Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 18 Feb 2021 18:17 WIB ·

%0a %0a

Unpad Ajak Kabupaten Sumedang Kerjasama Kembangkan Peternakan

Reporter: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan


 Universitas Padjajaran (UNPAD) telah melakukan Audiensi bersama Bupati Sumedang (Dr. H. Dony Ahmad Munir.,ST.,MM) terkait penawaran kerjasama dalam perkembangan peternakan Kabupaten Sumedang.
Kamis, (18/02/2021). Perbesar

Istimewa/SUMEDANG ONLINE
Universitas Padjajaran (UNPAD) telah melakukan Audiensi bersama Bupati Sumedang (Dr. H. Dony Ahmad Munir.,ST.,MM) terkait penawaran kerjasama dalam perkembangan peternakan Kabupaten Sumedang. Kamis, (18/02/2021).

SUMEDANG – Universitas Padjajaran (Unpad) menawarkan kerjasama peningkatan produktivitas dan kualitas produk ternak di Kabupaten Sumedang. Hal itu dikatakan Dekan Fakultas Peternakan UNPAD, Rahmat Hidayat saat melakukan audensi dengan Bupati Sumedang di Gedung Negara. Kamis, 18 Februari 2021.

Selain itu dikatakan Rahmat, pihaknya juga menawarkan kerjasama dalam peningkatan kualitas SDM baik yang memiliki pendidikan (degree learning) maupun yang non-pendidikan (non-degree learning). Selain itu, beliau juga menawarkan kerjasama terkait peningkatan produktivitas dan kualitas produk ternak sehingga bisa memenuhi kebutuhan pasar baik di dalam maupun luar Kabupaten Sumedang.

Unpad pun menawarkan untuk membangun peternakan modern dengan metoda digitalisasi, dalam hal ini akan dicoba untuk membuat aplikasi pusat informasi pasar.

“Semua peternak akan terhubung dengan informasi pasar tersebut, kemudian dari hal tersebut dapat terhimpun seluruh informasi terkait jumlah ternak yang bisa dipasarkan di setiap harinya. Untuk memudahkan para pembeli dalam mendapatkan informasi pasar, para pembeli hanya perlu membuka aplikasi informasi pasar tersebut dan rencananya launching kerjasama ini akan dilaksanakan tahun ini,” ungkapnya.

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir menyambut baik maksud dan tujuan pihak UNPAD untuk membangun dan meningkatkan kualitas peternakan di Kabupaten Sumedang. Mulai dari mempersiapkan SDM handal yang ditunjang oleh pendidikan, sekolah, diklat, juga yang bergelar dan non-gelar, kemudian menyiapkan Kabupaten Sumedang sebagai lokasi penelitian untuk pembuatan bahan skripsi, disertasi, maupun tesis dalam rangka menjadikan Kabupaten Sumedang sebagai Laboratorium Peneliti dari Fakultas Peternakan UNPAD.

“Kemudian untuk menjadi implementasi hasil riset yang dimana bekerjasama dengan Dinas Peternakan untuk meningkatkan produksi peternakan dan akan melakukan pengawalan juga pendampingan di berbagai komoditas peternakan, diantaranya mengembangkan peternakan sapi, domba, unggas, dan sebagainya yang pada akhirnya akan bermuara dalam meningkatnya perekonomian masyarakat,” ungkapnya. ***

Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Di Pasir Landak Sumedang Ditemukan Batu Columnar Joint yang Timbulkan Nada Unik

23 Juni 2024 - 04:37 WIB

Kepala Bidang Kebudayaan, Moh. Budi Akbar, saat meninjau langsung batu columnar joint di Pasir Landak di Desa Nagrak, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang.

Kesenian Abad XV, Terbang Buhun Pusaka Karuhun Masih Tetap Eksis

22 Juni 2024 - 04:55 WIB

Penampilan Grup Seni Terbang Buhun Pusaka Karuhun saat pentas di Acara Ngabungbang. Kamis, 20 Juni 2024 malam.

Melalui Program SAMAWANA, Pj. Bupati Sumedang Sumbang Bibit Ayam Ternak

22 Juni 2024 - 03:43 WIB

Yudia Ramli selaku Pj. Bupati Sumedang menyerahkan langsung bibit ayam ternak tersebut saat saat melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Cimalaka. Jum'at (21/6/2024).

Pj Bupati Sumedang Puji Program SAMAWANA, Berharap Dapat Diikuti Kecamatan Lainnya

21 Juni 2024 - 20:26 WIB

Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat meninjau pengelolaan perkebunan pisang di Desa Cibeureum Wetan, Kecamatan Cimalaka dalam program Sehari Bersama Warga nu Nyata Mangpaatna (SAMAWANA). Jumat (21/6/2024).

Peringatan 2 Tahun SCC, Diisi Pasar Seni Ekonomi Kreatif Sumedang 2024

21 Juni 2024 - 15:21 WIB

Penjabat Bupati Sumedang, Yudia Ramli, hadir dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-2 Gedung Sumedang Creative Center (SCC). Kamis, 20 Juni 2024.

Pj Bupati Sumedang, Apresiasi Kinerja Satpol PP, Satlinmas dan Damkar

20 Juni 2024 - 16:24 WIB

Seremonial Pemusnahan Rokok Ilegal dan Minuman mengandung ethil Alkohol di Lapang Upacara Pusat Pemerintahan Sumedang. Kamis, 20 Juni 2024.
Trending di SUMEDANG