Pilihan Redaksi, SUMEDANG

Sebuah rumah di Kebonbuah terbakar, kerugian ratusan juta

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi
Suasana pemadaman api di rumah Diding yang terbakar. | FOTO:  

SUMEDANG – Kebakaran hebat terjadi sekira pukul 12.10 WIB di Dusun Kebonbuah, Desa Darmarajaya, Kecamatan Darmaraja, Senin (22/5/2017). Rumah permanen berukuran 15×8 meter milik Diding Efendi, 58, pensiunan Kaur SMA Darmaraja.
Beruntung dalam kejadian tersebut Diding dan istrinya Siti Romala yang saat ini menjabat sebagai Kepala TK Darmaraja termasuk anaknya sedang tidak berada di rumah.
Diduga kebakaran tersebut dari kompor gas tidak dimatikan mengakibatkan hampir seluruh isi rumah ludes oleh si jago merah. Bahkan kendaraan roda empat terparkir dihalaman rumah yang dalam keadaan terkunci beramai- ramai digotong dan dipindahkan oleh warga ke tempat yang aman. Termasuk rumah yang disampingnya karena berdempetan selamat dari amukan si jago merah sehinga tidak merembet ke rumah tetangga.
Dengan sigap warga membantu untuk memadamkan sijago merah beruntung ada kolam tetangga sehingga air mudah untuk mengangkut. Tidak lama kemudian mobil pemadam kebakaran tiba dilokasi. Diperkirakan kerugian kebakaran sekitar 300 juta rupiah.
Ditengah-tengah api yang masih terus merembet hanya diseputar rumah tersebut tiba-tiba pemilik rumah langung syok tidak sadarkan diri karena melihat rumahnya terbakar. Bahkan Bupati Sumedang Eka Setiawan yang sedang mengsi acara di Balai Desa Darmaraja karena tidak jauh dari lokasi kebakaran sekitar 200 meteran menyempatkan melihat kebakaran dan langsung memberikan bantuan berupa uang kepada pemilik rumah yang terbakar.
Menurut Danramil Darmaraja Kapten Infanteri Dede Baharudin mengungkapkan untuk sementara belum dipastikan penyebab kebakaran yang menghanguskan hampir seluruh isi rumah berasal dari mana. Karena hngga berita ini disusun pemilik rumah masih shock dan belum memberikan keterangan yang jelas. Api baru dapat dipadamkan sekira pukul 13.20, kerugian ditaksir lebih dari Rp 400 juta. (iwan)

Baca Juga  Lurah Cipameungpeuk Sumedang Ajak Warganya Hidup Bersih dan Sehat