PWRI dengan Baznas Kabupaten Sumedang meluncorkan program Z-Smart (Spiritial Motivation Fun Integrated) Pengajian Terpadu Riang Gembira di Aula Baznas Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

Iwan Rahmat/SUMEDANG ONLINE

PWRI dengan Baznas Kabupaten Sumedang meluncorkan program Z-Smart (Spiritial Motivation Fun Integrated) Pengajian Terpadu Riang Gembira di Aula Baznas Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

Baznas dan PWRI Sumedang Luncurkan Progam Z-Smart

SUMEDANGPWRI Sumedang dengan Baznas Kabupaten Sumedang meluncorkan program Z-Smart (Spiritial Motivation Fun Integrated) Pengajian Terpadu Riang Gembira di Aula Baznas Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

“Alhamdulillah kami melaunching sebuah program yaitu Z-Smart atau istilah kerennya pesantren lansia riang gembira. Ini adalah follow up dari kegiatan PERSKI kemarin ke lansia berdasarkan permohonan mereka memohon kepada Baznas untuk memfasilitasi Majelis Taklim atau pengajian rutin para lansia pensiunan khususnya yang tergabung di dalam PWRI,” ujar Ayi Subhan Hafas selaku Ketua Baznas Kabupaten Sumedang.

Dikatakan dia, program ini merupakan kali pertama pihaknya bekerjasama dengan para pensiunan, agar di masa tuanya mendapat pencerahan atau dakwah-dakwah untuk memberikan pencerahan kepada hati para lansia tersebut.

“Alhamdulillah nama programnya kita namakan program Z-Smart jadi bagaimana kegiatan ini di kemas dalam kegiatan yang riang gembira tapi tetap dakwah sebagai initi dari kegiatan ini tersampaikan. Dan ini adalah bentuk apresiasi kami kepada para pensiunan karena bagaimana pun juga mereka ketika menjadi ASN di Kabupaten Sumedang pernah berkontribusi kepada Baznas melalui titipan dari pendapatannya atau dari gajinya dalam berupa dana zakat infak dan sedekahnya di Kabupaten Sumedang,” imbuhnya.

Untuk teknisnya sebut Ayi Subhan Hafas akan dilaksanakan perbulan.

“Dan hari ini launnching dan memang temanya juga belum dikasih nama. Dan tadi saya sudah minta masukan kepada Pj Bupati dan nanti juga kepada audience namanya apa, yang penting kita berkomitmen hari ini di launching dan kita Istiqomah akan menggelar kegiatan ini secara rutin perbulan sebagai silaturahmi dan dakwah bagi para lansia di Kabupaten Sumedang khususnya tergabung dalam PWRI,” ungkapnya.

Pj Bupati Sumedang, Yudia Ramli yang turut hadir dalam acara tersebut, memberikan apresiasi atas inisiasi dan peluncuran program Z-Smart. Selain itu disebutkan Yudia Ramli, pihaknya dan seluruh stakeholder terkait akan memberikan dukungan penuh.

“Jadi model pesantren atau pengajian untuk khusus para lansia ini sebenarnya lebih kepada kebermanfaatan, artinya bahwa kehadiran Baznas ini juga adalah bagian selain peningkatan kesejahteraan dengan mendistribusikan dana zakat dari Muzakki juga meningkatkan secara spiritual supaya meningkat. Ini khusus para pensiunan dilakukan pengajian ini supaya lebih bersemangat dan meningkatkan kebahagiaan yang mudah-mudahan juga selain bersemangat meningkatkan kebahagiaan meningkat iman takwanya dan meningkat juga harapan hidup di Kabupaten Sumedang ini betul-betul satu kegiatan yang komprehensif dan integral tentunya ini holistik segala rupa bisa,” jelas Yudia Ramli.

Zaenal Alimin selaku Ketua PWRI Sumedang mengatakan Z-Smart tak hanya tentang pengajian yang dilaksanakan hari ini saat launching, tapi akan berkelanjutan setiap bulannya.

“Tidak hanya dilaksanakan pada hari ini, tapi akan berlanjut setiap bulan. Kalau saya sementara mempersilahkan pesantren sehari bulanan jadi tidak hanya pada hari ini tapi akan berlanjut setiap bulan. Kami ucapkan terima kasih kepada Ketua Baznas beserta pengurus mau bekerjasama dengan kami khususnya PWRI dan kerjasama ini sifatnya alami tidak dengan administrasi. Tapi terpenting bisa terlaksana dengan baik. Tidak lupa kami menyampaikan sekaligus melaporkan bahwa PWRI Kecamatan Rancakalong kemarin telah membuka sekolah lansia Ceria pada hari Selasa kemarin peresmiannya. Kita berharap PWRI- PWRI yang lain juga bisa mengikuti seperti yang telah dilakukan oleh PWRI Kecamatan Rancakalong,” pungkas Zaenal Alimin. ***