Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 10 Jan 2021 19:09 WIB ·

Sigap Penanggulangan Longsor Sumedang, Rahmat Apresiasi Dinkes dan DVI Biddokkes Polda Jabar

REPORTER: FITRIYANI GUNAWAN | EDITOR: FITRIYANI GUNAWAN

Anggota DPRD Sumedang dari Fraksi PKS, Rahmat Juliadi saat melakukan koordinasi dengan petugas kesehatan dalam penanggulangan bencana longsor dan banjir di Kabupaten Sumedang.

SUMEDANGONLINE/ISTIMEWA LAKUKAN KOORDINASI: Anggota DPRD Sumedang dari Fraksi PKS, Rahmat Juliadi saat melakukan koordinasi dengan petugas kesehatan dalam penanggulangan bencana longsor dan banjir di Kabupaten Sumedang.

SUMEDANG – Anggota DPRD Sumedang dari Fraksi PKS, Rahmat Juliadi memberikan apresiasi terhadap kesigapan jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Tim Disaster Victim Identification (DVI) Biddokkes Polda Jabar dalam penanggulangan bencana longsor dan banjir di Kabupaten Sumedang.

“Saya mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang yang sangat sigap dan tak kenal lelah dalam penanganan para korban. Semuanya turun tangan dari mulai kepala dinas, para Kabid, para kasie, juga tenaga medis dan para medis yang bergantian dalam melayani para korban. Bahkan puskesmas puskesmas yang ada di sekitar lokasi bencana dikerahkan untuk ikut membantu, termasuk puskesmas lainnya ditugaskan untuk standby bergantian/shift jaga di posko-posko kesehatan yang sudah didirikan,” ujar Rahmat saat melakukan pemantauan sekaligus membantu penanganan terhadap para korban di Puskesmas Sawah Dadap yang juga dijadikan Pos Ante Mortem Tim DVI Biddokkes Polda Jabar. Ahad, 10 Januari 2021.

Baca Juga  Janin Bayi Perempuan Ditemukan Tewas di Pos Ronda

Dikatakan, penanggulangan bencana longsor dan banjir di Cimanggung dan Jatinangor hingga saat ini masih terus berlangsung. Termasuk juga evakuasi dan identifikasi jenazah korban jiwa serta pengobatan terhadap korban luka yang kadang luput dari perhatian.

Termasuk sebutnya, melakukan koordinasi yang sangat baik dengan tim DVI Biddokkes Polda Jabar dalam melakukan identifikasi para korban jiwa.

“Sampai sore tadi sudah 13 orang yang teridentifikasi, yang diperkirakan lebih dari 15 korban jiwa lagi yang belum dievakuasi dan teridentifikasi,” ucapnya.

Sebagai orang yang berlatar belakang tenaga medis, Rahmat juga mengingatkan seluruh jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang untuk tetap menjaga stamina dan juga tetap hati-hati dalam penanganan para korban ditengah pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga  SMA Negeri 1 Sumedang Akan Gelar LLA Se-Pulau Jawa

“Protokol kesehatan tetap harus ditegakkan dalam situasi bencana ini. Meskipun tentu ini cukup sulit. Tetapi ini tetap menjadi konsekwensi logis yang harus diperhatikan, jangan sampai justru para tenaga medis dan para medis yang jatuh sakit karena kelelahan atau bahkan ada yang terpapar Covid-19,” paparnya.

Rahmat juga meminta kepada Pemda sumedang untuk menyiapkan fasilitas dan sarana kesehatan yang memadai untuk penanggulangan bencana longsor dan banjir di wilayah kecamatan Cimanggung dan Jatinangor.

“Bila perlu mengeluarkan anggaran tidak terduga yang sudah dialokasikan dalam APBD 2021 ini. Demikian juga bantuan logistik Yang di butuhkan oleh warga terdampak baik longsor maupun banjir,” tandasnya. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.

Keraton Sumedang Larang Imbau Ketum PDI Perjuang Berikan Sanksi Tegas pada Atreria Dahlan

19 Januari 2022 - 21:21 WIB

H.R.I Lukman Soemadisoeria selaku PYM Sri Radya Karaton SUmedang Larang saat menyampaikan sikap Keraton Sumedang Larang atas pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan yang meminta Kajati Jabar untuk dipecat karena menggunakan bahasa Sunda.

Jelang Porprov XIV Jawa Barat, KONI Sumedang Gelar Evaluasi Program Kerja

18 Januari 2022 - 17:43 WIB

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan rapat kerja daerah (rakerda) yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center, dihadiri jajaram pengurus Koni Sumedang dan perwakilan cabor yang berada dibawah Koni Kab Sumedang. Selasa (18/01/2022)
Trending di SUMEDANG