Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 10 Feb 2023 10:54 WIB

Dirut CKJT: Akan Bantu Bangun Tempat Wisata dan UMKM di Sumedang

Reporter: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan


 Direktur Utama PT. Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Jusuf Hamka saat menemui Bupati SumedangDony Ahmad Munir di ruang kerjanya di Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS). Kamis, (9/2/2022). Perbesar

SUMEDANGKAB/SUMEDANG ONLINE
Direktur Utama PT. Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Jusuf Hamka saat menemui Bupati SumedangDony Ahmad Munir di ruang kerjanya di Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS). Kamis, (9/2/2022).

SUMEDANGONLINE – Direktur Utama PT. Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Jusuf Hamka berkomitmen akan membantu Sumedang mengembangkan sektor UMKM dan wisata.

Hal ini menurut dia, sebagai salahsattu upaya untuk meminimalisir dampak sosial pembangunan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu).

“Kami punya komitmen yang sama. Tadi bupati mengatakan kita harus membangun, saya akan melengkapi. Bukan hanya membangun, tetapi kita buat Sumedang menjadi ikon. Meski  Kabupaten, tapi menjadi ikon Nusantara,”ujar Jusuf Hamka saat menemui Bupati SumedangDony Ahmad Munir di ruang kerjanya di Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS). Kamis, (9/2/2022).

Jusuf Hamka atau yang dikenal juga dengan sebutan Babah Alun mengatakan pihaknya akan membantu membangun beberapa tempat wisata dengan konsep religi dan wisata belanja. Selain itu, pihaknya juga akan berupaya memperhatikan UMKM yang terdampak tol, terutama UMKM yang berada disekitaran Cadas Pangeran.

“UMKM dari Cadas Pangeran kita akan tarik ke dalam rest area. Namun demikian, kita tidak sendiri tapi akan mengajak BUMD untuk bersama-sama menjadi stakeholder di tempat kita,” katanya.

Dikatakan, setelah Seksi 1 sampai 3 selesai dan seksi 4 sampai 6 progresnya terus berjalan, selama ada dukungan dari bupati, Pemda dan masyarakat, pihaknya akan membangun.

“Pokoknya di mana saja diminta oleh bupati atau pemerintah, kita akan bangun untuk menghubungkan desa ke desa. Selain ini bidang usaha kita, dalam agama saya juga diajarkan barang siapa menyambungkan desa ke desa itu pahalanya luar biasa,”ungkapnya.

Ditanya mengenai target pembangunan tol bisa selesai sampai saat lebaran, Jusuf Hamka mengatakan semuanya bergantung dari kondisi alam atau cuaca karena berpengaruh terhadap proses pengerjaannya.

“Insyaallah bisa selesai, jika cuacanya panas seperti tiga hari ini kita kebut kalau bisa 24 jam. Tapi kalau cuacanya hujan, bukan hanya menguber waktu, tapi yang penting perlu menjaga mutu. Kalau nguber waktu, terus kita korbankan mutu, nanti seperti Purbaleunyi. Utu bahaya,” terangnya.

Lebih lanjut kata Jusuf, kaitan rest area, untuk sementara ada dua berada di kiri dan kanan. Karena menurutnya, jika dibuat terlalu dekat ia takut pasarnya saling berdekatan malah menjadi tidak efektif.

“Jadi lebih baik kita bikin satu, tetapi komplit sehingga menjadi tujuan wisata. Kalau dua nanti mereka bingung. Kalaupun memang diperlukan dua, mungkin kita ambil yang dekat terowongan kembar. Menurut saya itu miniaturnya terowongan Mina,” ujarnya.

Dirambahkan Jusuf, mengenai porsi UMKM yang diberikan di rest area, ia mengatakan akan memberikan porsi 30 – 40 persen tidak sampai 50 persen.

“Sebetulnya kita ingin menengah ke bawah, tetapi kadangkala tidak bisa mengcover biaya. Jadi yang high end ada sedikit supaya bisa mengcover kita punya cost,” katanya. ***

Artikel ini telah dibaca 59 kali

Baca Lainnya

17 Klub Siap Bertanding di Piala Doamu Cup U-45

11 Juli 2024 - 16:34 WIB

Technical Meeting Dony Ahmad Munir Cup di Cafe Si Bungsu Darmaraja, Sumedang. Rabu, 10 Juli 2024.

Pj. Bupati Sumedang Lepas 440 Calon Jamah Haji Gelombang 2

2 Juni 2024 - 15:24 WIB

Pj Sumedang, Yudia Ramli ddampingi Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sumedang melepas sebanyak 440 orang calon jamaah haji asal Kabupaten Sumedang yang tergabung alam gelombang 2 kloter 23 di Halaman Mall Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang. Minggu, 2 Juni 2024.

Pasca Umrah Wajib, Kondisi 135 Jamaah Haji KBIH Annur dalam Kondisi Sehat

31 Mei 2024 - 09:17 WIB

Sebanyak 135 orang jamaah haji kelompok terbang (kloter) 8 dari KBIH Annur baru saja menyelesaikan umrah wajib saat tiba di Makkah Arab Saudi. Jumat, 31 Mei 2024 Waktu Arab Saudi.

Ada 93 Kades di Sumedang Diperpanjang 2 Tahun Lagi

31 Mei 2024 - 01:03 WIB

Ilustrasi

Wakili Sumedang, Desa Mulyasari Sabet Juara 3 Lomba TTG Posyantek Jawa Barat 2024

28 Mei 2024 - 19:52 WIB

Penghargaan diterima Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Pembangunan dan Kerjasama Desa DPMD Sumedang, Prama Prameswara, mewakili jajaran pemerintahan Kabupaten Sumedang dalam acara yang digelar di Cimahi Tecno Park, Selasa 28 Mei 2024.

Kaya akan Prestasi, SMPN 3 Sumedang Mampu Kembangkan Potensi Siswa

27 Mei 2024 - 09:46 WIB

Trending di Pilihan Redaksi