SUMEDANG

PMI Sumedang Targetkan 12 Ribu Kantong Darah dalam Setahun

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi
Kegiatan donor darah yang dilakukan PMI Kabupaten Sumedang. FOTO: File PMI Sumedang/Instagram@pmisumedang
Kegiatan donor darah yang dilakukan PMI Kabupaten Sumedang. FOTO: File PMI Sumedang/[email protected] | FOTO: Kegiatan donor darah yang dilakukan PMI Kabupaten Sumedang. FOTO: File PMI Sumedang/[email protected]

SUMEDANG ONLINE, Gedung Negara: Kepala PMI Kabupaten Sumedang, Agus Rasjidi menyebutkan PMI Kabupaten Sumedang menargetkan 12 ribu kantong darah dalam setahun.

Hal itu sebut dia untuk memenuhi kebutuhan darah di tiga rumah sakit yang ada di Sumedang yakni RSUD, RSU Pakuwon, dan RS Harapan Keluarga.

“Upaya yang kami lakukan selain di UDD (Unit Donor Darah), juga melalui mobile unit, ke lembaga, dinas, dan perusahaan yang selama ini menggelar donor darah massal rutin,” ujar Agus Rasjidi saat Pelantikan Pengurus PMI Kecamatan se Kabupaten Sumedang di Gedung Negara. Rabu, 16 Februari 2022.

Baca Juga  Siaga Musim Penghujan, BBWS Cimanuk-Cisanggarung Siapkan Tim Siaga Bencana di Jatigede

Dikatakan dia, saat ini sekitar 7 ribu orang telah terdaftar sebagai pendonor darah reguler. Mereka mendonorkan darahnya setiap dua hingga tiga bulan sekali.

“Jadi yang rutin itu masih kurang, sehingga kami melakukan secara mobile unit untuk memenuhi kekurangannya. Mereka ini sangat membantu sekali,” ujarnya.

Agus menuturkan, kurangnya stok darah terjadi sejak pandemi. Ia menggambarkan, pada awal pandemi pihaknya hanya bisa menghimpun sekitar 6.000 kantong darah. Sementara, pada 2021 PMI Sumedang mengumpulkan sekitar 9.800 kantong darah.

Baca Juga  IPSI Sumedang yang Baru Target Tambahan Emas di Porda 2022

“Kami sangat merasakan dampak pandemi covid. Tapi mudah-mudahan mengawali tahun ini bisa sesuai target 12.000 kantong,” katanya. ***

Tinggalkan Balasan