Harapkan Pemilu Berkualitas, Bawaslu Sumedang: Minta Semua Pihak Kawal Proses Tahapannya

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumedang menggelar Sosialisasi dan Implementasi Peraturan Bawaslu dan Produk non-Hukum Peraturan Bawaslu, di Saphire Park City Sumedang. Selasa, 15 November 2022.
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumedang menggelar Sosialisasi dan Implementasi Peraturan Bawaslu dan Produk non-Hukum Peraturan Bawaslu, di Saphire Park City Sumedang. Selasa, 15 November 2022.

SUMEDANGONLINE – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumedang menggelar Sosialisasi dan Implementasi Peraturan Bawaslu dan Produk non-Hukum Peraturan Bawaslu, di Saphire Park City Sumedang. Selasa, 15 November 2022.

Yusuf Kurnia selaku Koordinator Divisi Hukum Bawaslu Provinsi Jawa Barat menyebutkan salahsatu poin penting dari kegiatan tersebut yakni melakukan sosialisasi regulasi untuk dapat memberikan pemahaman kepada public berkaitan dengan regulasi pemilu.

Baca Juga  Selama Penerapan PPKM Darurat, Tempat Wisata di Sumedang Ditutup Sementara

“Di satu regulasi Pemilu belum berubah tapi kita punya pemahaman cukup baik atas Perbawaslu sebagai kerja pengawasan maupun penegakkan hukum. Salahsatu point pentingnya di era digital, teknologi kita gunakan untuk kepentingan tegaknya keadilan pemilu. Maka di Perbawaslu 7/22 kami meluncurkan aplikasi Sigap Lapor, itu memberikan kemudahan bagi public berkontribusi atau sebagai pelapor dalam penegakkan hukum,” ujar Yusuf.

Baca Juga  Seleksi Calon Kades di Sumedang Berakhir Pukul 9 Malam

Hal senada disampaikan Luli Rusly selaku Divisi PPencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kabupaten Sumedang, dia mengharapkan dari adanya kegiatan tersebut semua elemen untuk bersama-sama mengawal proses jalannya tahapan politik.

“Ketika hari ini kita ada proses registrasi keanggotaan partai politik dan masa perbaikan. Tapi kan ada lima parpol melakukan sengketa proses di bawaslu RI, maka kemudian ada parpol yang ada hari ini yang melakukan perbaikan verifikasi kepengurusan di Tingkat Kabupaten Sumedang. Juga di tanggal berikutnya kita lagi proses perbaikan verifikasi faktual keanggotaan ada yang PNS dan TMS, jadi proses itu harus dikawal oleh semua stake holder yang ada di Kabupaten Sumedang. Agar pemilu berkualitas,” tandasnya. ***

Tinggalkan Balasan