Plafon ruangan yang ada di MTs Istigfarlah terlihat sudah rusak.

Iwan Rahmat/SUMEDANG ONLINE

Plafon ruangan yang ada di MTs Istigfarlah terlihat sudah rusak.

Lapuk Termakan Usia, Bangunan MTs Istighfarlah Perlu Direhab

SUMEDANG – Sejumlah ruangan yang ada di MTs Istighfarlah kondisinya saat ini memprihatinkan. Sekolah yang berada di pinggir perkotaan Sumedang tepatnya di Dusun Kareumbi, Desa Margalaksana, Kecamatan Sumedang Selatan kondisi atap dan ruang guru hingga kelas serta lantai terlihat mulai mengalami kerusakan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang meninjau langsung ke setiap ruangan mulai dari atap genting, atap ruang guru, ruang kelas bahkan lantai sampai pecah-pecah.

“Betul bahwa keberadaan bangunan atau keadaan fisik sekolah ini ada beberapa ruangan yang memang sudah lapuk termakan usia,” ujar Kepala MTs Istighfarlah Sumedang Imadudin.

Padahal keberadaan sekolah tersebut dipandang penting oleh masyarakat, karena jaraknya yang dekat.

“Sudah hampir usia 13 tahun ini sejak dibangun tahun 2010 belum pernah ada renovasi. Namun ada bantuan dari luar Negeri Australia untuk renovasi fisik. Alhamdulillah belum lama kurang lebih 3 bulan kebelakang MTs Istighfarlah kedatangan Pak Bupati ini mengatakan bahwa akhir tahun akan ada rehab untuk sekolah ini. Dan mudah-mudahan terealisasikan untuk rehab sekolah ini,” paparnya.

Ketua Yayasan Al Ma’mun Sumedang Ilmawan Muhamad mengatakan MTs Istighfarlah dari dulu ada beberapa perbaikan-perbaikan dan tentu saja perlu ditingkatkan lagi baik sarana prasarananya untuk menunjang kegiatan belajar mengajar dengan program-program yang memang cukup bagus.

“Ini harus ditunjang oleh sarana prasarana yang memadai sehingga bisa meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di sekitar lingkungan MTs Istighfarlah ini. Kami dari Yayasan Al Ma’mun terus berupaya bagaimana bisa memberikan pendidikan kepada masyarakat yang ada disini, sehingga anak-anak mendapatkan pendidikannya yang layak dan akan meningkatkan rata rata lama sekolah di Kabupaten Sumedang,” pungkasnya. ***