Sosialisasi PTSL PM di Sukasari Berakhir di Desa Banyuresmi

Rangkaian Penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap Berbasis Partisipasi Masyarakat (PTSL PM) di Kecamatan Sukasari memasuki hari terakhir. Kamis (2/3/2023).
Iwan Rahmat/SUMEDANGONLINE
Rangkaian Penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap Berbasis Partisipasi Masyarakat (PTSL PM) di Kecamatan Sukasari memasuki hari terakhir. Kamis (2/3/2023).

SUMEDANGONLINE – Rangkaian Penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap Berbasis Partisipasi Masyarakat (PTSL PM) di Kecamatan Sukasari memasuki hari terakhir. Kamis (2/3/2023).

Adapun lokasinya bertempat di Aula Desa Banyuresmi dan diikuti RT, RW, BPD, LPM dan warga Banyuresmi dengan menghadirkan narasumber dari ATR BPN, Polri, Kejaksaan, Pemda dan Pihak Ketiga.

Kasubbag TU pada Kantor ATR/BPN  Sumedang Hasan Mas’ud Syafi’i, menyampaikan, Desa Banyuresmi merupakan salah satu desa dari 21 desa di 5 Kecamatan di Kabupaten Sumedang yang masuk program PTSL di Tahun 2023.

Baca Juga  Ini Alasan Bupati Sumedang Jumlah Positif Corona Tetap Satu Bukan Dua

“Secara keseluruhan kami targetkan 50 ribu bidang tanah di 5 kecamatan di Sumedang. Banyuresmi sendiri kami targetkan sebanyak 2.186 bidang tanah,” tuturnya.

Saat ini, kata Hasan, pihaknya sudah melaksanakan tahapan kegiatan  rangkaian program PTSL PM mulai dari GEMAPATAS dan pelatihan Puldatan (Petugas Pengumpul Data Pertanahan).

Baca Juga  Kades di Sumedang Masih Nunggu Kuota Bantuan dari Pemda

Peran Puldatan, kata Hasan,  kali ini tidak dilakukan oleh pihak ATR/BPN, namun dilakukan oleh masyarakat untuk membantu tugas Satgas Fisik dan Satgas Yuridis sebagai fasilitator sekaligus pengumpul data.

“Program PTSL PM ini melibatkan berbagai unsur, seperti dari Bhabin Kamtibmas, Babinsa, aparat desa dan peran serta masyarakat melalui Puldatan,” ujarnya.

Kepala Desa Banyuresmi Ade Kardiman menyambut baik program PTSL PM yang dilaksanakan oleh ATR/BPN Sumedang.

Baca Juga  BREAKING NEWS: Tukang Ojeg Temukan Atlet Gantolle yang hilang

Menurutnya, kehadiran program PTSL PM ini sangat dinantikan oleh warga masyarakat setempat, dibuktikan dengan banyaknya pendaftar yang masuk dalam program PTSL PM.

“Atas nama pemerintah desa dan warga masyarakat Banyuresmi kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui ATR BPN. Tentu bagi kami ini menjadikan tertib administrasi di masyarakat,” tutur Kades Ade. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK