Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir melakukan pertemuan dengan PT Waskita Karya Infrastruktur (WKI) sebagai anak usaha PT Waskita Karya di Ruang Utama Bupati Lantai 2 Setda. Rabu (14/9/2022).

Ist. Via Humas Setda Sumedang/SUMEDANG ONLINE

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir melakukan pertemuan dengan PT Waskita Karya Infrastruktur (WKI) sebagai anak usaha PT Waskita Karya di Ruang Utama Bupati Lantai 2 Setda. Rabu (14/9/2022).

PT Waskita Karya Infrastruktur Akan Bangun PLTA di Sungai Cimanuk Wado

SUMEDANG ONLINE – Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir melakukan pertemuan dengan PT Waskita Karya Infrastruktur (WKI) sebagai anak usaha PT Waskita Karya.

Dalam pembahasannya, perusahaan yang bergerak dalam bidang infrastuktur dan energi itu berencana membangun PLTA di Sungai Cimanuk di Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang.

PT WKI rencananya akan melakukan investasi dan mengoperasikan infrastruktur serta fasilitas pada sektor utama seperti pembangkit listrik, minyak dan gas, pertambangan, properti, transportasi dan sektor utilitas.

“PLTA Wado dibangun dengan tujuan bisnis dan sosial sehingga diharapkan bisa memberikan manfaat bagi perusahaan maupun masyarakat sekitar,” ujar Direktur Utama PT. WKI selaku Owner Project PLTA Wado Oktarina Kartifa Ayu beserta jajaran saat beraudiensi dengan Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir di Ruang Utama Bupati Lantai 2 Setda. Rabu (14/9/2022).

Oktarina menambahkan, dengan kata lain untuk mendapatkan keuntungan baik dari jangka pendek pembangunan maupun jangka panjang investasi, sekaligus membantu mengembangkan potensi usaha masyarakat sekitar.

“Dengan peningkatan usaha dan perekonomian masyarakat sekitar, maka diharapkan bisa terjadi juga peningkatan kualitas hidup, pendidikan, kesehatan dan juga kegiatan beragama,” ujarnya.

Zenni Muryaman dari BUMD PT Kampung Makmur menyebutkan PT WKI menggandeng PT Kampung Makmur dalam pembangunan dan pengelolaan PLTA Wado.

“Saya harap adanya dukungan dari pemerintah Kabupaten Sumedang untuk pembangunan PLT Wado khususnya terkait pembebasan lahan dengan desa,” katanya.

Sementara Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyatakan komitmennya untuk menyupport pembangunan PLTA Wado termasuk terkait proses pembesan masalah lahan.

“Dalam pembangunan PLTA Wado saya minta difasilitasi juga adanya saluran irigasi untuk petani,” katanya.

Bupati juga meminta agar pada pembangunan dan pasca kontruksi PLTA Wado bisa memberdayakan SDM dari Kabupaten Sumedang.

“Saya harap dengan membangun PLTA Wado, bisa memberikan manfaat bagi perusahaan maupun masyarakat sekitar bahkan warga Sumedang,” katanya. ***