Deklarasi Netralitas ASN, TNI dan Polri pada Pilkada Sumedang 2024 digelar Forkopimda, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumedang di Aula Tampomas PPS. Rabu, 26 Juni 2024.

Iwan Rahmat via Sumedangkab/SUMEDANG ONLINE

Deklarasi Netralitas ASN, TNI dan Polri pada Pilkada Sumedang 2024 digelar Forkopimda, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumedang di Aula Tampomas PPS. Rabu, 26 Juni 2024.

Forkopimda Gelar Deklarasi Netralitas ASN, TNI dan Polri pada Pilkada Sumedang 2024

SUMEDANG – Deklarasi Netralitas ASN, TNI dan Polri pada Pilkada Sumedang 2024 digelar Forkopimda, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumedang di Aula Tampomas PPS. Rabu, 26 Juni 2024.

Pj. Bupati Sumedang Yudia Ramli mengatakan deklarasi ini sebagai upaya bersama untuk mewujudkan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 berjalan aman damai, berkualitas serta bermartabat.

“Penyelenggaraan Pilkada Sumedang 2024 merupakan agenda besar yang menjadi tanggung jawab bersama bukan hanya tugas penyelenggara Pemilu tetapi semua pihak harus bisa ambil bagian untuk bersama -sama menyukseskan Pilkada,” ujar Yudia Ramli dalam keterangannya.

Dikatakan Yudia, menjelang Pilkada Sumedang 2024 kemungkinan situasi politik di Sumedang akan menghangat. Keadaan ini, sebut dia, apabila tidak di antisipasi dari sekarang maka akan berpeluang menimbulkan gesekan atau konflik yang tidak diinginkan di tengah-tengah masyarakat.

Pj Bupati Sumedang menyampaikan beberapa pesannya kepada seluruh aparatur pemerintah TNI, Polri dan penyelenggara Pemilu agar menjaga netralitas agar tercipta Pilkada aman, damai berkualitas dan bermartabat.

“Pertama jaga netralitas kita sebagai aparatur pemerintah, jangan terbawa arus pusaran politik tapi tetap pegang teguh amanah, menjalankan tugas sebaik-baiknya sebagai pelayan masyarakat,” pesannya.

Kedua, kepada komponen yang khusus terlibat dalam pengamanan Pilkada agar benar benar dapat melaksanakan tugas secara optimal serta didasari dengan rasa tanggung jawab sehingga Pilkada Sumedang berjalan baik tanpa gangguan atau hambatan berarti.

Kemudian ketiga, jalin sinergitas semua unsur pengamanan dalam mendukung pelaksanaan tugas serta senantiasa meningkatkan koordinasi dan komunikasi serta dalam bentuk apapun dapat segera terdeteksi secara dini.

Keempat kepada penyelenggara Pemilu agar selalu melakukan evaluasi diri dengan memperbaiki kekurangan dalam pelaksanaan Pilkada yang telah berlangsung sebelumnya agar tercipta Pilkada yang Aman damai dan kondusif.

“Kami mengharapkan dukungan semua pihak, aparat keamanan, TNI, Polri, tokoh agama, masyarakat dan seluruh masyarakat, akademisi terutama badan Adhoc, diantaranya PPK, PPS, KPPS dan Pantarlih untuk sama-sama bergandengan tangan menciptakan tahun 2024 dengan aman lancar dan damai,” katanya. ***