Home / SUMEDANG

Senin, 9 Agustus 2021 - 21:20 WIB

Pemda Lanjutkan Tahapan Pilkades, Akur Minta DPMD Harus Pegang Izin Tertulis dari Depdagri

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sumedang, Asep Kurnia (Akur)

ISTIMEWA KOMISI I: Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sumedang, Asep Kurnia (Akur)


SUMEDANGONLINE, Sumedang: Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sumedang, Asep Kurnia (Akur) meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang untuk meminta arahan tertulis dari Departemen Dalam Negeri (Depdagri) berkaitan dengan lanjutan tahapan Pemilihan Kepala Desa Serentak (Pilkades Serentak) di Kabupaten Sumedang.

“Jadi terkait dengan surat terbaru dari DPMD, terkait dengan tahapan Pilkades. Kita juga mengingatkan pemerintah daerah. Karena surat itu hampir berbarengan dengan Surat dari Depdagri. Surat dari Depgdari itu kan jelas menunda tahapan terutama kegiatan-kegiatan yang menimbulkan kerumunan, termasuk kampanye hingga hari H,” ujar Asep Kurnia. Senin, 9 Agustus 2021.

Baca Juga  Percepat Cisumdawu, Kemendagri: Tak Ada Alasan Masalah Lahan IPDN

Oleh karena itu sebut Asep Kurnia, jika pemerintah daerah ingin melanjutkan tahapan seleksi dan tahapan penetapan calon. Dia menyarankan agar lebih dahulu dikonsultasikan secara tertulis dengan Departemen Dalam Negeri.

“Jika Pemda mengambil langkah untuk melanjutkan tahapan seleksi dan tahapan penetapan calon maka sebaiknya ini dikonsultasikan secara tertulis. Karena jangan sampai nanti, jika ini tidak tertulis tidak ada pegangan bagi DPMD. Kenapa? Karena dari seleksi ini, ada orang-orang yang tidak lolos, jangan sampai hal ini dipersoalkan. Sudah jelas tahapan ini harus dihentikan, tapi kemudian seleksinya dijalankan. Oleh karena itu sebelum nanti terjadi masalah. Karena, seleksi ini mengurangi dari sekian calon menjadi maksimal lima, nah itu kan banyak yang gagalnya. Nah itu kemungkinan dipersoalkan, terkait dengan DPMD yang sudah mengambil langkah untuk melanjutkan tahapan, patut diapresiasi. Namun terlebih dahulu saya sarankan agar ada arahan tertulis dari Depdagri. Jangan hanya lisan saja, tapi harus tertulis,” demikian Asep Kurnia. ***

Baca Juga  Angkot Ciakar-Cileunyi, Nyungsep
Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Siang Ini, Jenajah Wawan Dimakamkan di TPU Cikutra

Pilihan Redaksi

Warga Sumedang ini kaget, mobilnya raib di parkir di halaman rumah
Kodim 0610/Sumedang melaksanakan Kegiatan rapid test terbatas untuk mengantisipasi dan sebagai pencegahan awal dari penyeberan virus Corona

SUMEDANG

Antisipasi Sebaran Covid-19, Kodim 0610/Sumedang Gelar Rapid Test

Pilihan Redaksi

Ada Pejabat Terlibat Dugaan Korupsi, Bikin Warga Sumedang Kecewa

Pilihan Redaksi

Bupati Sumedang tinjau lima desa langganan banjir

Pilihan Redaksi

Berdoa agar tidak terkena rasionalisasi lagi, jembatan Cibodas Surian dialokasikan Rp 2 M

Pilihan Redaksi

Polres Sumedang pasang maklumat Kapolda Jabar di sejumlah bus

Pilihan Redaksi

Begini Penampakan Kantor Desa Ciptasari Setelah Direhab