SUMEDANG

Objek Wisata Disbun Sukajadi Terkendala Legalitas, Kades Berharap Ada Bantuan dari Bupati Sumedang

Penulis: Fitriyani Gunawan | Editor: Fitriyani Gunawan
Kepala Desa Sukajadi, Dede Suhendar, saat diwawancara SUMEDANGONLINE.
Kepala Desa Sukajadi, Dede Suhendar, saat diwawancara SUMEDANGONLINE. | FOTO: Igun Gunawan/SUMEDANGONLINE

SUMEDANGONLINE.COM, SUKAJADI – Kepala Desa Sukajadi, Dede Suhendar berharap Bupati Sumedang dapat membantu memfasilitasi dalam hal perizinan kawasan wisata di lokasi Perkebunan Teh yang saat ini dikelola oleh Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat yang letaknya berada di Desa Sukajadi, Kecamatan Wado. Terutama berkaitan dengan legalitas atau perjanjian kerjasama dengan pemerintah desa untuk menggarap potensi wisata yang ada di lokasi tersebut.

Baca Juga  Di Sumedang Bakal Ada Kampung Buricak Burinong, Destinasi Wisata Selfie Kelas Dunia

“Tempat wisata ini sudah digarap hampir dua tahun, dua tahun berjalan. Tapi dikarenakan, kita belum mempunyai legalitas yang jelas dengan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Baratnya. Jadi masih berjalan seperti ini, masih berjalan secara natural. Kita juga belum menata. Keinginan kita kan ingin membuat kuliner, tempat pameran produk lokal. Seperti makanan ataupun kerajinan,” ujar Dede Suhendar kepada SUMEDANGONLINE. Jumat, 23 Oktober 2020.

Menurutnya jika sudah ada perjanjian kerjasama antara Desa Sukajadi dengan pihak Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, pihaknya akan menggarap kawasan Disbun tersebut sesuai dengan rencana awal mereka. “Karena kan seperti yang kita lihat bersama. Ini kan daerahnya sejuk, sedangkan Sumedang sedang menggenjot wisata di Kabupaten Sumedang. Termasuk wilayah Jatigede. Kalau wilayah Jatigede kan cuacanya panas, jadi kita ada variasi buat wisatawan. Kalau mau variasi wisata yang dingin, alam yang masih perawan kita bawa kesini,” pungkas dia. ***

Tinggalkan Balasan