OLAHRAGA

Olahraga Tradisional dan Kreasi Budaya Digelar di Sumedang, Susi Berharap Tingkatkan Kunjungan Wisata

Penulis: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan
Festival Olahraga Rekreasi Provinsi Jawa Barat (Forprov) IV Tahun 2022
Festival Olahraga Rekreasi Provinsi Jawa Barat (Forprov) IV Tahun 2022 | FOTO: Dok. Istimewa

SUMEDANG ONLINE – Kabupaten Sumedang mendapat kepercayaan jadi tuan rumah pelaksanaan Festival Olahraga Rekreasi Provinsi Jawa Barat (Forprov) IV Tahun 2022 untuk kategori rumpun Olahraga Tradisional dan Kreasi Budaya (OTKB).

Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Kabupaten Sumedang, Susi Gantini kegiatan tersebut akan berlangsung mulai 10–12 Juni 2022.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Untuk Forprov IV dibuka pada 14 Mei 2022 di Kota Sukabumi dan mempertandingkan 41 induk olahraga dari tiga rumpun yakni Olahraga Kesehatan dan Kebugaran (OKK), Olahraga Petualangan dan Tantangan (OPT) dan Olahraga Tradisional dan Kreasi Budaya (OTKB).

Dikatakan Susi, sebagai salahsatu tuan rumah Forprov IV merupakan tantangan tersendiri bagi pengurus Kormi Kabupaten Sumedang yang baru dilantik Bupati Sumedang beberapa bulan kemarin.

Baca Juga  PSSI Umumkan 20 Agustus Kick-OFF Liga 1 2021-2022

“Sumedang pada 2022 ini diberi kepercayaan untuk menjadi tuan rumah Forprov Jabar ke-4 dengan rumpun OTKB. Ini merupakan ‘chalenge’ bagi kami selaku pengurus Kormi yang baru dilantik,” ujar Susi Gantini dalam keterangannya. Senin (6/6/2022).

Untuk hari pertama OTKB pada 10 Juni 2022, akan ada Welcome Party dan Gala Dinner.

Kegiatan yang akan dipusatkan di Gedung Negara itu, diperuntukkan untuk menyambut para atlet dan ofisial.

Sedangkan pertandingan akan dimulai pada 11 Juni 2022.

Baca Juga  Pemuda Harus Bergerak Atasi Darurat Sampah

“Pada 11 Juni 2022 berlangsung pertandingan egrang, tarumpah panjang, sumpitan dan panahan di IPP. Adapun seni tarung tradisional di GOR H Dadan Hendarsyah, kungfu tradisional di GOR Tadjimalela dan layangan di lapang Pacuan Kuda Tanjungsari,” katanya.

Sementara untuk tanggal 12 Juni 2022, akan dipertandingkan olahraga tradisional, karate tradisinal, kempo dan layangan.

“Olahraga tradisionalnya hadang, lari balok dan katapel di IPP, karate tradisional GOR Dadan Herndarsyah, kempo di GOR Tadjimalela dan layangan masih di lapang Pacuan Kuda Tanjungsari,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu Susi mengajak seluruh warga Sumedang untuk menjadi tuan rumah yang baik dalam penyelenggaraan event tersebut.

Baca Juga  [Full Time LIGA 3] Perses Sumedang Dipermalukan Persikab Bandung 4-1

“Saya mengajak untuk bersama-sama mendukung dan menyukseskan event ini. Tunjukkan Sumedang ‘someah hade ka semah’,” katanya.

Dia juga berharap agar dengan kegiatan tersebut, masyarakat menjadi giat berolahraga dan olahraga menjadi lifestyle dan kebutuhan masyarakat.

“Dengan digelarnya Forprov ini, diharapkan dapat menjalin silaturahmi diantara masyarakat Kabupaten Sumedang khususnya dan masyarakat Jawa Barat umumnya,” ujarnya.

Ia juga mengharapkan Sumedang lebih dikenal lagi dengan menjadi tuan rumah sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Sumedang.

“Kita harapkan dapat menaikkan pariwisata di Kabupaten Sumedang dan Sumedang lebih dikenal lagi,” ujarnya.***

Source: SUMEDANG ONLINE

Tinggalkan Balasan