Pilihan Redaksi, WISATA

Kemana Libur Akhir Pekan, Balong Geulis Bisa Jadi Pilihan

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi
Balong Geulis terletak Kampung Cibubut, Desa Jayamekar, Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. FOTO:DOK Balong Geulis/FB@dadang.romansah.9
Balong Geulis terletak Kampung Cibubut, Desa Jayamekar, Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. FOTO:DOK Balong Geulis/[email protected] | FOTO: Balong Geulis terletak Kampung Cibubut, Desa Jayamekar, Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. FOTO:DOK Balong Geulis/[email protected]

SUMEDANG ONLINE – Ingin liburan dengan suasana alam yang masih asri.

Balong Geulis terletak Kampung Cibubut, Desa Jayamekar, Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat bisa menjadi pilihan anda.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Untuk sampai ke lokasi ini ada dua alternatif jalan. Alternatif pertama melalui Jalan Kabupaten yang menghubungkan Kecamatan Darmaraja dan Cibugel, dari pusat Kota Kabupaten Sumedang ke Balong Geulis berjarak 44.9 Kilometer atau waktu tempuh 1 jam 42 menit.

Alternatif kedua, jarak tempuh terbilang singkat lebih kurang 26 kilometer dari pusat Kota Sumedang, jika melalui jalan kabupaten yang menghubungkan Kecamatan Sumedang Selatan dengan Kecamatan Cibugel. Dengan waktu tempuh menurut google map lebih kurang 1 jam 21 menit. Waktu tempuh lebih lama karena medan jalannya ada yang masih kurang baik.

Baca Juga  Antisipasi Gelombang Kedua COVID-19 di Jabar

Selama pemberlakukan PPKM Level-3 di Kabupaten Sumedang, tidak ada penutupan lokasi wisata. Pemerintah hanya membatasi jumlah pengunjung hingga 50 persen dari kapasitas yang ada.

“Kegiatan pada fasilitas umum yaitu area publik, taman umum, tempat wisata umum, atau area publik lainnya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 huruf o buka dengan kapasitas maksimal 50% (lima puluh persen)” demikian bunyi Pasal 18 pada Peraturan Bupati Sumedang Nomor 78 Tahun 2022 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 Corona Virus Disease 2019.

Baca Juga  Paguyuban Masyarakat Sukaratu Ingin Kembangkan Kapunduhan-Batununggul Jadi Destinasi Wisata Baru

Balong Geulis terus melakukan inovasi dan penambahan fasilitas untuk memanjakan pengunjungnya. Saahsatunya mereka akan menghadirkan flying fox dan high hammock.

“Wahana baru segera ada di Balong Geulis yaitu flying fox dan high hammock,” ujar pengelola Balong Geulis, Dadang Romansyah.

Dengan kodisi itu sebut dia, Balong Geulis bisa dikatakan menjadi salahsatu lokasi pavorit kelas permium dengan harga memasyarakat.

Balong Geulis tidak kalah dengan sejumlah tempat wisata yang ada di Kabupaten Sumedang lainnya, bahkan di Cibugel bisa dibilang wisata kelas premium,” imbuhnya.

Baca Juga  Rp 33 Miliar Dialokasikan untuk Pembangunan Kantor DPRD Sumedang dan Inspektorat

Keberadaan Balong Geulis menjadi magnet tersendiri tak hanya bagi pengunjung, masyarakat di sekitar pun kecipratan cuan. Terutama mereka yang membudidayakan kesemek.

Kesemek sejenis buah-buahan dari marga Diospyros. Tanaman ini dikenal pula dengan sebutan buah kaki, atau dalam bahasa Inggris dinamai Oriental persimmon. Nama ilmiahnya adalah Diospyros kaki. Dan buah Kesemek di Kecamatan Cibugel terbilang banyak.

“Buah kesemek sekarang bisa laku dijual ke pengujung,” ujar Dadang.

“Ketika banyak potensi yang bisa dikembangkan bisa diintegrasikan oleh semua pihak. Jadi kalau wisata berkembang dampaknya akan dirasakan masyarakat Cibugel itu sendiri,” pungkas dia. ***

Tinggalkan Balasan