BISNIS

40 Tahun Tak Beroperasi, PT KAI Hari Ini Ujicoba Kereta Api Trip Garut-Cibatu Gratis

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi
Stasiun Kereta Api Cibatu, Kabupaten Garut. [Istimewa via garutkab.go.id]
Stasiun Kereta Api Cibatu, Kabupaten Garut. [Istimewa via garutkab.go.id] | FOTO: Stasiun Kereta Api Cibatu, Kabupaten Garut. [Istimewa via garutkab.go.id]

SUMEDANG ONLINE – PT. Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan layanan gratis untuk trip Garut-Cibatu, dalam ujicoba kedua reaktivasi Kereta Api di Garut.

Sebelumnya pada 20 Februari 2022, PT KAI telah melakukan ujicoba serupa dengan trip Garut-Pasar Senen.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

“Untuk ujicoba Kereta Api lintas Garut-Cibatu ini nantinya akan ada dua trip di Stasiun Garut, yakni pukul 09.00 WIB dan pukul 11.35 WIB,” ujar Kuswardoyo selaku Manajer Humas PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 2 Bandung dalam keterangannya.

Baca Juga  Vivo Resmi Luncurkan V9 ke Pasar Indonesia

Dikatakan dia, ujicoba gratis ini merupakan inisiasi dan permintaan dari Pemerintah Kabupaten Garut, dan kemudian diakomodir oleh pihak PT. KAI setelah dilakukan perhitungan atas beberapa hal teknis yang ada.

Sehingga diputuskan KAI akan mengoperasikan perjalanan KA uji coba pada Kamis, 24 Februari 2022.

“Kebijakan uji coba bagi warga masyarakat melalui undangan terbatas ini kami ambil terkait dengan adanya pembatasan penumpang pada masa pandemi dan menghindari terjadinya penyebaran covid 19,” ujarnya.

Baca Juga  Ekspor Mangga Gedong Gincu Sumedang Terganggu Korona

Kuswardoyo menyebutkan, perjalanan ujicoba gratis ini akan menggunakan rangkaian yang terdiri dari 7 K3 dan 1KMP3 yang nantinya akan digunakan untuk melayani perjalanan dari Garut ke PasarSenen PP.

“Perjalanan KA dari Garut-Cibatu (Pulang Pergi) ini adalah perjalanan ujicoba bukan launching pengoperasian KA, dimana pada Minggu ini akan dilaksanakan pada hari Kamis (24/2). Perjalanan uji coba selanjutnya akan kami informasikan setelah ada evaluasi terkait perjalanan uji coba esok hari.” kata Kuswardoyo.

Baca Juga  Karirpad, Job Portal Karya Anak Bangsa yang Mengurangi Angka Pengangguran di Indonesia

Pada masa uji coba tersebut, lanjut Kuswardoyo, para penumpang tetap diharuskan menyertakan bukti vaksin minimal dosis pertama bagi penumpang yang berusia di atas 12 tahun. Namun, syarat vaksin tersebut tidak berlaku bagi anak-anak di bawah 12 tahun.

Ia mengatakan, untuk pengoperasian lintas Garut-Cibatu secara resmi, pihaknya sampai saat ini masih menunggu izin operasi yang masih terus berproses. ***

Tinggalkan Balasan