WISATA  

PHRI Sumedang Sebut Kunjungan Wisatawan Selama Lebaran Tembus 50 Ribu / Hari

SUMEDANGONLINE – Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Sumedang, Nana Mulyana menyebutkan kunjungan wisatawan ke Sumedang selama libur lebaran, rata-rata mencapai 50 ribu orang per hari.

“Libur lebaran itu perhari bisa 40 ribu sampai 50 orang, itu se Sumedang. Jadi Sumedang ini diserbu puluhan ribu orang per harinya,” kata Nana, yang juga owner objek wisata Kampung Karuhun, di Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan. Minggu 30 April 2023.

Baca Juga  Bantu Perangi Covid, Alumni SMAN Situraja 84 Sumbang APD

Meski tidak memiliki data resmi, kata Nana, namun PHRI juga memonitor semua destinasi wisata di Sumedang.

“Jika diestimasikan, pengeluaran uang tiap pengunjung, katakanlah Rp 200 ribu, ini artinya ada uang ratusan milyar selama liburan bulan Ramadan ini,” katanya.

Baca Juga  Panenjoan, dijadikan tempat wisata baru di Jatigede

Pengunjung yang datang, sambung Nana, didominasi oleh wisatawan dari luar Sumedang. Dan wisawatan asli Sumedang yang merantau, kemudian mudik membawa uang ke Sumedang.

“Ini artinya bergeraknya sektor wisata, membangkitkan ekonomi di Sumedang. Karena perputaran uang sangat besar di sini,” tuturnya

Baca Juga  Meski Belum Dibuka Banyak Pengunjung yang Datang, Pihak Jatinangor National Flower Park Imbau Masyarakat Agar Tak Masuk ke Dalam

Tak hanya tempat-tempat wisata, kata Nana, hotel dan restoran juga mengalami lonjakan pengunjung.

“Hotel terisi full, bahkan rumah makan dan Tahu Sumedang itu jam 5 sore sudah habis,” imbuhnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK