Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 13 Jul 2023 18:30 WIB ·

Data Indeks Desa Membangun Kabupaten Sumedang Peringkat Dua Jawa Barat

Reporter: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan


 Deklarasi Indeks Desa Membangun (IDM) dan pembinaan SAKIP Desa, di Pendopo Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), Kamis, (13/7/2023). Perbesar

Iwan Rahmat/SUMEDANG ONLINE
Deklarasi Indeks Desa Membangun (IDM) dan pembinaan SAKIP Desa, di Pendopo Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), Kamis, (13/7/2023).

SUMEDANG – Data Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2023 Kabupaten Sumedang menempati peringkat kedua tingkat Provinsi Jawa Barat. Sedangkan secara Nasional IDM Kabupaten Sumedang berada pada urutan ke 25 dari 416 Kabupaten di seluruh Indonesia terkait dengan pemuktahiran data IDM.

“Hasil pemutakhiran IDM 2023, jumlah desa dengan status mandiri di Kabupaten Sumedang bertambah,” kata Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Agus Wahidin saat Deklarasi Indeks Desa Membangun (IDM) dan pembinaan SAKIP Desa, di Pendopo Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), Kamis, (13/7/2023).

Menurutnya, target semula 135 desa Mandiri, dalam realisasinya melampaui target sebanyak 187 desa atau mencapai 69,29 persen.

“Ini melampaui target sebelumnya. Tahun 2023 pemkab Sumedang menargetkan sebanyak 135 desa, realisasinya sebanyak 187 desa,” katanya.

Dikatakan Agus, desa dengan status desa maju saat ini berjumlah 83 desa atau 30,74 persen dan saat ini tidak ada lagi desa dengan kategori berkembang, tertinggal dan sangat tertinggal di Sumedang. Ada lima desa dengan nilai IDM tertinggi dicapai oleh Desa Cileles Jatinangor, Desa Margamukti Sumedang Utara, Desa Sukahayu kec Rancakalong, Desa Situraja kec Situraja, dan Desa Sindangpakuon Kec. Cimanggung.

“Sesuai dengan RPJMD target desa mandiri 2023 yaitu 40,37 persen telah berhasil dilampaui,” katanya.

Saat terdapat 7 kecamatan yang desanya telah mandiri Dari 26 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumedang, ada 7 kecamatan yang semua desanya telah mandiri yaitu kecamatan Tomo, Sumedang Utara, Tanjungsari, Ganeas, Paseh, Cimanggung dan Cisitu.

Bupati Dony Ahmad Munir, secara khusus menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas kinerja para kepala desa dalam membangun desanya masing-masing. Hal ini terbukti dengan hasil capaian IDM Kabupaten Sumedang dimana saat ini terdapat 187 Desa Mandiri dan 83 desa kategori maju.

“Ini capaian luar biasa diatas target yang telah ditetapkan. Semua ini berkat kerja keras, kerjasama dan kebersamaan kita semua. Saya bangga memiliki kades seperti ibu bapak,” kata bupati.

Bupati meminta para kepala desa agar bisa mempertahankan semangat dan kinerjanya dengan tujuan utamanya adalah kesejahteraan masyarakat yaitu terpenuhinya kebutuhan pokok berupa sandang, pangan dan papannya.

“Saya bersyukur IDM naik terus, IDM harus mencerminkan rakyatnya bisa sejahtera lahir batin, terpenuhinya sandang pangan papan. Indikatornya kemiskinan dan stuntingnya harus turun, jangan sampai ketika disurvei kemiskinannya malah bertambah,” katanya. ***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Ayi: Baznas Sumedang Masih Terima Titipan Hewan Kurban

13 Juni 2024 - 18:17 WIB

Ketua Baznas Kabupaten Sumedang H. Ayi Subhan Hafas

Kemenag Sumedang Kembangkan Kampung Moderasi Beragama

13 Juni 2024 - 13:37 WIB

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang menggelar Rapat Koordinasi Pengembangan Kampung Moderasi Beragama di KabupatenSumedangTahun 2024 di Aula Gedung Sarana Penunjang Pendidikan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

Baznas dan PWRI Sumedang Luncurkan Progam Z-Smart

13 Juni 2024 - 13:29 WIB

PWRI dengan Baznas Kabupaten Sumedang meluncorkan program Z-Smart (Spiritial Motivation Fun Integrated) Pengajian Terpadu Riang Gembira di Aula Baznas Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

Jelang Idul Adha, Baznas Sumedang Luncurkan Program Kurban Online

12 Juni 2024 - 20:24 WIB

Baznas Kabupaten Sumedang Kembali meluncurkan program kurban online jelang Idul Adha 1445 H.

Pj Bupati Sumedang Minta DPMPTSP Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

12 Juni 2024 - 19:54 WIB

Yudia Ramli selaku Pj Bupati Suedang saat melakukan monitoring sekaligus silaturahmi ke DPMPTSP Kabupaten Sumedang. Rabu (12/5/2024).

Kadinsos Sumedang Hadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional

11 Juni 2024 - 19:28 WIB

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumedang menghadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2024 dengan tema "Lansia Sehat, Terawat, Mandiri dan Produktif" di Halaman Yayasan Handjuang Mekar Indonesia Dusun Ujungjaya Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang. Selasa, 11 Juni 2024.
Trending di SUMEDANG