Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 23 Agu 2021 14:41 WIB ·

Tingkatkan Minat Baca, Sumedang Launching Sake Sabu

REPORTER: FITRIYANI GUNAWAN | EDITOR: REDAKSI

Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang Launching Sake Sabu (Satu Kecamatan Satu Buku) secara virtual oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir.

IWAN RAHMAT/SO LAUNCHING SABU SAKE: Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang Launching Sake Sabu (Satu Kecamatan Satu Buku) secara virtual oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir.

SUMEDANGONLINE, Sumedang: Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang Launching Sake Sabu (Satu Kecamatan Satu Buku) secara virtual oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir.

Tampak terlihat seluruh jajaran masing-masing ruangan di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang mendengarkan paparan dan arahan sekaligus Launching Sake Sabu tersebut.

“Alhamdulillah pelaksanaan launching berjalan sukses walaupun secara virtual. Kita menerbitkan 26 serial dan satu kecamatan satu serial, ini sebagai bentuk mengingatkan bagi para generasi muda guna lebih mengenal kampung halaman,” ujar Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang Dikdik Sadikin

Baca Juga  Terdampak Jalan Tol Cisumdawu, SDN Cijolang Bakal Direlokasi

Ia menuturkan, sebagai contoh yakni kecamatan Conggeang dimana di dalam isi buku tersebut menceritakan bahwa di kecamatan Conggeang ada tempat wisata dan kulinernya, yakni puncak Tampomas berikut makanan khasnya opak oded dan lainnya

“Selain launching buku sekaligus perpustakaan digital kita perkenalkan bisa dicari di Aplikasi Play Store dan download. Dan ini adalah sebagai inovasi kami dimasa Pandemi Covid-19 layanan manual masih belum bisa kami buka sampai sekarang,” ungkapnya.

Dikatakan dia, Launching Sake Sabuk guna menumbuh kembangkan minat pembaca dan meningkatkan literasi masyarakat dengan harapan ketika minat baca menurun jad meningkat ketika masyarakat banyak diam dirumah.

Baca Juga  Carita di Lembur Sunda, Pemuda Berkesenian Bangsa Berbudaya

Di dalam buku Sake Sabuk di dalam literasinya ada juga tentang Parawisata ditiap Kecamatan jadi sambil membantu sebagai alat promosi dibidang Parawisata di dalam buku itu dikumpas tuntas terkait wilayah baik itu dari sisi budaya, sejarah dan kulinernya juga.

“Jadi bagu warga Sumedang bisa membaca kapan pun dan dimana pun, tinggal masuk di aplikasi isumedang atau akun FB daftar jadi anggota itu semua gratis,” pungkas dia. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 45 kali

Baca Lainnya

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.

Keraton Sumedang Larang Imbau Ketum PDI Perjuang Berikan Sanksi Tegas pada Atreria Dahlan

19 Januari 2022 - 21:21 WIB

H.R.I Lukman Soemadisoeria selaku PYM Sri Radya Karaton SUmedang Larang saat menyampaikan sikap Keraton Sumedang Larang atas pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan yang meminta Kajati Jabar untuk dipecat karena menggunakan bahasa Sunda.

Jelang Porprov XIV Jawa Barat, KONI Sumedang Gelar Evaluasi Program Kerja

18 Januari 2022 - 17:43 WIB

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan rapat kerja daerah (rakerda) yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center, dihadiri jajaram pengurus Koni Sumedang dan perwakilan cabor yang berada dibawah Koni Kab Sumedang. Selasa (18/01/2022)
Trending di SUMEDANG