BISNIS, Pilihan Redaksi

Wabup Sumedang Inginkan Setiap Rest Area di Jalan Tol Cisumdawu Ada Kedai Kopi Sumedang

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi
Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan. [FOTO:Instagram@erwansetiawan54]
Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan. [FOTO:[email protected]] | FOTO: Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan. [FOTO:[email protected]]

SUMEDANG ONLINE – Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan, mengharapkan di setiap rest area Tol Cisumdawu harus ada spot untuk kedai Kopi Asli Sumedang.

“Bukan kopi-kopi produk luar yang belum tentu bermanfaat bagi masyarakat Sumedang sendiri,” ujar Wakil Bupati Sumedang saat menjadi pembicara Talkshow Perkembangan Kopi di Sawala Space & Cafe.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Saat ini sebut dia, memang terjadi pertumbuhan yang pesat dari usaha kopi, namun dia mengingatkan maraknya usaha kopi bukan hanya sekadar tren belaka.

Baca Juga  Kodim 0610/Sumedang Gelar Sunatan Keliling

Erwan menginginkan agar usaha kopi tersebut benar-benar menjadi mata pencaharian atau profesi kawula muda yang akan terus melegenda.

“Fenomena bertumbuhkembangnya usaha Kopi di Sumedang ini jangan hanya sesaat saja. Jangan hanya musiman, nanti hilang, tetapi haus menjadi sebuah mata mencaharian yang dilakukan profesional, karena kalau namanya profesi maka akan terus terjaga usaha ini,” tandasnya.

Sebagai bentuk kepedulian dan turut serta mempertahankan para pengusaha kopi yang ada di Kabupaten Sumedang. 7 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kopi Sumedang.

Baca Juga  Lagi, Pendaftaran Calon Direksi PDAM Tirta Medal Sumedang Diperpanjang

“Salah satu bentuk kepedulian kami dan sambutan untuk para penggiat Kopi di Kabupaten Sumedang, kita menggelar berbagai kegiatan seperti Festival Kopi Sumedang sekaligus dalam rangka memperingati Hari Kopi Sumedang,” imbuhnya.

Diakui Wakil Bupati Sumedang, saat ini animo masyarakat terhadap kopi terbilang tinggi.

Selain itu sebagai bentuk sokongan pada para pengusaha kopi, Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui SKPD yang membidanginya telah memiliki program pembinaan dan pelatihan kepada para petani Kopi mulai dari budi daya Kopi sampai ke perawatan dan proses pasca panen sehingga para petani bisa betul-betul menghasilkan Kopi terbaik di Sumedang.

Baca Juga  Warga Cacaban keukeuh tolak jalan tol melintas pemukiman

“Pemkab juga memberikan bantuan berupa peralatan paska panen seperti alat roasting Kopi yang diberikan kepada beberapa UMKM Kopi. Kita juga berikan fasilitas permodalan KUR,” jelasnya.

Wakil Bupati Sumedang juga berharap ke depannya kopi menjadi andalan Kabupaten Sumedang dimana hampir di setiap kecamatan di Sumedang bisa menghasilkan kopi. ***

Tinggalkan Balasan