Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 23 Okt 2023 19:00 WIB

Peringatan Hari Santri Nasional, Pj. Bupati Sumedang: Stunting Harus Turun

Reporter: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan


 Sebanyak 29 pondok pesantren dan 29 SKPD turut serta dalam Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2023 dan Pawai Kamonesan Kolaborasi Pemerintah Daerah Kab. Sumedang dengan Pondok Pesantren. Bertempat di Lapangan IPP Kabupaten Sumedang. Perbesar

Iwan Rahmat/SUMEDANG ONLINE
Sebanyak 29 pondok pesantren dan 29 SKPD turut serta dalam Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2023 dan Pawai Kamonesan Kolaborasi Pemerintah Daerah Kab. Sumedang dengan Pondok Pesantren. Bertempat di Lapangan IPP Kabupaten Sumedang.

SUMEDANG – Sebanyak 29 pondok pesantren dan 29 SKPD turut serta dalam Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2023 dan Pawai Kamonesan Kolaborasi Pemerintah Daerah Kab. Sumedang dengan Pondok Pesantren. Bertempat di Lapangan IPP Kabupaten Sumedang.

“Hari Santri Nasional 2023 istimewa syukur Allhamdulilah temanya juga keren, jihad santri jayakan negeri lawan kemiskinan dan stunting. Itu tema nasional yang kami sinergikan dengan tema lokal. Mari kita sama-sama ikuti rangkaiannya upacara kemudian setelah upacara kita laksanakan devile dalam bentuk berbagai kamonesan kolaborasi antara para santri berbagai pondok pesantren se Kabupaten Sumedang bersama SKPD ASN di 29 SKPD di Kabupaten Sumedang,” ujar Pj Bupati Sumedang, Herman Suryatman saat menjadi pembinn.

Dia berharap spirit Hari Santri Nasional dapat bertransformasi ke para ASN dan Santri dalam bentuk membangun negeri khususnya dalam mengatasi kemiskinan mencegah stunting.

“Jadi membangun negeri ini harus bahu membahu harus kolaborasi spirit santri ke ASN, spirit ASN juga bisa sampai ke santri, sehingga pada akhirnya kita rembug jukung sauyunan untuk membangun Sumedang menuju Sumedang beyond simpati yang ditandai dengan kemiskinan harus turun, stunting harus turun,” ungkapnya.

Wakil ketua DPRD kabupaten Sumedang Ilmawan Muhamad memberikan aspirasi terhadap kegiatan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Sumedang. Apresiasi diberikan karena melihat antusiasme para santri yang begitu besar jumlahnya hingga mencapai ribuan orang.

“Ini menunjukkan para santri siap untuk membangun negeri ini untuk membangun Indonesia lebih baik lagi. Kami mengharapkan para santri mereka diajarkan segala ilmu pengetahuan baik mulai dari adab, piqih, hukum dan sebagainya diajarkan dengan harapan adanya santri ini santri Indonesia bisa lebih siap lagi untuk memimpin bangsa Indonesia dengan keilmuan keilmuan yang didapatkan di pesantren.

Hal senada disampaikan Kepala Bappppeda Kabupaten Sumedang Agus Wahidin dia menyebutkan kolaborasi yang baik tersebut agar terus dapat berlanjut.

“Kami mengucapkan selamat hari santri nasional tahun 2023 berkenaan dengan itu khusus di Kabupaten Sumedang kami semua menyelenggarakan upacara hari santri nasional dan untuk Bappppeda sendiri Alhamdulillah kami ditugaskan untuk memangku berkolaborqsi dengan Pesantren Darul Hikmah Tanjungkerta. Terima kasih untuk Pak Kyai Haji Budi yang telah bersama-sama kami dan Alhamdulillah santrinya luar biasa mengerahkan 500 santri untuk ikut upacara di pusat pemerintahan kabupaten sumedang Selamat hari santri nasional tahun 2023,” ungkapnya.

Sementara itu Budi Arista Hidayat selaku Pimpinan Pondok Pesantren Darul Hikmah Sukawangi Tanjungkerta mengaku berbagia karena dapat turut terlibat dalam momen Hari Santri Nasional.

“Alhamdulillah ini merupakan sebuah kebahagiaan bagi kami di pondok pesantren yang mana bertepatan dengan hari ini adalah hari santri nasional. Yang mana di Kabupaten Sumedang dikolaborasikan dengan SKPD yang ada di Kabupaten Sumedang dengan jumlah 29 dan Kebetulan kami di pondok pesantren Darul Hikmah berkolaborasi dengan Bappppeda Sumedang. Harapan kedepannya ini merupakan sesuai dengan tema untuk hari santri sekarang di nasional adalah jihad santri jayakan negeri mudah-mudahan santri merupakan garda terdepan untuk menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya. ***

Artikel ini telah dibaca 3 kali

Baca Lainnya

Kabid Aset BKAD Sumedang Serahkan 9 Unit Motor Dinas Bertenaga Listrik

12 Juli 2024 - 14:12 WIB

Sumedang Sedang Bentuk Badan Riset dan Inovasi Daerah

5 Juli 2024 - 17:23 WIB

Pj. Sekda Sumedang, Tuti Ruswati saat melakukan monitoring Tanah dan Bangunan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Kantor BRIN Haurngombong, Kecamatan Pamulihan, Jumat (5/7/2024).

Atasi Kemiskinan, Sumedang Luncurkan Kartu TANGKIS

3 Juli 2024 - 21:09 WIB

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang meluncurkan program inovatif bernama Kartu Tangkal Kemiskinan (TANGKIS) sebagai solusi penanganan miskin ekstrem di Sumedang. Peluncuran Kartu TANGKIS diawali dengan tapping kartu oleh Penjabat (Pj) Bupati Sumedang, Yudia Ramli didampingi Forkopimda di Saphire City Park (SACIPA). Rabu (3/7/2024).

Sumedang Terbitkan Edaran Larangan Judi Online

3 Juli 2024 - 21:07 WIB

Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli

Ngalaksa dan Tarawangsa Rancakalong Masuk Warisan Budaya Tak Benda

2 Juli 2024 - 22:56 WIB

Pj. Bupati Sumedang Yudia Ramli menyerahkan secara simbolis sertifikat penetapan upacara adat Ngalaksa dan Seni Tarawangsa yang ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kepada Camat Rancakalong Cecep Supriatna dan para pelaku seni Tarawangsa dalam acara pembukaan Upacara Adat Ngalaksa di Desa Wisata Rancakalong. Selasa (2/7/2024).

Masalah Paspor, Satu Jamaah Haji Asal Sumedang Tertinggal di Makkah

27 Juni 2024 - 13:19 WIB

Trending di SUMEDANG