SUMEDANG

Asosiasi Arsiparis Cabang Sumedang Sambut Baik Peralihan Arsip Konvensional ke Digital

Penulis: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan
Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Asosiasi Arsiparis Indonesia ( AAI ) Cabang Kabupaten Sumedang Periode 2021- 2024. Bertempat di Gedung Negara Sumedang.
Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Asosiasi Arsiparis Indonesia ( AAI ) Cabang Kabupaten Sumedang Periode 2021- 2024. Bertempat di Gedung Negara Sumedang. | FOTO: Iwan Rahmat/SO

SUMEDANGONLINE, Gedung Negara: Asosiasi Arsiparis Indonesia (AAI) Cabang Kabupaten Sumedang resmi terbentuk. Pengukuhan dan pelantikannya pengurus periode 2021- 2024 dilaksanakan di Gedung Negara Kabupaten Sumedang.

Kegiatan tersebut dihadiri dan disaksikan oleh Asisten Pemerintahan Setda kabupaten Sumedang, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang sekaligus penyerahan cinderamata mata.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ketua Asosiasi Arsiparis Indonesia Provinsi Jawa Barat Febriadi Ismail mengatakan, hal ini merupakan progres yang baik ketika pihaknya memiliki asosiasi yang diperkuat dengan SK dari Kemenkumham.

“Ada empat konsekuensi, yakni satu pengelola yang dinamis, subtatis, pembinaan dan pengelohan arsif dan informasi fimana semuanya harus berupaya dari konvensional jadi digital,” ungkap Febriadi Ismail dalam keterangannya.

Baca Juga  Kapolres Sumedang Cek Lagi Kesiapan Pos Penyekatan Ops Ketupat Lodaya 2021

Meski demikian sebut dia, meski adanya peralihan arsip dari konvensional ke digital, namun bukan berarti menghilangkan prinsip yang utama karena arsip itu sebagai alat bukti.

“Jangan sampai arsip yang beralih fungsi ke digital malah tidak bisa digunakan sebagai alat bukti, ini prinsip yang harus dijadikan pegangan. Untuk agenda Nasional harus kita sukseskan yakni “Srikandi” sistem kearsipan dinamis dan terintegrasi, yang diukur dan dikendalikan dari Jakarta”.

Baca Juga  BNNK Sumedang Berhasil Bekuk Pengedar Sabu

“Mudah mudahan apa yang diinginkan pada tahun 2022 Sumedang melesat, melesat juga kearsipannya walaupun kita masih kurang dibeberapa sarana namun jangan berkecil hati semoga ada titik terang,” imbuhnya.

Ketua Asosiasi Arsiparis Indonesia Cabang Sumedang Cecep Sunarya, setelah pelaksanaan pelantikan ini pihaknya akan bergerak untuk meningkat pengelolaan arsip di Kabupaten Sumedang, dengan berkoordinasi langsung dengan pengurus Arsiparis wilayah propinsi Jawa Barat.

“Dan kita akan turun langsung kelapangan lakukan pembinaan dan pendampingan,” tandasnya.

Baca Juga  Dua Petani Wafat Tersambar Petir Saat Berteduh di Sawah di Ujungjaya Sumedang

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Sumedang  H. Dony Ahmad Munir yang disampaikan melalui Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Sumedang H. Iwa Kuswaeri mengatakan, atasnama Pemkab Sumedang pihaknya mengucapakan selamat bagi semua pengurus yang telah dilantik.

“Pengukuhan dan pelantikan memberikan legalitas bagi para pengurus Asosiasi kearsipan Indonesia cabang Sumedang.  Arsiparis adalah seorang yang memiliki kompetensi dbidang kearsipan melalui pendidikan formal. Saya berharap kedepannya setiap SKPD menyediakan petugas Arsiparis guna mengarsipkan setiap dokumen masing-masing. Untuk menyelamatkan dokumen untuk dipertanggungjawabkan,” pungkas dia. ***

Tinggalkan Balasan