutnya nanti komsumtif. Dan kita harapkan ini bisa berkmbang dengan alat yang diberikan, apalagi pemasarannya juga sudah online,” tuturnya.

Di tempat sama, Ketua TP sumedangonline.com/tag/pkk-kecamatan-cimalaka/">PKK Kecamatan Cimalaka, Iis Asep Aan Dahlan sangat mengapresiasi atas apa yang sudah dilakukan. Bahkan pihaknya mengucapkan rasa terim kasih kepada Pemerintah Desa Cibeureum Kulon yang sudah membantu.

“Saya juga merasa bangga sekali, karena kemungkinan untuk kedepannya ibu-ibu KWT bisa lebih termotivasi untuk lebih maju lagi dalam memproduksi yang lainnya. Karena ini bisa digunakan untuk bermacam-macam aneka olahan makanan. Insya Allah untuk kedepannya abon dari original, akan ada pedas, manis pedas. Dan tidak dari abon ayam saja, itu nanti ada daging sapi, gabus dan tongkol,” tukasnya. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Tiga Hari Meninggal, Keluarga TKI Asal Sumedang Baru Tahu dari Medsos
Sejumlah KPM PKH Desa Gudang Kecamatan Tanjungsari menerima BSB dari Kementerian Sosial RI, Jumat 16 Oktober 2020.

SUMEDANG

298 KPM PKH Desa Gudang Terima Program BSB Kemensos
Warga Desa Cimarias, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang mengaku senang pemberian Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dilakukan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

SUMEDANG

Bumdes Cimarias Kelola BPNT, Warga Mengaku Senang

Pilihan Redaksi

Jalur Cireki Amblas Sempat Ganggu Lalin, Pagi Ini Diperbaiki

Pilihan Redaksi

Polres Sumedang Tangkap Pelaku Persetubuhan Anak di Bawah Umur
Wakil Gubernur Jawa Barat saat menyimak tausyiah.

Pilihan Redaksi

Demiz: Media Mainstream Harus Bisa Tolak Berita Sampah

Pilihan Redaksi

Pengusaha Bus di Sumedang Ngeluh, Jumlah Penumpang Menurun Drastis

SUMEDANG

Bappeda,Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat