Disparbud Akan Usulkan 6 Objek Diduga Cagar Budaya di Kabupaten Sumedang

Pembahasan 6 Objek DIduga Cagar Budaya di Kabupaten Sumedang
Pembahasan 6 Objek DIduga Cagar Budaya di Kabupaten Sumedang

 

SUMEDANGONLINE – Kepala Bidang Budaya Dispudparpora Kabupaten Sumedang Moh Budi Akbar menyebutkan saat ini pihaknya akan mengusulkan sebanyak 6 objek diduga cagar budaya yang ada di Kabupaten Sumedang untuk diusulkan menjadi warisan budaya tingkat Kabupaten Sumedang.

“Hari ini kita mengundang dari kecamatan, kepala desa dan juru kunci yang akan ditetapkan menjadi warisan budaya tingkat kabupaten. Usulan untuk tahun ini ada enam objek diduga cagar budaya yang diusulkan,” ujar Budi Akbar. Jumat, 18 November 2022

Baca Juga  Kadis Diskopukmpp Sumedang Sebut Kendala Distribusi Sebabkan Keterlambatan Pasokan Migor

Ke-6 objek diduga cagar budaya itu disebutkan Budi terletak di tiga kecamatan yakni Desa Jembarwangi dan Darmawangi di Kecamatan Tomo, Desa Sukawening dan Desa Ganeas di Kecamatan Ganeas dan Desa Kadu dan Mekar Mulya di Kecamatan Situraja.

Untuk memuluskan proses tersebut pihaknya akan menurunkan tim ahli cagar budaya dan arkeolog, sejarawan.

“Nanti insyallah mulai Senin selama 1 minggu kita sudah mengundang tim ahli cagar budaya sebanyak 5 orang terdiri dari arkeolog sejarawan. Kelima tim ahli ini akan mengkaji objek yang diduga cagar budaya ini, sehingga nantinya setelah dikaji menghasilkan rekomendasi sebagai dasar untuk ditetapkan ke pa Bupati untuk ditetapkan menjadi warisan budaya tingkat kabupaten,” jelas dia.

Baca Juga  Personel Gabungan di Conggeang Kembali Gelar Ops Yustisi Prokes Covid-19

Menurut Budi, dampak dari penetapan warisan budaya tersebut nantinya diharapkan dapat bermanfaat untuk ilmu pengetahuan, selain kedepannya dapat berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat terutama di sektor pariwisata.

“Ke depan ditetapkannya ini mudah-mudahan objek diduga cagar budaya ini menjadi warisan budaya tingkat kabupaten sehingga menjadi salahsatu magnet untuk menarik orang untuk datang ke Sumedang sehingga menjadi objek wisata sejarah di Kabupaten Sumedang,” imbuhnya.

Untuk tahun ini lanjut Budi, pihaknya baru mengusulkan 6 objek diduga cagar budaya, dan pada tahun 2023 dia berharap objek lainnya pun dapat dilakukan hal serupa. Apalagi di Sumedang terdapat ratusan situs, kawasan atau pun benda yang kaya akan warisan budaya.

Baca Juga  Belum Ada Solusi, Pilkades Wil. Genangan

Sementara itu Kepala Desa Jembarwangi, Fitriani Dewi menyebutkan pada Tahun 2004 tim peneliti dari Jerman melakukan penitian di wilayahnya, dan pada saat itu ditemukan fosil berupa rahang purba yang kemudian di hasil eksapasi diketahui jika itu fosil kura-kura purba.

“Informasi terakhir rahang tersebut ada di ITB. Hasil ekspasi itu fosil kura-kura, sekarang sedang di rekontruksi,” pungkas dia. ***

Tinggalkan Balasan