Adanya Geo Theater Rancakalong, Para Petani Ketiban Rezeki

Perkebunan di sekitar Geo Theater Rancakalong Sumedang.
Perkebunan di sekitar Geo Theater Rancakalong Sumedang.

SUMEDANGONLINE – Tak hanya pelaku seni yang kecipratan rezeki dari adanya Geo Theater di Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang, tapi juga para petani.

Adanya para pengunjung yang datang ke Geo Theater dimanfaatkan para petani setempat untuk menjual komoditas hasil kebun mereka.

Geo Teater Rancakalong sendiri berada di Bukit Soka, Pasir Malang Desa Sukamaju Kecamatan Rancakalong, dan dikelilingi lahan yang ditanami palawija. Lahan disekitarnya digarap petani dari tiga desa, yakni Desa Sukamaju, Sukahayu dan Pamekaran.

Baca Juga  Naik Singa Depok Desa Tarunajaya, Wabup Erwan Inginkan Kaulinan Barudak Jadi Event Olimpiade

Anggota Kelompok Tani Muara Sugih Desa Sukamaju, Kandi alias Bewok menggambarkan dirinya sangat merasakan dampak adanya Geo Teater. Sejak adanya Geo Teater dirinya mengalami peningkatan pendapatan.

“Adanya Geo Teater ini meningkatkan pendapatan petani. Kami bisa menjual langsung hasil tani ke pengunjung, jadi tidak ke tengkulak atau ke pasar,” kata Kandi. Selasa 10 Januari 2023.

Dikatakan dia, pengunjung sangat antusias membeli buah dan sayuran di sana, dengan memetik langsung dari kebunnya. Sebab, masyarakat akan mendapatkan sayuran dan buah yang masih segar, dan tentunya harga yang lebih murah dibanding dipasaran.

Baca Juga  Saban Bulan Polsek Rancakalong Gelar Apel Kesadaran Nasional

“Kemarin juga kewalahan banyak yang beli, saya tomat 50 kilo habis. Harganya juga bersaing jadi Rp 10.000, kalau ke bandar Rp 2.000,” tuturnya.

Petani lainnya, Kokon menambahkan, komoditas yang ditanami di sekitar Geo Teater Rancakalong diantaranya cabai, tomat, dan terong. Menurutnya, sudah seharusnya para petani juga merasakan dampak adanya pusat kegiatan masyarakat seperti Geo Teater Rancakalong.

Baca Juga  Gerharana Bulan, Gubernur Jabar Sebut Sebagai Media Pembelajaran

“Ya kami senang hasil taninya jadi lebih mudah dijual, bahkan masyarakat yang datang langsung ke sini. Jadi pengunjung memetik langsung, milih sendiri, ditimbang dan dibayar di sini,” katanya.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, Geo Teater Rancakalong yang menjadi destinasi wisata unggulan harus berdampak bagi kesejahteraan masyarakat, termasuk para petani. ***

REPORTER
: IWAN RAHMAT
EDITOR
: Fitriyani Gunawan
CREDIT FOTO
: sumedangkab
TERBIT
:

Tinggalkan Balasan