SUMEDANG

Hanung: Potensi UMKM Sumedang Miliki Potensi untuk Dikembangkan

Penulis: ACENG SYARIF HIDAYATULLAH | Editor: ACENG SYARIF HIDAYATULLAH
Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Koperasi dan UKM RI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumedang. Kunjungan tersebut diterima Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir dan Ketua Dekranasda, Hj. Susi Gantini beserta jajaran di Induk Pusat Pemerintahan (IPP). Sabtu, 25 September 2021.
Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Koperasi dan UKM RI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumedang. Kunjungan tersebut diterima Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir dan Ketua Dekranasda, Hj. Susi Gantini beserta jajaran di Induk Pusat Pemerintahan (IPP). Sabtu, 25 September 2021. | FOTO: Istimewa

SUMEDANGONLINE, Sumedang: Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Koperasi dan UKM RI, Hanung Harimba Rachman menyebutkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sumedang memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan.

“Sumedang potensinya luar biasa, punya resources yang sangat besar. Kemudian letaknya sangat strategis karena banyak perguruan tinggi. Jadi saya pikir UMKM di sini bisa dikembangkan berbasis inovasi,” ujar Hanung saat berkunjung ke Gerai IPP. Sabtu, 25 September 2021.

Hanung mengatakan, setelah melihat potensi potensi UMKM Sumedang, untuk beberapa produk, hasil pengerjaannya sudah sangat bagus.

Menurutnya tinggal pengemasan produk yang masih belum bisa dilakukan secara mandiri dan cara pemasarannya.

Kaitan hal itu, kata Hanung, pihaknya berupaya membantu dan mendorong pengembangan UMKM Sumedang, baik dari segi pengemasan produk, alat produksi sampai pemasaran untuk produk makanan maupun non makanan seperti kaos kaki, baju batik maupun produk kerajinan.

Baca Juga  Bupati Sumedang Terus Pantau Ketersediaan Oksigen di Posko Kesehatan

“Produk yang sudah dikerjakan sudah luarbiasa, tinggal sedikit lagi, seperti kemasannya, karena harus ke Bandung. Marketingnya nanti sama-sama kita kembangkan supaya lebih luas lagi. Tentunya banyak produk-produk lain yang bisa kita gali,” ucapnya.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menyampaikan, kedatangan Deputi tersebut merupakan kunjungan balasan setelah sebelumnya Wabup Erwan melakukan kunjungan ke Kementerian Koperasi dan UKM RI di Jakarta, pada hari Senin tanggal 23 Agustus 2021 yang lalu.

Baca Juga  Dapat Bantuan Pengolahan Sampah, Bupati: Target Sumedang Bebas dari Sampah

Selain melihat langsung potensi-potensi UMKM yang ada di Sumedang, kata Bupati, Deputi juga akan membantu pengembangannya termasuk penguatan kelembagaan, pengembangan rumah kemasan, peralatan atau mesinnya dan juga akses pasarnya.

Alhamdulillah, kami berterima kasih kepada Kementerian Koperasi dan UKM yang meninjau langsung potensi-potensi UMKM yang ada di Sumedang dan akan dipilah mana produk-produk yang bisa dipasarkan keluar Sumedang bahkan keluar negeri,” ujarnya. ***

Tinggalkan Balasan