Home / DAERAH

Senin, 31 Oktober 2011 - 20:41 WIB

Warga di Kaki Tampomas, Tolak Rencana PLTG



Warga tolak Geo Thermal Tampomas, mereka melakukan unjukrasa di depan DPRD Sumedang, Senin (31/10). Photo:aam

KOTA – Warga tergabung dalam Forum Peduli Lingkungan Desa Narimbang Kecamatan Conggeang dan Desa Cilangkat dan Sekarwangi di Kecamatan Buahdua, mendatangi gedung DPRD Sumedang, Senin (31/10). Mereka menolak secara tegas rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Geothermal (PLTG) di lereng Gunung Tampomas atau sekitar Desa Narimbang Kecamatan Conggeang.

Beruntung pengunjukrasa yang berjumlah lebih dari 500 orang tersebut segera ditanggapi DPRD Kabupaten Sumedang dengan segera membawa 50 perwakilannya. Kelima puluh tokoh pengunjukrasa tersebut melakukan audensi langsung dengan ketua DPRD Sumedang, Yaya Widarya.

Baca Juga  POLEMIK RELOKASI SMP 1 WADO

“Kami, yang datang kesini itu yang menolak dibangunnya PLTG, memang kami akui dimasyarakat hingga saat ini terpecah ada yang setuju, dan tidak setuju, serta yang bersikap netral, tapi kami yang datang kesini adalah yang tidak setuju, Pak,” tandas Ny. Ani Nuryani, mantan Kepala Desa Sekarwangi sekaligus ketua Forum Komunitas Peduli Lingkungan.

Masyarakat menilai, dengan dibangunnya PLTG, akan menimbulkan dampak buruk bagi masyarakat dan lingkungan di sekitar PLTG, apalagi lokasi pengeboran direncanakan dalam kawasan hutan lindung.

Baca Juga  Si Jago Merah Beraksi Di Sumedang

Yaya Widarya, Ketua DPRD Sumedang menyatakan akan memperjuangkan aspirasi masyarakat di kaki gunung tampomas tersebut, dan sepakat menolak karena khawatir berdampak negatif, “kami sepakat satu kata menolak proyek itu, kami khawatir dengan dampak negatif yang ditimbulkan,”papar Yaya.

Ia pun menilai perencanaan yang tidak matang oleh PT Wika Jabar dan tidak transparan. Bahkan, Yaya mengatakan Pemerintah Sumedang dan warganya, merasa dilecehkan,”selama ini pemerintah telah menganggap kami bodoh yang tidak mengetahui dampak yang ditimbulkan dari proyek geothermal itu,” lanjut Yaya. (redaksi)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

DAERAH

Hari Jadi Desa Hariang, Meriah

DAERAH

Poktan Wado, Kembangkan Pupuk Organik

DAERAH

SPHT Dimiliki, Pemkab Sumedang Diuntungkan

DAERAH

Peterpen Bangun Kolam Pendederan Ikan

DAERAH

PNPM Dinilai Sangat Membantu Masyarakat

DAERAH

Ratusan Tamu Akan Ikut Panen Raya bersama Kodam

DAERAH

Psikologis Anak Genangan Jatigede, Mulai Enggan Sekolah

DAERAH

Pelantun ‘batan nganggur’ Irwan Ernawan Wafat