Politik

Oktober, KPU Sumedang Verifikasi Parpol

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi
KPU Sumedang akan melakukan verifkasi untuk Parpol pada Oktober mendatang. ILUSTRASI

KPU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumedang akan melakukan metode verifikasi faktual untuk kandidat Sumedang Satu dan Dua pada jalur perseorangan dengan metode memverifikasi secara langsung dengan sistem absensi.

“Apakah nanti, oleh tim suksesnya dikumpulkan di sebuah ruangan atau apalah, nanti akan dipanggil oleh PPS satu persatu, misal si A apakah betul mencalonkan si B, kalau tidak cocok kita coret, sehingga verifikasi faktual bukan acak tapi satu persatu,” jelas Anggota KPU Sumedang, Hersa Santosa, kepada reporter SUMEDANGONLINE di kantornya, Rabu (13/6).

Sementara untuk verifikasi calon dari jalur partai politik (parpol), pihaknya masih menunggu petunjuk pelaksana (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis).

“Verifikasi parpol rencananya akan dilakukan oleh KPU Sumedang pada Oktober mendatang. Tetapi Juklak dan Juknisnya belum sampai ke kita, apakah yang diverifikasi itu Parpol baru atau parpol secara keseluruhan,” lanjutnya.

Disinggung salahsatu syarat jalur perseorangan, menurut Hersa, calon tersebuh harus memenuhi syarat salahsatunya mendapatkan dukungan sebesar 3 persen dari jumlah penduduk.“Untuk calon perseorangan syarat dukungannya, pertama orang yang mendukungnya punya hak pilih, tetapi syarat dukungannya itu dikalikan jumlah penduduk. Ketika jumlah penduduknya lebih dari satu juta, maka pengkalinya adalah 3 persen,” imbuhnya.

Lanjutnya, jumlah tiga persen itu sendiri harus tersebar di lima puluh persen lebih jumlah kecamatan. “Dikita ada 26 kecamatan maka jika 50 persen plus, maka harus tersebar di 14 kecamatan itu minimal, alangkah lebih baik tersebar seluruhnya,” pungkasnya.(IR)

Tinggalkan Balasan