Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 10 Jun 2021 22:53 WIB ·

Adanya Menara Kujang Sapasang, Ormas BBC Sumedang Berharap Bisa Bangkitkan Ekonomi

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: FITRIYANI GUNAWAN

Ormas BBC DPD Kabupaten Sumedang memberikan dukungan rencana berdirinya menara kujang sapasang di Jatigede.

ISTIMEWA BERI DUKUNGAN: Ormas BBC DPD Kabupaten Sumedang memberikan dukungan rencana berdirinya menara kujang sapasang di Jatigede.

SUMEDANG – Ormas BBC DPD Kabupaten Sumedang menyambut baik rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang akan membangun destinasi pariwisata berupa Menara Kujang Sapasang di Panenjoan, Desa Jemah, Kecamatan Jatigede.

Menurut Aries Kusnandar, SE selaku Sekretaris Ormas BBC DPD Kabupaten Sumedang, hal itu merupakan bagian dari terobosan baru dan bentuk  kepedulian dari Pemerintah Kabupaten Sumedang dan Jawa Barat terhadap warga terdampak Jatigede. Dia sangat berharap dengan adanya ikon baru wisata itu dapat berdampak pada perekonomian warga di sekitar Waduk Jatigede.

“Pembangunan tempat wisata ini tentu diharapkan dapat menggerakan roda perekonomian masyarakat di sana. Mulai dari saat pembangunan, tentu saja diharapkan akan banyak lapangan kerja untuk masyarakat setempat dan juga Sumedang. Begitu pun saat pembangunan selesai, sebagai penyedia jasa, pekerja atau yang berjualan di sana harus bisa melibatkan masyarakat setempat,” ungkap Aries dalam keterangannya.

Baca Juga  Scooterist Sumedang Galang Dana untuk Gempa Sulsel

Aries beralasan, hal itu perlu dilakukan pemerintah sebagai bentuk kompensasi sosial pada masyarakat. Lantaran masyarakat terdampak telah melerakan meningglakn kampung halamannya untuk sebuah pembangunan strategis Nasional.

“Ini akan menjadi ikon baru Sumedang, dalam mewujudkan Sumedang sebagai Kabupaten pariwisata. Kalau sekadar pergi untuk melihat air bendungan di daerah lainnya pun juga ada. Jadi harus ada yang unik dalam menarik minat wisawatan dari luar dan dalam Sumedang. Ini akan memberikan harapan bagi para pelaku wisata dan UMKM untuk kecipratan rezeki dari program ini,” tegasnya.

Meski demikian sebut dia, agar dilakukan pengkajian lebih mendalam dari berbagai aspek dengan adanya pembangunan menara tersebut.

“Untuk lebih terarah dengan adanya ikon tersebut, setidaknya harus dilakukan dulu kajian-kajian dampak dari dibangunnya ikon tersebut atau analisis dampak lingkungannya. Baik sosial, ekonomi, budaya, keamanan, pendidikan dan lain halnya. Sehingga menjadi ikon yang berkontribusi positif secara komprehensif bagi masyarakat sekitar khususnya dan umumnya untuk wisatawan yang berkunjung,” tandasnya.

Baca Juga  Ingat 24 Juni 2018 Batas Akhir Penyerahan LPPDK Paslon Gubernur

Terutama lanjutnya, faktor keamanan dan kenyamanan yang merupakan harga mati untuk tempat wisata. Setidaknya di tempat wisata itu fasilitas umum harus layak baik tempat parkir, tempat istirahat, tempat jajanan, toilet, sarana ibadah, sarana kesehatan untuk P3K berikut petugas medisnya, petugas keamanan dll.

“Selain itu juga disinergikan dengan pelatihan-pelatihan atau bimtek-bimtek yang diadakan oleh pihak pemerintah maupun swasta yang memungkinkan menunjang aktivitas kegiatan di tempat tersebut,” pungkas dia. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 122 kali

Baca Lainnya

Bupati dan Ketum Pusat Hadiri Pelantikan Koordinator Hamida Kabupaten Sumedang

29 November 2021 - 22:05 WIB

Acara pelantikan koordinator Himpunan Alumni Miftahul Huda ( HAMIDA ) Kabupaten Sumedang masa khidmat 2021 - 2026 dilaksanakan di Gedung Negara. Sabtu 27 November 2021.

Puncak Hari Jadi, Korpri Sumedang Gelar Donor Darah

29 November 2021 - 21:52 WIB

Ketua Panitia Hari Ulang Tahun ke-50 Korp Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tingkat Kabupaten Sumedang, Dadang Sulaeman

Jadwal Pertandingan Perses Sumedang di Liga 3 Seri 1 Group A

29 November 2021 - 19:17 WIB

Jadwal Pertandingan Perses Sumedang

Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany Kini Jadi Komandan Batalyon Infantri Yonif Raider 301/PKS

26 November 2021 - 13:14 WIB

Jabatan Komandan Batalyon Infantri Raider 301/Prabu Kian Santang resmi diserahterimakan dari Letkol Inf Wahyu Alfian Arisandi ke Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany. Upacara serah terima jabatan dipimpin KASBRIG 15 Kujang/II Kodam III/Siliwangi Letkol Inf Imam Wicaksana di Lapangan Yonif Raider 301 Prabu Kian Santang Sumedang Jawa Barat. Selasa, 24 November 2021.

Imbas Pandemi Covid-19 Angka Kemiskinan Ekstrim di Kabupaten Sumedang Naik Jadi 10,26 Persen

26 November 2021 - 13:04 WIB

Mety Supriyati selaku Kepala Bidang Pemerintahan dan Sosial pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Sumedang menyebutkan akibat pandemi Covid-19, angka kemiskinan di Kabupaten Sumedang meningkat dari 9,05 persen menjadi 10,26 persen.

Sambil Menangis Yana ‘Cadas Pangeran’ Sampaikan Permohonan Maaf pada Masyarakat

22 November 2021 - 12:15 WIB

Yana Supriatna, saat menyampaikan permohonan maaf di Mapolres Sumedang. Senin, 22 November 2021.
Trending di SUMEDANG