Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 9 Agu 2021 21:20 WIB ·

Pemda Lanjutkan Tahapan Pilkades, Akur Minta DPMD Harus Pegang Izin Tertulis dari Depdagri

REPORTER: IGUN GUNAWAN | EDITOR: REDAKSI

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sumedang, Asep Kurnia (Akur)

ISTIMEWA KOMISI I: Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sumedang, Asep Kurnia (Akur)

SUMEDANGONLINE, Sumedang: Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sumedang, Asep Kurnia (Akur) meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang untuk meminta arahan tertulis dari Departemen Dalam Negeri (Depdagri) berkaitan dengan lanjutan tahapan Pemilihan Kepala Desa Serentak (Pilkades Serentak) di Kabupaten Sumedang.

“Jadi terkait dengan surat terbaru dari DPMD, terkait dengan tahapan Pilkades. Kita juga mengingatkan pemerintah daerah. Karena surat itu hampir berbarengan dengan Surat dari Depdagri. Surat dari Depgdari itu kan jelas menunda tahapan terutama kegiatan-kegiatan yang menimbulkan kerumunan, termasuk kampanye hingga hari H,” ujar Asep Kurnia. Senin, 9 Agustus 2021.

Baca Juga  Sekda Zaenal Alimin akui belum terima juklak juknis gaji 13 dan 14

Oleh karena itu sebut Asep Kurnia, jika pemerintah daerah ingin melanjutkan tahapan seleksi dan tahapan penetapan calon. Dia menyarankan agar lebih dahulu dikonsultasikan secara tertulis dengan Departemen Dalam Negeri.

“Jika Pemda mengambil langkah untuk melanjutkan tahapan seleksi dan tahapan penetapan calon maka sebaiknya ini dikonsultasikan secara tertulis. Karena jangan sampai nanti, jika ini tidak tertulis tidak ada pegangan bagi DPMD. Kenapa? Karena dari seleksi ini, ada orang-orang yang tidak lolos, jangan sampai hal ini dipersoalkan. Sudah jelas tahapan ini harus dihentikan, tapi kemudian seleksinya dijalankan. Oleh karena itu sebelum nanti terjadi masalah. Karena, seleksi ini mengurangi dari sekian calon menjadi maksimal lima, nah itu kan banyak yang gagalnya. Nah itu kemungkinan dipersoalkan, terkait dengan DPMD yang sudah mengambil langkah untuk melanjutkan tahapan, patut diapresiasi. Namun terlebih dahulu saya sarankan agar ada arahan tertulis dari Depdagri. Jangan hanya lisan saja, tapi harus tertulis,” demikian Asep Kurnia. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 121 kali

Baca Lainnya

Truk Hilang Kendali Seruduk Kendaraan Lain di Kawasan Cimanggung

24 Januari 2022 - 22:43 WIB

Tabrakan beruntun terjadi di jalur Bandung-Garut tepatnya di kawasan Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang Jawa barat, sekira pukul 19.30. Senin, 24 Januari 2021.

Besok, Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Dibuka

24 Januari 2022 - 22:32 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan, Senin (24/1/022).

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.
Trending di SUMEDANG