Penjabat Bupati Sumedang, Yudia Ramli, hadir dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-2 Gedung Sumedang Creative Center (SCC). Kamis, 20 Juni 2024.

Iwan Rahmat/SUMEDANG ONLINE

Penjabat Bupati Sumedang, Yudia Ramli, hadir dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-2 Gedung Sumedang Creative Center (SCC). Kamis, 20 Juni 2024.

Peringatan 2 Tahun SCC, Diisi Pasar Seni Ekonomi Kreatif Sumedang 2024

SUMEDANG – Penjabat Bupati Sumedang, Yudia Ramli, hadir dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-2 Gedung Sumedang Creative Center (SCC). Kamis, 20 Juni 2024.

Tak hanya itu, Pj. Bupati Sumedang itu pun turut meninjau Pasar Seni Ekonomi Kreatif Sumedang 2024 yang berlangsung di SCC.

Sebagai sebuah tempat inkubasi yang menaungi 17 sektor ekonomi kreatif di Sumedang, Pj Bupati Sumedang berharap keberadaan SCC benar-benar bisa dimanfaatkan, dijaga dan dirawat dengan baik oleh masyarakat.

“Kepada seluruh masyarakat, silakan manfaatkan gedung SCC ini sesuai fungsinya serta bersama -sama menjaga dan merawatnya. Jadikan tempat ini sebagai wadah pengembangan minat, bakat dan kreativitas serta pusat kegiatan masyarakat yang bermartabat,” ujar Yudia Ramli dalam kerangannya.

Menurut Yudia Ramli, perayaan HUT kedua harus menjadi momentum penting bagi SCC yang patut untuk disyukuri. Apalagi, aktivitas kegiatan ekonomi kreatif di SCC mulai menggeliat dengan berbagai jenis kegiatan yang digelar, termasuk diantaranya Pasar Seni Ekonomi Kreatif sehingga diharapkan SCC akan semakin dikenal.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan Pasar Seni Ekonomi Kreatif ini, selain meningkatkan ekonomi kreatif di Kabupaten Sumedang, juga dapat menjadi momentum untuk mengenal keberadaan gedung SCC kepada masyarakat,” katanya.

Kepala Disparbudpora Nandang Suparman menyampaikan, Gedung SCC merupakan salah satu paling aktif di Jawa Barat sebagai tempat menyalurkan berbagai kreativitas.

“Alhamdulillah, kurang lebih 2.600 kegiatan yang sudah dilaksanakan di SCC ini oleh para seniman dan para pelajar di Sumedang, mencurahkan gagasan dan inovasi di bidang seni dan ekonomi kreatif,” ungkap Nandang Suparman.

Nandang juga melaporkan, salah satu kegiatan di Sumedang yang lahir di SCC bernama School Project mulai diadopsi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Alhamdulillah salah satu kegiatan kita yaitu School Project mulai diadopsi oleh Pemprov Jabar melalui Disparbud Jabar. Tentu ini menjadi kebanggaan. Mudah-mudahan ide dan inovasi yang lahir di SCC ini bukan hanya untuk Sumedang, tetapi juga untuk Jawa Barat bahkan Indonesia,” katanya.

Dia juga berharap, meski usianya baru 2 tahun namun hal ini tak menyurutkan masyarakat Sumedang untuk terus lebih berkreasi terutama yang berkaitan dengan inovasi.

“Mudah-mudahan mitra-mitra kami yang ada di Sumedang ini tidak berhenti di acara ini. Dan ini sebagai satu motivasi bagi kami lebih berkreasi berkreatifitas itu. Dari 17 Sub Sektor yang ada ekonomi kreatif yang menjadi keharusan Kabupaten / kota termasuk Kabupaten Sumedang untuk mengembangkan 17 sub sektor yang ada di ekonomi kreatif di Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga,” pungkas dia. ***