Seremonial Pemusnahan Rokok Ilegal dan Minuman mengandung ethil Alkohol di Lapang Upacara Pusat Pemerintahan Sumedang. Kamis, 20 Juni 2024.

Iwan Rahmat/SUMEDANG ONLINE

Seremonial Pemusnahan Rokok Ilegal dan Minuman mengandung ethil Alkohol di Lapang Upacara Pusat Pemerintahan Sumedang. Kamis, 20 Juni 2024.

Pj Bupati Sumedang, Apresiasi Kinerja Satpol PP, Satlinmas dan Damkar

SUMEDANGYudia Ramli, selaku Penjabat (Pj) Bupati Sumedang memberikan apresiasi terhadap kinerja Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Sumedang, karena sudah berperan besar dalam memelihara dan menyelenggarakan ketertiban umum perlindungan masyarakat serta menegakkan peraturan daerah.

“Saya memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran Satpol PP, Satlinmas dan Damkar. Dedikasi serta kerja keras saudara-saudara dalam mendukung ketentraman serta ketertiban masyarakat sehingga masyarakat dapat menyalurkan aspirasi politiknya dengan aman dan tertib dalam memberikan layanan kepada masyarakat profesionalisme, pemadam kebakaran dan penyelamatan merupakan sebuah keharusan untuk terus dirawat dengan tingkatkan sehingga masyarakat bisa senantiasa merasa aman serta terlindungi semangat itulah yang ingin diwujudkan dalam tema peringatan hari ulang tahun pemadam pembakaran dan penyelamatan pada tahun 2024 ini yaitu pemadam kebakaran dan penyelamatan profesional rakyat terlindungi,” ujar Yudia Ramli saat menjadi inspektur Upacara pada Peringatan HUT Satuan Polisi Pamong Praja yang ke 74, Satuan Perlindungan Masyarakat ke 62, dan Pemadam Kebakaran ke 105 di Lapangan Upacara Pusat Pemerintahan Sumedang. Kamis, 20 Juni 2024.

Dikatakan Yudia, peran strategis Satpol PP dalam menciptakan situasi yang kondusif telah dibuktikan pada saat pelaksanaan tahapan pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan legislatif yang telah dilaksanakan pada Tanggal 14 Februari 2024 yang lalu. “Satpol PP menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung keberhasilan penyelenggaraan Pemilihan Umum melalui penertiban alat peraga kampanye atau APK distribusi dan hal penting dan hal teknis lainnya,” imbuhnya.

Di sisi lain, sebut dia, terdapat pula peran penting lainnya yakni Satlinmas. Dalam tahapan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan legislatif sesuai dengan undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang ditetapkan pada Tanggal 15 Agustus 2017; Petugas keamanan ketentraman dan ketertiban di setiap TPS berasal dari Satlinmas sebanyak 2 personel.

“Tidak hanya berperan di TPS pada saat pemungutan suara. Satlinmas juga berperan dalam menciptakan sesuatu yang kondusif di luar TPS dan di setiap tahapan Pemilu. Hal ini sesuai amanat Permendagri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat dalam penanganan ketentraman ketertiban dan keamanan penyelenggaraan Pemilihan Umum dengan terselenggaranya pemilihan presiden dan pemilihan legislatif yang lancar dan damai,” ungkapnya.

Hal yang sama juga berlaku pada Damkar, yang diwujudkan dengan terus meningkatkan layanan pencegahan penanggulangan kebakaran dan penyelamatan yang terintegrasi serta dilakukan secara handal dan profesional.

“Saya juga ingin mengingatkan beberapa hal kepada seluruh anggota Satpol PP, Satlinmas dan Damkar yakni pertama tingkatkan kesiapsiagaan dalam menciptakan suasana aman dan tertib dalam mendukung pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 kedua tingkatkan profesionalisme serta kapasitas aparatur dalam urusan ketentraman ketertiban umum dan perlindungan masyarakat sebagai salah satu urusan wajib pelayanan dasar,” pungkasnya. ***