Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 1 Sep 2021 16:00 WIB ·

Warga Perum Asabri Tuntut Realisasi Perjanjian dari Pengembang Perum MPP

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: REDAKSI

Warga Perum Asabri Citramas di Desa Trunamanggala, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang menyesalkan belum ditanggapi keluhan mereka terkait dengan dampak pembangunan Perum MPP.

IWAN RAHMAT/SO TUNJUKKAN LOKASI: Warga Perum Asabri Citramas di Desa Trunamanggala, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang menyesalkan belum ditanggapi keluhan mereka terkait dengan dampak pembangunan Perum MPP.

SUMEDANGONLINE, Sumedang: Warga Perum Asabri Citramas di Desa Trunamanggala, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang menyesalkan belum ditanggapi keluhan mereka terkait dengan dampak pembangunan Perum MPP.

Ketua RW 10, Ikhwan Nurdin didampingi Ketua RT 01, Erwin Husni mengatakan pada dasarnya masyarakat yang terdampak pembangunan perumahan Perum MPP tidak tahu menahu dan tidak pernah dibawa bawa atau diajak sosialisasi.

“O. Iya, pada dasarnya begini ya. Masyarakat terdampak yang paling dekat dengan perumahan itu sebenarnya tidak tahu menahu tentang, awalnya itu tidak dibawa sosialisasi dan izin masyarakat yang sangat dekat dengan perumahan,” ujar Ikhwan pada sejumlah wartawan. Selasa, 1 September 2021.

Setelah itu sebut dia, terjadi beberapa kali musyawarah. Namun, pihaknya meminta pengembang perumahan untuk dapat meminimalisir dampak dari adanya perumahan terhadap masyarakat. “(Setelah itu) Terjadilah perjanjian, enam bulan pembuatan benteng. Ternyata saya cek disini tuh, ternyata belum. Belum dibangun. Bahkan beckhoe juga diperintahkan oleh masyarakat untuk membuat selokan ke sini.”

“Dilimit waktu seseuai perjanjian kami memasang spanduk, masyarakat di sini. (Tapi) malam berikutnya spanduk ada yang mencabut, masyarakat di sini belum apa-apa. Sudah digali sudah, tapi materialnya belum banyak,” imbuhnya.

Baca Juga  Longsor, Putuskan Jalur Cipeundeuy-Cimanintin

Pihak pengembang beralasan belum dibangunnya permintaan warga itu, karena lebih memprioritaskan lokasi yang lain. Pihak pengembang dikatakan Ikhwan menyebut lokasi tersebut kurang urgen.

“Kami tersinggung disebut kurang urgen, di sini masyarakat kan banyak. Jadi (kami minta) kepada semua pihak, saya sebagai ketua RW tidak menghambat pembangunan ini, tapi yang penting dampak terhadap lingkungan masyarakat Perum Citramas diminimalisir. Sekarang, debu, belum kemarin backhoe. Beckhoe juga tadinya sampai malam-malam setelah ada protes baru di setop sampai jam 17 atau maghrib, dulunya terus-terusan,” ungkapnya.

Menurut Ketua RW, setelah adanya longsor di Kecamatan Cimanggung beberapa waktu lalu masyarakat Perum Citramas seolah khawatir kejadian tersebut menimpa mereka. “Karena ini, ketinggiannya lumayan. Kalau diukur 50 meter lebih, jurang ini. Dapat dibayangkan kalau kayunya sudah ditebang, kami risau,” tandasnya.

Ketua RW 10, Ikhwan Nurdin saat menyampaikan aspirasi.

Ketua RW 10, Ikhwan Nurdin saat menyampaikan aspirasi.

Menanggapi adanya keluhan dari warga, Huliman Abdul Gofur, selaku Manager Legal PT. MPP (Mitra Perkasa Propertindo)  menyebutkan pihaknya menyambut baik adanya aspirasi dari masyarakat. Aspirasi tersebut nantinya akan menjadi bahan pertimbangan pihak pengembang.

Baca Juga  Bupati Sumedang dan Asprumnas Kerjasama Program Bumi Simpati

“Ini kan hasilnya, dalam rangka win-win solution. Kami juga mengakomodir terkait dengan apa yang menjadi aspirasi dan masukan-masukan dari warga. Itu akan menjadi bahan pertimbangan bagi kami, dan kemudian terkait dengan persoalan-persoalan yang lainnya. Itu, kita akan adakan pembicaraan lebih lanjut,” ujar Huliman.

Adapun point-point yang dipermasalahkan oleh warga disebutkan Huliman, seseuai dengan surat kesepakatan. “Point-poinnya sesuai dengan yang tercantum di dalam kesepakatan itu, terkait dengan saluran, sedang proses kita buat. Kemudian tembok penahan tanah, ini juga sedang kita buat. Jadi semuanya. Kalau warga bagus aspirasinya, bahwa ini untuk keamanan, dan itu sedang kita lakukan,” imbuhnya.

Terkait dengan adanya aspirasi dari masyarakat terhadap pengembang Perum MPP, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Titus menyebutkan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk Dishub, Tata Ruang dan Lingkungan Hidup.

“Semuanya sudah clear kan dari mulai perizinan dan sebagainya, hari ini sudah disepakati. Alhamdulillah keinginan warga sudah mau diakomodir, mudah-mudahan ini menjadi solusi masyarakat Perum Citramas,” pungkas dia. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 90 kali

Baca Lainnya

Truk Hilang Kendali Seruduk Kendaraan Lain di Kawasan Cimanggung

24 Januari 2022 - 22:43 WIB

Tabrakan beruntun terjadi di jalur Bandung-Garut tepatnya di kawasan Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang Jawa barat, sekira pukul 19.30. Senin, 24 Januari 2021.

Besok, Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Dibuka

24 Januari 2022 - 22:32 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan, Senin (24/1/022).

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.
Trending di SUMEDANG