Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat akan kembali menggelar Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2024 untuk mendorong akses pasar pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Istimewa/SUMEDANG ONLINE

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat akan kembali menggelar Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2024 untuk mendorong akses pasar pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

KKJ-PKJB 2024: Cara Bank Indonesia Perluas Akses Pasar UMKM

BANDUNG— Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat akan kembali menggelar Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2024 untuk mendorong akses pasar pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Muhamad Nur mengatakan gelaran yang ke-6 kalinya ini, dirinya menargetkan terjadi transaksi produk UMKM hingga Rp15 miliar.

Jumlah tersebut meningkat pesat dari realisasi gelaran di tahun sebelumnya yang mencapai transaksi Rp2,7 miliar.

“Kami sudah menyiapkan strategi untuk mencapai target tersebut,” ungkap Muhamad Nur dalam Media Briefing, di Kota Bandung, Rabu (19/6/2024).

Sejumlah strategi tersebut yakni dengan melibatkan 100 UMKM premium yang memroduksi produk yang berdaya saing dan siap dipasarkan.

“Premium itu, adalah UMKM yang ada di Jabar yang telah dibina oleh Bank Indonesia, Pemprov Jabar dan mitra Bank Indonesia yang barangnya sudah siap nersaing dengan daerah dan negara lain. Jadi premium itu bukan masalah harga karna harga pasti terjangkau,” ungkap dia.

Dalam acara ini, pengunjung tidak hanya bisa berbelanja secara langsung di lokasi acara, tapi juga bisa melalui plaftorm market place, salah satunya Tokopedia.

Selain itu, dipilih lokasi yakni Trans Convention Center dan Atrium Trans Studio Mall yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbaik di Kota Bandung dengan jumlah pengunjung yang besar.

“Kami juga akyof menginisiasi business matching (BM) promosi perdagangan maupun pembiayaan perbankan bagi UMKM yang turut serta dalam KKJ-PKJB 2024, khususnya pada Bank bjb, BSI, BRI, Mandiri, BCA dan BNI,” jelasnya.

Dalam kegiatan KKJ dan PKJB 2024 ini, serangkaian acara pun akan digelar untuk menarik pengunjung datang dan berbelanja di banyak tenant UMKM.

Soft opening KKJ-PKJB 2024 akan digelar Sabtu 22-23 Juni 2024 di Kawasan Braga Bebas Kendaraan dengan menampilkan puluhan UMKM unggulan Jawa Barat.

Selanjutnya, opening ceremony KKJ-PKJB 2024 akan digelar pada Jumat (28/6/2024) di Trans Convention Center dan akan dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UMKM, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Perdagangan, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Aida S. Budiman, Ketua Dekranasda Nasional, Wury Maruf Amin, dan Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin.

Selama tiga hari, menurut Nur akan banyak digelar acara yang akan mendukung para UMKM meningkatkan skala usahanya. Yakni, Business Matching UMKM dengan perbankan.

Kemudian, ada seminar, talkshow dan workshop yaitu, West Java Tourism Talk (WJTT), Workshop olahan pangan, Bincang Literasi dan Motivational Talk, Sosialisasi Edukasi: Qris dan Perlindungan Konsumen, Talkshow UMKM Ekspor, Talkshow pengelolaan keuangan rumah tangga berdasarkan prinsip syariah.

Kantor Perwakilan <a href=

Bank Indonesia Jawa Barat berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat akan kembali menggelar Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2024." width="1291" height="861" /> Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat akan kembali menggelar Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2024.

Selain itu, akan ada juga Ngabaraya Fashion Walk dan West Java Young Fashion Designer Competition, Cinta Bangga Paham Rupiah dan masing-masing hari akan ada bintang tamu yang dihadirkan. Yakni, Kahitna pada 29 Juni 2024 dan Yura Yunita pada 30 Juni 2024.

Tak sampai di situ, untuk mendukung geliat pertumbuhan bisnis teh di Jawa Barat, pada gelaran KKJ-PKJB juga akan digelar side event Java Tea Experience (JTE) 2024 serta West Java Industrial Meeting (WJIM) untuk mendukung sektor industri.

“Melalui forum ini, regulasi terkini di antaranya perluasan cakupan sektor usaha pada Kebijakan Insentif Likuiditas Makroprudensial [KLM] dan kebijakan konektivitas pembayaran intraregional Local Currency Transaction [LCT] akan diulas lebih dalam untuk memperkuat iklim investasi dan perdagangan yang kondusif di tengah ketidakpastian kondisi global,” jelasnya. ***