Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 14 Sep 2021 11:11 WIB ·

Tujuh Fraksi di DPRD Sumedang Sepakat Judul Raperda Kawasan Perkotaan Jatinangor

REPORTER: ACENG SYARIF HIDAYATULLAH | EDITOR: ACENG SYARIF HIDAYATULLAH

Fraksi PKB saat menyerahkan Pandangan Akhir Fraksi PKB ke wakil Ketua Pansus Kawasan Perkotaan Jatinangor. Senin, 13 September 2021.

FITRIYANI/SO SERAHKAN BERKAS: Fraksi PKB saat menyerahkan Pandangan Akhir Fraksi PKB ke wakil Ketua Pansus Kawasan Perkotaan Jatinangor. Senin, 13 September 2021.

SUMEDANGONLINE, Sumedang: Tujuh fraksi di DPRD Kabupaten Sumedang menyepakati judul raperda Pengelolaan Kawasan Perkotaan Jatinangor.

“Ini adalah keputusan terakhir pembahasan kita. Jadi, baik Bappppeda, Bagian Hukum maupun Pansus tidak menemukan kalimat lain ya untuk judul yang tepat. Sehingga kita mengambil Kawasan Perkotaan Jatinangor sebagai judul dari Raperda ini,” ujar Asep Kurnia selaku Wakil Ketua Pansus Raperda Kawasan Perkotaan Jatinangor pada Rapat Pansus tentang Pendapat Akhir Fraksi. Senin, 13 September 2021.

Asep berharap Raperda yang rencananya akan dilakukan pengambilan keputusan pada 15 September itu diharapkan lengkap dari sisi ketentuan dan regulasi. “Banyak hal yang diingat dalam membuat Perda ini, sehingga mudah-mudahan Perda ini lengpak dari sisi ketentuan maupun dari sisi regulasi,” imbuhnya.

Baca Juga  95 Peserta Pramuka Ikuti Diklat Krida Kartika Kodim 0610/Sumedang

Pada kesempatan tersebut dikatakan Asep, berdasarkan pasal 3, yang menentukan kawasan mana saja yang masuk ke dalam Kawasan Perkotaan Jatinangor. Selain itu pasal ini pun menegaskan jika, Kawasan Perkotaan Jatinangor merupakan bagian dari Kabupaten Sumedang.

“Ini, para anggota Pansus termasuk juga tim dari eksekutif sama sama sependapat bahwa Pasal 3 ini adalah benteng terkait dengan kekhwatiran-kekhawatiran yang mungkin muncul ke depan. (KPJ) merupakan bagian dari wilayah (Kabupaten Sumedang). Ini sudah disebutkan dengan jelas, bahwa ini bukan wilayah otonom tapi ini bagian,” jelasnya.

Sementara pada pasal 3 (2), ada pembahasan kawasan inti dari KPJ, yakni seluruh Kecamatan Jatinangor dan sebagian wilayah Cimanggung. Selain itu disebutkan juga wilayah di sekitarnya yang meliputi wilayah Tanjungsari, Sukasari dan Pamulihan.

Baca Juga  Ratusan Rutilahu di Sumedang Segera Diperbaiki

“Ini deliniasi ini, kemungkinan ke depannya harus ada petanya. Misalnya disebutkan KPJ itu sebagaian wilayah Cimanggung, yang mana saja terdiri dari sebagian Cihanjuang, sebagian Cikahuripan berarti kalau sebagian tidak seluruhnya desa itu. Ini nanti dibikin, dan perlu ditindaklanjuti dengan Peraturan daerah baik itu yang berkaitan dengan Tata Ruang maupun terkait dengan implementasi dari Raperda ini. Karena di Raperda ini belum memakai peta, baru disebutkan sebagian, sebagiann itu yang mana saja? Ini kan harus jelas,” imbuhnya. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 102 kali

Baca Lainnya

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.

Keraton Sumedang Larang Imbau Ketum PDI Perjuang Berikan Sanksi Tegas pada Atreria Dahlan

19 Januari 2022 - 21:21 WIB

H.R.I Lukman Soemadisoeria selaku PYM Sri Radya Karaton SUmedang Larang saat menyampaikan sikap Keraton Sumedang Larang atas pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan yang meminta Kajati Jabar untuk dipecat karena menggunakan bahasa Sunda.

Jelang Porprov XIV Jawa Barat, KONI Sumedang Gelar Evaluasi Program Kerja

18 Januari 2022 - 17:43 WIB

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan rapat kerja daerah (rakerda) yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center, dihadiri jajaram pengurus Koni Sumedang dan perwakilan cabor yang berada dibawah Koni Kab Sumedang. Selasa (18/01/2022)
Trending di SUMEDANG