Home / SUMEDANG

Selasa, 30 Agustus 2011 - 09:39 WIB

OPIK: Ummat Muslim harus Saling menghargai



Perbedaan penentuan 1 Syawal buka yang harus dipermasalahkan. Foto:Igun

KOTA – Wakil Bupati Sumedang, H Taufik Gunawansyah S.IP, MSi, menanggapi perbedaan penentuan tanggal 1 Syawal 1432 H, sebagai sesuatu yang lumrah dan tidak ada masalah, karena menurutnya perbedaan penentuan tanggal 1 Syawal tersebut sebelumnya telah dibicarakan dalam siding Itsbat antara Pemerintah melalui Kementarian Agama dengan PP Muhammadiyah dikantor Kemenag, Senin (29/08) malam.

“Tidak ada masalah karena kemarin (Senin, 29 Agustus, red.) juga sudah dibicarakan dalam sidang Itsbat. Keputusan yang diambil Pemerintah melalui Kemenag menetapkan 1 syawal, Rabu (31/08) besok, tetapi ada sikap atau keputusan dari PP Muhammadiyah yang menetapkan 1 syawal itu pada hari ini (Selasa, 30 Agustus, red.),” ungkap Opik usai mengikuti Shalat Ied di Lapang Upacara SMK Muhammdiyah, Jalan Dano, Sumedang.

Baca Juga  Kuota non-DTKS Kabupaten Sumedang Berkurang, Wabup: Dialihkan Jadi Penerima Banprov

Lebih lanjut Opik mengatakan,Pemerintah telah memberikan toleransi, dan mempersilakan warga Muhammadiyah untuk melaksanakan shalat Ied dan penentuan 1 Syawal sesuai dengan keputusan PP Muhammadiyah, karena telah memiliki argumentasi dan keyakinan.

Baca Juga  PKK Kecamatan Cimalaka Sumedang Bagikan Masker Gratis

“Kebetulan saya sendiri, sebagai pribadi keluarga besar Muhammadiyah,

Tidak ada masalah, ini justru harus menjadi hikmah ukhuwah yang luar biasa,” lanjutnya.

Wabup menghimbau agar ummat muslim untuk saling menghormati, dan menghargai serta menjadikan hikmah bagaimana ummat muslim bisa menuju kedewasaan yang makin kuat dalam ukhuwah Islamiyah.

“kita saling menghormati, saling menghargai dan jadikanlah ini sebagai hikmah bagaimana kita bisa menuju kedewasaan yang makin kuat dalam ukhuwah islamiyah,” himbau Opik.(igun gunawan)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Ada KTP, identitas mayat dalam karung diketahui
Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS 3R) di Dusun Lebak Gede, Desa Citali, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang.

SUMEDANG

Pembangunan TPS 3R, Kades Citali: Warga Sempat Menolak Karena Disangka TPA
Bupati Sumedang menyerahkan bantuan sosial kepada para Pekerja di Lingkungan Ekosistem Pariwisata Sumedang, bantuan tersebut dilaksanakan secara simbolis di Gedung Negara Sumedang. Kamis, 12 Agustus 2021.

Pilihan Redaksi

Bupati Sumedang Serahkan Bantuan untuk Para Pekerja Wisata

SUMEDANG

Menuju Rampungnya Jatigede

Pilihan Redaksi

Dua Hari Jelang Pencoblosan, Polres Sumedang Gelar Apel Pasukan

Pilihan Redaksi

Masker Kain Laris, Konveksi di Sumedang Rebutan Bahan Baku
Sejumlah KPM PKH Desa Gudang Kecamatan Tanjungsari menerima BSB dari Kementerian Sosial RI, Jumat 16 Oktober 2020.

SUMEDANG

298 KPM PKH Desa Gudang Terima Program BSB Kemensos
Sekda Kabupaten Sumedang, Drs Herman Suryatman, M.Si menyampaikan materi saat menjadi narasumber Latihan Teknis dan Taktis PHH, Senin 23 November 2020.

SUMEDANG

Prajurit Yonif R-301/PKS Dibekali Cara Atasi Konflik Sosial di Tengah Masyarakat