Home / KABAR HAJI

Senin, 19 Juli 2021 - 07:04 WIB

Perjalanan Haji di Tengah Pandemi Covid-19, Prokes Ketat Hingga Kartu Pintar

Kota tenda bergema dengan talbiyah para peziarah yang membuat persiapan akhir untuk berdiri (wuqoof) mereka di dataran Arafat pada hari Senin, menandai klimaks haji.

SAUDI GAZETTE PERSIAPAN WUQOOF: Kota tenda bergema dengan talbiyah para peziarah yang membuat persiapan akhir untuk berdiri (wuqoof) mereka di dataran Arafat pada hari Senin, menandai klimaks haji.


Sebanyak 60 ribu warga Saudi dan ekspatriat telah dipilih dari antara 558 ribu pelamar untuk melakukan haji tahun ini, dibandingkan dengan sekitar 2,5 juta jamaah haji yang melakukan haji pada tahun 2019 sebelum pecahnya pandemi. Haji tahun ini dibatasi untuk jemaah haji berusia antara 18 dan 65 tahun, dan yang tidak memiliki penyakit kronis. Tahun lalu, Arab Saudi menyelenggarakan haji terkecil dalam hal jumlah peserta dalam sejarah modern.

Baca Juga  19 Jamaah Calon Haji Wafat di Tanah Suci. Ini Daftarnya

Kementerian Haji telah memperkenalkan untuk pertama kalinya kartu pintar haji dan gelang pintar yang akan memungkinkan para peziarah mencapai tenda mereka di tempat-tempat suci dan hotel di Mekah dengan kontak manusia seminimal mungkin dan memfasilitasi transportasi mereka di tempat-tempat suci. Kartu tersebut juga akan membantu dalam melacak setiap peziarah jika kehilangan kontak dengannya. Pihak berwenang juga mulai menggunakan robot hitam putih untuk mendistribusikan botol air Zamzam di antara para peziarah untuk memastikan jarak sosial. ***

Baca Juga  Tiba di Bekasi Calon Jamaah Haji Sumedang Langsung Tes Kesehatan
Sumber Berita: Saudi Gazette

Share :

Baca Juga

KABAR HAJI

Wabup Sukabumi Lepas 450 Calon Jamaah Haji

KABAR HAJI

17.060 Paspor dan Visa Haji Asal Jawa Barat Belum Kelar

KABAR HAJI

83 calon haji asal Sumedang gagal berangkat

KABAR HAJI

Menag Ajak Jamaah Haji Doakan Bangsa Indonesia

BISNIS

Alasan Runaway Kurang, BIJB Sulit Jadi Embarkasi Haji 2018

KABAR HAJI

303 Kloter Telah Mendarat di Tanah Suci, 25 Jamaah Calon Haji Wafat

KABAR DARI GEDUNG NEGARA

Embarkasi Bekasi, Siap Sambut Kloter Sumedang

KABAR HAJI

Tujuh Jamaah Calon Haji Asal Indonesia Wafat di Tanah Suci