Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW di MTs Istigfarlah Sumedang mengambil tema

Iwan Rahmat/SUMEDANG ONLINE

Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW di MTs Istigfarlah Sumedang mengambil tema "Untuk Menjawab Masa Depan Generasi Milineal, MTsS Istighfarlah Membuka KBM Kewirausahaan Pupuk Organik dan Membuka Program Mahir Menjahit" dengan penceramah Ustd Fuad Ginan. Senin, 9 Oktober 2023.

MTs Istghfarlah Sumedang Luncurkan Program School Enterprenuer

SUMEDANG – MTs Istghfarlah Sumedang meluncurkan program School Enterprenuer, kegiatan tersebut bersamaan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar di Kampus SMP Istighfarlah Sumedang. Senin, 9 Oktober 2023.

“Kami dari MTs Istighfarlah yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Islam Al Ma’mun hari ini diadakan launching enterpeneur sekaligus nanti akan ditutup sekitar sore hari bada’ Ashar dengan acara Tabligh Akbar,” ujar Imadudin selaku Kepala MTs Istighfarlah Sumedang.

Dikatakan Imadudin, kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan dimana dalam satu tahun mereka melaksanakan 2 kali acara, yakni pada saat Maulid Nabi Muhammad SAW dan Isra Mi’raj.

“Untuk hari ini, kami akan ada acara tambahan yaitu bagaimana agar untuk tahun ini MTs Istighfarlah di adakan program enterpeneur school yang tujuannya adalah, mengembangkan minat siswa khususnya di bidang interventer atau kewirausahaan. Dan lebih spesifiknya lagi MTS Istighfarlah lah Insya Allah tahun ini akan diarahkan selain untuk menerima materi secara teori. Tapi akan diberikan program-program unggulan seperti adanya program menjahit,” jelasnya.

Menurut dia, program menjahit penting untuk menjadi bahan ajaran tambahan bagi para siswanya. Dia berharap setelah mereka lulus nani terutama bagi mereka yang tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi sudah memiliki bekal skill sehingga dapat menjadi lulusan yang mandiri.

“Sehingga lulus dari sini minimal mereka bisa mandiri dengan adanya program entrepreneur ini untuk itu mudah-mudahan program ini mendapat izin dari Allah dan mohon dukungan dari semua pihak. Dan hal ini juga kami akan diadakan sebuah kerjasama dengan beberapa lembaga yang terkait diantaranya Dinas Pendidikan dan BLK tentunya. Mudah-mudahan nanti BLK setelah acara ini Kami akan sowan juga ke BLK bagaimana caranya agar madrasah tsnawiyah Istighfarlah ini ada kerjasama dengan BLK,” bebernya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang DR Dian Sukmara menyambut baik rencana program untuk mendorong para lulusan memiliki jiwa wirausaha. Menurutnya bekal tersebut sangat penting dan akan memberikan manfaat nantinya pada siswa itu sendiri.

“Jadi ini suatu model mungkin bisa dikembangkan biasanya enterpeneur school ini di SMK. Tapi ini dirintis dari semenjak dasar mengingat kondisi Margalaksana memang sangat membutuhkan keterampilan dengan praktis yang seperti itu,” pungkasnya.

Sebagai inforamsi Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW di MTs Istigfarlah Sumedang mengambil tema “Untuk Menjawab Masa Depan Generasi Milineal, MTsS Istighfarlah Membuka KBM Kewirausahaan Pupuk Organik dan Membuka Program Mahir Menjahit” dengan penceramah Ustd Fuad Ginan.

Kegiatandibuka Kasi Penmad Kemenag Sumedang dan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang, Camat Sumedang Selatan, Ketua FKDT Kabupaten Sumedang, Kepala Desa Margalaksana, Babinsa, Babinkamtibmas. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diisi dengan penampilan-penampilan kreasi seni dari para pelajar seperti lengser, Pencak silat, Dakwah Siswa-siswi, Hafalan Al Qur’an Hadits, Penyampaian dalil- dalil dan Penampilan Drama. ***