745 Pramuka Penggalang Ikut Lomba Lacak Lembur se Kabupaten Sumedang

Kegiatan yang bertemakan "Kreatif, Inovatif dan Rekreatif" tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sumedang.  Kamis 9 Maret 2023.
Iwan Rahmat/SUMEDANGONLINE
Kegiatan yang bertemakan "Kreatif, Inovatif dan Rekreatif" tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sumedang.  Kamis 9 Maret 2023.

SUMEDANGONLINE – Sebanyak 745 orang dari 149 regu Pramuka Penggalang SD/MI dan SMP/MTs mengikuti Lomba Lacak Lembur (L3) ke 2 se-Kabupaten Sumedang yang diinisiasi Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Buahdua.

Kegiatan yang bertemakan “Kreatif, Inovatif dan Rekreatif” tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sumedang.  Kamis 9 Maret 2023.

Panitia pelaksana Koharudin menyampaikan, L3 yang bertempat di Kampus SMPN 2 Buahdua merupakan yang kedua dilaksanakan setelah 3 tahun vakum dari tahun 2020 sampai 2022 akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga  Sekda: Ulama dan Umaro kudu akur

“Sebelumnya pernah dilaksanakan Tahun 2019, tapi karena pandemi Covid-19, Tahun 2020 sampai 2023 kegiatan ini vakum. Alhamdulillah, pada tahun ini bisa dilaksanakan kembali,” ujarnya.

Koharudin menjelaskan, para peserta terdiri dari tiga golongan, pertama Golongan A adalah peserta SD dan MI sebanyak 63 regu dari Kecamatan Buahdua, Surian, Tanjungkerta dan Wado.

“Kedua Golongan B adalah SMP/MTs sebanyak 44 regu dari Kecamatan Buahdua, Conggeang, Ujungjaya, Tanjungkerta dan Ujungjaya,” ujarnya.

Adapun Golongan C merupakan peserta intern SMPN 2 Buahdua sebanyak 42 regu.

“Total peserta ada 149 regu sebanyak 745 orang. Bentuk lomba melalui 6 pos perjalanan, mengikuti materi keterampilan kepramukaan, pengetahuan umum, keagamaan, kasumedangan juga ketangkasan yaitu egrang dan bakiak. Untuk pos pertama, yaitu pembuatan blangkar dilakukan disini,” ujarnya.

Baca Juga  Ditinggal ke Bandung, Rumah Marni Hangus Terbakar

Sementara itu, Wabup Sumedang Erwan Setiawan menyampaikan, kegiatan seperti ini diharapkan bisa meningkatkan dan mengembangkan bakat dan minat para anggota Pramuka.

Lebih dari itu, lanjut wabup, L3 bukan sekedar mencari juara, tapi juga untuk lebih mempererat rasa persaudaraan dan menjunjung tinggi spotifitas.

“Jadi bukan hanya sekedar lomba untuk mencari juara, tetapi juga untuk menjunjung tinggi spotifitas dan rasa persaudaraan. Terima kasih kepada para penyelenggara, para peserta dan sponsor yang terlibat dalam acara ini,”pungkasnya.

Baca Juga  Bungkam Ulama, Dengan Sertifikasi Ulama

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Harian Kwarcab Sumedang, Waka Bina Muda Kwarcab Sumedang, Kepala Pusdik Kwarcab Sumedang, Jepala CDK Wilayah IX, Direktur NGO Geolandforest, unsur Forkopimcam Budahdua, Ketua Kwaran Buahdua, Kepala Desa Hariang, Kepala Sekolah beserta jajaran keluarga besar SMPN 2 Buahdua. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK